18 September 2020

101 Cara Mengatur Keuangan

Baik orang yang masih single, sudah menikah, apalagi yang sudah punya anak sama-sama harus bisa cermat mengatur keuangan demi pemenuhan kebutuhan sehari-hari maupun masa depan. Meskipun kebutuhannya berbeda-beda, jangan sampai kamu kerepotan menjelang akhir bulan atau saat ada keperluan mendadak.  Untuk menghindarinya, berikut cara mengatur keuangan yang bisa kamu tiru di kehidupan sehari-hari.

Buat Rancangan Anggaran Keuangan Tiap Bulan

Pertama, cara mengatur keuangan adalah dengan membuat anggaran tiap bulannya. Dengan begini, kamu bakal punya panduan keuangan tiap bulan dan bisa menentukan skala prioritas serta ke mana saja uang harus dialokasikan. Kamu juga bisa mengevaluasi pengeluaran selama ini. Siapa tahu masih ada bagian yang bisa dihemat. Membuat anggaran keuangan juga membantu memberi gambaran jumlah pengeluaran bulanan kamu.

Menabung Itu Harus

Menabung sangatlah penting dilakukan baik sebagai dana darurat atau membeli sesuatu yang berharga, misalnya rumah atau kendaraan. Selain menabung di bank, jangan lupa juga untuk menabung dengan menyimpan uang receh yang biasanya diperoleh dari kembalian belanja. Manfaatkan saja celengan untuk menyimpan recehan tersebut. Bisa jadi, uang receh ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan tersier.

Alokasikan Berbagai Kebutuhan

Cara mengatur keuangan selanjutnya, yakni membagi kebutuhan sesuai dengan jangka waktunya seperti pendek, menengah, dan kebutuhan yang akan datang. Kamu jadi punya skala prioritas terkait mana hal yang perlu didahulukan.

Pertimbangkan Investasi

Bila kamu merasa tabungan sudah cukup banyak, coba pertimbangkan untuk memulai investasi. Cara mengatur keuangan ini bisa membantumu menjamin keadaan finansial di masa yang akan datang. Keuntungannya lagi, dengan melakukan investasi kamu bisa membantu memeroleh penghasilan pasif. Beberapa pilihan investasi yang bisa dipilih antara lain reksa dana, deposito, emas, dan saham.

Memanfaatkan Kartu Kredit dengan Bijak

Meskipun kartu kredit sangat memudahkan kamu untuk membeli sesuatu dan sering menawarkan promo yang lebih banyak daripada kartu debit, jangan mudah tergiur dengan hal tersebut. Sebelum melakukan transaksi dengan kartu kredit, apalagi yang jumlahnya besar coba pikirkan secara matang.

Gunakan kartu kredit untuk membayar kebutuhan penting. Hindari juga membayar tagihan kartu kredit dengan dana darurat.

Ubah Kebiasaan

Terakhir, cara mengatur keuangan dengan mengubah kebiasaan menggunakan uang. Jika kamu selama ini punya kebiasaan sehabis gajian langsung membuka halaman e-commerce untuk membeli sesuatu sebenarnya sah-sah saja. Jangan sampai ini malah membuat kamu kalap membeli sesuatu yang tidak diperlukan.

Baiknya jika memang ingin berbelanja, catat apa saja barang yang ingin dibeli dan komitmen untuk tidak membeli produk di luar list yang sudah dibuat. Dengan begini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang di luar budget yang sudah disediakan dan tidak menumpuk barang yang tidak dibutuhkan.

Selain membuat list belanjaan, jangan lupa mencari promo atau diskon. Hal ini bisa menjadi cara mengatur keuangan. Saat ini sudah banyak metode transaksi yang menyediakan berbagai promo dan diskon di waktu-waktu tertentu.

Berbicara soal transaksi, sekarang kamu bisa menggunakan LinkAja. LinkAja merupakan layanan uang elektronik berbasis aplikasi untuk mempermudah berbagai transaksi nontunai secara praktis. Transaksi apa saja yang bisa dilakukan dengan LinkAja?

Pembayaran tagihan telepon dan TV berlangganan, pembelian pulsa, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, pembayaran BPJS, donasi, kirim uang, bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang bekerja sama dengan LinkAja.

LinkAja juga sering mengadakan diskon atau promo menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk lebih berhemat. Aplikasi LinkAja bisa kamu download di Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.

Bagikan artikel ini :