01 December 2020

Ubah Kebiasaanmu, Berikut Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

Di zaman sekarang ada banyak sekali godaan untuk terus menerus menggunakan uang untuk membeli sesuatu. Belum lagi kemudahan berbelanja dari sistem online membuat banyak orang semakin mudah membeli sesuatu.

Berbelanja tentu diperbolehkan, asal jangan sampai berlebihan apalagi membuat kamu jadi lupa menabung.  Nah, bagi kamu yang sekarang ingin mencoba cara hidup hemat agar bisa menabung, yuk simak langkahnya berikut ini!

Jalani Hidup Ramah Lingkungan dan Minimalis

Bukan sekadar gaya-gayaan atau mengikuti tren saja. Hidup yang lebih ramah lingkungan dan minimalis secara tidak langsung bisa menjadi salah satu cara hidup hemat lho. Contoh hidup ramah lingkungan yang bisa kita tiru adalah menghemat pemakaian listrik, air, membeli bahan makanan seperlunya, dan memilih jalan kaki atau menaiki sepeda untuk menjangkau tempat yang jaraknya dekat dari kediaman kamu.

Bukan cuma itu, gaya hidup minimalis pun bisa membuat kamu jadi lebih hemat. Konsep dari hidup minimalis adalah membeli barang seperlunya. Jadi, barang-barang yang kita pakai bukan berdasarkan dari keinginan tapi kebutuhan. Jika menerapkan gaya hidup minimalis bukan hanya bisa membantu menghemat uang tapi juga ruang di rumah kamu.

Memasak di Rumah

Makan di luar atau membeli makanan secara online sesekali tidak menjadi masalah. Namun, jika dilakukan terlalu sering atau bahkan sampai setiap hari, pasti sangat menguras kantong kamu, ‘kan? Salah satu cara hidup hemat yang bisa dilakukan adalah dengan memasak di rumah.

Bukan hanya lebih hemat, makanan yang disajikan pun jadi lebih higienis dan bisa bervariasi sesuai selera kamu dan keluarga. Agar lebih hemat lagi, kamu bisa membawa masakan rumah tersebut sebagai bekal saat bekerja. 

Tidak Berbelanja Menggunakan Kartu Kredit

Jika kamu bijak menggunakannya, sebenarnya kartu kredit bisa membantu dalam melakukan transaksi. Namun sayangnya kebanyakan orang seringkali terdorong untuk semakin konsumtif berbelanja.  Apalagi bila kamu tidak membayar tagihan bulanan secara teratur, maka akan membuat bunga jadi semakin besar. Makanya, cara hidup hemat agar bisa menabung lebih baik bawa uang seperlunya atau jika lebih suka berbelanja dengan uang elektronik, isi saja saldo secukupnya ya!

Baca juga: 101 Cara Mengatur Keuangan

Disiplin Ketika Menabung

Menabung itu perlu kedisiplinan loh! Artinya, hal ini perlu dilakukan secara bertahap dan konsisten. Jika memang kamu belum terbiasa untuk menyisihkan uang untuk menabung, sebaiknya jangan tunda lagi mulailah dari sekarang. 

Jangan Menggabung Dana Tabungan dan Kebutuhan Sehari-hari

Untuk mulai menabung, sebaiknya kamu jangan menggabung dana untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari agar bisa mengontrol pengeluaran dan tidak tergiur untuk menggunakan uang yang ada di tabungan.

Bijak Saat Berbelanja

Cara hidup hemat yang terakhir adalah dengan bijak saat berbelanja. Bagaimana maksudnya? Jadi, mulai sekarang coba untuk membuat daftar belanja setiap bulannya berdasarkan skala prioritas. Cara ini juga bisa diterapkan saat berada di toko atau swalayan.

Sebaiknya kamu membuat daftar barang yang akan dibeli sebelum berbelanja. Dengan begini, kamu tidak menghabiskan waktu terlalu banyak untuk melihat-lihat produk lain dan memastikan tidak ada kebutuhan yang lupa dibeli.

Daftar belanja ini bisa menjadi panduan kamu ketika membeli sesuatu. Jangan sampai lupa juga untuk melakukan perbandingan harga ketika membeli dan cari tahu soal diskon atau potongan harga dari berbagai metode pembayaran!

Sekarang sudah banyak tersedia metode pembayaran yang bisa dipilih, salah satunya adalah menggunakan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini merupakan layanan uang elektronik berbasis aplikasi untuk mempermudah berbagai transaksi nontunai secara praktis.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi LinkAja untuk pembayaran tagihan telepon dan TV berlangganan, pembelian pulsa, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, pembayaran BPJS, donasi, kirim uang, bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang bekerja sama dengan LinkAja.

LinkAja juga sering memberikan diskon atau promo menarik untuk pelanggannya agar bisa lebih berhemat. Yuk, segera unduh aplikasi LinkAja di App Store bagi pengguna iPhone atau Play Store untuk pengguna Android!

Baca juga: 5 Pilihan Tepat Investasi untuk Mahasiswa

Bagikan artikel ini :