28 August 2021

Mau Menikah? Berikut Cara Mudah Menabung Dalam Waktu Singkat

Menabung merupakan salah satu cara dalam pengelolaan finansial untuk mencapai tujuan keuangan tertentu, termasuk menikah. Pasalnya, menyelenggarakan pernikahan memerlukan biaya yang besar, yaitu mulai dari biaya sewa gedung, catering, pakaian pernikahan dan tata rias, undangan dan suvenir, hiburan, dan lainnya.

Jika kamu saat ini sedang berusaha mengumpulkan uang untuk biaya pernikahan yang akan dilakukan satu tahun lagi, maka kamu bisa mengikuti artikel ini sampai habis untuk tahu cara menabung untuk menikah.

Lakukan Evaluasi Kondisi Keuangan Kamu dan Pasangan

Saat melakukan proses evaluasi keuangan bersama pasangan ada beberapa hal yang perlu didiskusikan, misalnya:

  • Apakah kamu dan pasangan memiliki hutang?Bila ada, sebaiknya segera lunasi hutang tersebut agar tidak bertambah banyak.
  • Jumlah gaji bulanan yang dimiliki oleh kamu dan pasangan?
  • Seberapa besar pengeluaran setiap bulan yang kamu dan pasangan habiskan? Agar lebih terperinci dan mengetahui angka pastinya, bagilah dalam beberapa kategori. Berapa tagihan untuk transportasi, makan, cicilan, biaya orang tua (jika ada), dan biaya lainnya?
  • Berapa nominal uang yang bisa kalian sisihkan untuk menabung?
  • Apakah kalian punya tabungan sebelumnya? Jika ada, berapa nominalnya?
  • Berapa besar jumlah tabungan yang akan dikeluarkan untuk pernikahan?

Pilih Instrumen Tabungan

Cara menabung yang tidak kalah penting sebenarnya adalah dengan memilih instrumen tabungan yang sesuai. Ada banyak instrumen yang bisa kamu pilih, antara lain deposito, emas, atau reksadana.

Yang perlu diperhatikan adalah rencana pernikahan. Sebagai contoh, jika rencana kamu menikah adalah setahun mendatang, maka instrumen yang bisa dipilih adalah deposito yang risikonya rendah. Namun, jika rencana pernikahanmu masih 2-3 mendatang, maka emas bisa jadi pilihan karena nilai emas yang naik turun ditentukan oleh harga dollar di pasaran.

Mencicil Keperluan untuk Menikah

Meski pernikahan akan diselenggarakan satu tahun lagi, tidak ada salahnya juga kamu mencicil segala keperluan yang diperlukan. Hal ini sangat berguna agar tidak terlalu merepotkan menjelang hari H tiba. Sebagai contoh, bulan ini kamu membeli keperluan kosmetik untuk pernikahan, bulan depan membeli aksesori pernikahan, dan lainnya. 

Kurangi Pengeluaran dan Cari Penghasilan Tambahan

Setelah melakukan evaluasi keuangan, kamu dan pasangan jadi tahu apa saja pengeluaran kalian. Jika dalam daftar pengeluaran ada yang bisa dikurangi, sebaiknya segera lakukan. Biasanya pos pengeluaran yang bisa dikurangi yaitu pengeluaran yang digunakan untuk menuruti keinginan semata. Contohnya beli kopi online setiap hari, update gadget edisi terbaru, berbelanja online terus menerus, memberikan kado ulang tahun pada setiap teman, dan lainnya.

Menambah penghasilan juga bisa dilakukan sebagai cara menabung untuk menikah. Cara ini bisa dilakukan ketika sudah mengurangi pengeluaran, namun tabungan untuk pernikahan belum juga mencukupi. Beberapa pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan, yaitu menjadi freelancer, mendapatkan royalti dari foto yang dihasilkan,  menjalankan bisnis sampingan, sampai mencari uang dari internet di sela-sela waktu luang.

Memanfaatkan Promo untuk Berbelanja

Terakhir, cara menabung untuk menikah bisa dengan memanfaatkan promo saat berbelanja atau membayar tagihan bulanan, usahakan untuk mencari produk yang mendapatkan potongan harga atau cashback. Gunanya agar kamu bisa menghemat pengeluaran. Untuk mendapatkan berbagai promo sebaiknya berbelanja dengan menggunakan aplikasi seperti LinkAja.

Aplikasi satu ini akan memudahkan kamu untuk melakukan berbagai pembayaran harian maupun bulanan seperti melakukan pembelian secara online atau offline di merchant-merchant yang sudah join dengan LinkAja, membayar tagihan telepon dan TV berlangganan, pembelian pulsa, tagihan listrik atau beli token listrik, pembayaran BPJS atau asuransi, donasi dan kirim uang.

LinkAja juga sering memberikan promo setiap bulannya. Nah, agar tidak ketinggalan info promo menariknya kamu bisa cek di sini.

Kamu juga dapat menikmati konten artikel yang ada di situs LinkAja di sini untuk tahu berbagai tips dan trik mulai dari gaya hidup hingga finansial, seperti artikel Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung. Yuk mulai gunakan aplikasi LinkAja di smartphone -mu!

 
Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :