29 July 2021

7 Cara Mudah Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Penghasilan Minim

Mengetahui cara mengatur keuangan adalah sebuah hal wajib, terutama bagi kamu yang sudah berumah tangga. Hal ini bukan persoalan mudah, apalagi jika gaji yang dimiliki termasuk ke dalam fixed income (gaji bulanan tetap) dengan biaya kebutuhan hidup yang sering naik turun.

Agar terhindar dari defisit keuangan, diperlukan cara mengatur keuangan rumah tangga yang tepat agar kebutuhan sehari-hari dapat selalu terpenuhi sekaligus mempersiapkan rencana di masa depan. Yuk, simak cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros berikut ini!

1. Mengevaluasi Jumlah Pemasukan

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang pertama adalah dengan mengevaluasi jumlah pemasukan setiap bulannya. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah pemasukan yang dimiliki setiap bulannya sudah cukup menutupi kebutuhan yang lama, dan juga sebagai perkiraan berapa jumlah yang tersisa untuk dapat dialokasikan untuk hal-hal lain.

2. Mengidentifikasi Keinginan dan Kebutuhan

Berikutnya, cara bijak mengatur keuangan rumah tangga yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan. Cara mudah untuk membedakannya yaitu: needs (kebutuhan) merupakan sesuatu yang memengaruhi kemampuan kamu dan keluarga untuk bertahan hidup, misalnya makanan dan minuman.

Sementara wants (keinginan) merupakan hal-hal yang tidak termasuk dalam kategori kebutuhan dan tidak terlalu memengaruhi kemampuan kamu bertahan hidup. Jika kamu sudah mengidentifikasi keduanya, maka hal ini akan memudahkan kamu dalam menentukan prioritas pengeluaran setiap bulannya.

3. Mengatur Pos Pengeluaran

Setelah mengetahui prioritas pengeluaran, cara mengatur keuangan rumah tangga yang harus kamu lakukan adalah dengan menyusun pos pengeluaran. Seperti di masa-masa seperti ini contohnya, terdapat beberapa hal yang kini telah berubah menjadi kebutuhan wajib dalam daftar belanja kebutuhan, seperti masker, hand sanitizer, multivitamin, hingga desinfektan. Sebaliknya, prioritas pos pengeluaran lain seperti pakaian dan mainan anak bisa diturunkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Panduan Dasar Cara Mengatur Keuangan

4. Belanja Bulanan dengan Perencanaan yang Matang

Adanya defisit keuangan biasanya sering terjadi ketika uang yang dimiliki digunakan  untuk mengikuti keinginan, padahal keinginan belum tentu menjadi kebutuhan. Oleh karena itu, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan anggaran yang tertulis.

Belanjakan uang yang dimiliki sesuai dengan rencana yang telah disusun berdasarkan prioritas tersebut. Hal ini akan membantu kamu dalam meminimalisir keinginan untuk membelanjakan barang-barang yang tidak dibutuhkan.

5. Hindari Pembelian Barang dengan Cicilan

Selain mengatur prioritas dan menyusun anggaran belanja bulanan, ada baiknya untuk mengevaluasi kembali utang-piutang yang kamu miliki. Sebisa mungkin hindari pembelian barang secara kredit atau cicilan, serta pembelian barang mewah dengan harga selangit.

6. Mengurangi Pembelian Makanan dari Luar

Berikutnya, cara bijak mengatur keuangan rumah tangga yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi jatah jajan di luar. Membeli bahan makanan yang dibutuhkan di supermarket dan memasaknya sendiri di rumah adalah salah satu cara tepat untuk menghemat pengeluaran setiap bulannya.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Yang Menguntungkan Saat Pandemi

7. Siapkan Masa Depan dengan Investasi

Jika setelah melakukan keenam hal di atas dan kamu masih memiliki sisa gaji yang belum dialokasikan, manfaatkan uang tersebut untuk dijadikan investasi untuk memudahkanmu di masa depan.

Salah satu jenis investasi yang bisa kamu pilih adalah dengan membuka tabungan investasi emas Pegadaian. Di sini, kamu bisa melakukan pembelian emas dimulai dengan minimal Rp50.000 dan maksimal Rp10 juta per harinya. Dengan membuka rekening tabungan emas Pegadaian, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, yaitu antara lain :

  1. Mudah ditemukan, sebab tabungan Emas Pegadaian tersedia di seluruh outlet Pegadaian dan melalui Pegadaian Digital Service, Agen Pegadaian, dan Marketplace
  2. Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram
  3. Harga jual dan harga beli yang kompetitif
  4. Biaya pengelolaan dan administrasi yang ringan
  5. Karatase terjamin 24 karat
  6. Fleksibel dan bisa start small. Nasabah dapat melakukan transfer ke rekening tabungan emas mulai dari 0,1 gram
  7. Dikelola secara profesional dan transparan
  8. Nasabah dapat melakukan Top Up tabungan emas mulai dari 0,01 gram

Jadi, jika kamu tertarik ingin menabung emas di Pegadaian, kamu dapat melakukannya lewat aplikasi LinkAja. LinkAja merupakan dompet digital yang memiliki kegunaan sebagai platform pembayaran. Kamu akan mendapatkan cashback jika menggunakan fitur tabungan emas pegadaian dengan LinkAja.

Yuk, download aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS sekarang juga!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :