26 November 2020

Cek Syarat Lengkap dan Cara Mudah Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Berikut Ini

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan layanan asuransi jaminan hari tua bagi pekerja di Indonesia. Asuransi ini bisa dicairkan saat pekerja memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaan.

Untuk melakukan pencairan BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah asal kamu mencari tahu informasi soal syarat yang diperlukan dan mekanisme pencairan BPJS Ketenagakerjaan yang benar serta setelah menunggu satu bulan sejak pekerja tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut.

Untuk membantu kamu, berikut informasi soal syarat lengkap dan cara mudah pencairan BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dilakukan.

Dokumen Persyaratan Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

  1. Foto peserta BPJS Ketenagakerjaan
  2. Buku tabungan milik peserta JHT sendiri
  3. Formulir klaim JHT yang sudah diisi dengan lengkap dan benar serta ditandatangani di atas materai 6000
  4. Foto copy surat keterangan pemberhentian bekerja dari perusahaan (verklaring)
  5. Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan aslinya
  6. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan aslinya
  7. Foto copy kartu peserta tenaga kerja asli dan aslinya

 

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Offline

Kalau kamu lebih suka cara yang konvensional, cara pencairan BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Tapi perlu diingat ya, tetap mengikuti arahan protokol kesehatan ketika sampai di sana. Beberapa cara pencairan BPJS Ketenagakerjaan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Daftarkan diri melalui layanan antrian online di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau aplikasi BPJSTKU. Kemudian datang sesuai dengan tanggal dan jam yang sudah ditentukan tersebut
  2. Bila sudah sampai ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar, kamu perlu mengambil nomor antrian dan sudah membawa semua dokumen di atas ya
  3. Mengisi formulir pengajuan klaim yang diperoleh dari petugas dengan jujur dan lengkap, kemudian berikan berkas syarat dokumen yang dibawa. Jangan sampai lupa untuk membawamaterai 6000 sebanyak 1 lembar untuk ditempelkan pada lembar pengajuan
  4. Lalu petugas akan memeriksa apakah seluruh dokumen yang dibawa sudah sesuai dan lengkap atau belum. Bila memang sudah lengkap, maka peserta bisa memperoleh nomor antrian untuk menuju ke petugas bagian pengajuan klaim
  5. Setelah itu, petugas pengajuan klaim akan mengecek kembali semua dokumen kamu. Bila dianggap sudah sesuai, kamu akan mendapatkan tanggal pencairan saldo JHT peserta yang akan dikirimkan melalui rekening kamu. Biasanya masa tunggu sampai uang masuk dalam rekening kamu bisa mencapai satu atau dua minggu

Baca juga: Tidak Perlu Repot! Ini Cara Praktis Bayar BPJS Ketenagakerjaan

 

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Online

Kalau kamu ingin melakukan pencairan BPJS Ketenagakerjaan dengan cara yang lebih praktis, sekarang bisa loh melakukannya lewat cara online. Bagaimana caranya? Simak informasinya berikut ini:

  1. Men-download aplikasi BPJSTKU di App Store bagi pengguna iOS atau Play Store untuk pengguna Android. Bisa juga dilakukan melalui situs online resmi di alamat https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Selanjutnya sign in pada akun BPJS Ketenagakerjaan. Kamu harus mendaftar terlebih dulu jika belum memiliki akun
  3. Bila sudah bisa masuk pada akun tersebut, klik menu 'Klaim Saldo JHT'
  4. Kamu harus mengisi beberapa informasi yang diperlukan pada setiap kolom dengan benar
  5. Kamu akan melihat pilihan 'Jenis Klaim', yang bisa dipilih (salah satu saja) meliputi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), mengundurkan diri, atau mencapai usia pensiun
  6. Submit soft copy tujuh dokumen persyaratan pencairan BPJS yang diperlukan, kemudian klik tombol 'Kirim'
  7. Bila berhasil tersubmit, seluruh dokumen akan diverifikasi oleh petugas
  8. Setelah menunggu beberapa hari, petugas akan menginformasikan hasil verifikasi melalui telepon, SMS, email, atau WhatsApp
  9. Peserta akan menerima uang JHT yang dicairkan dalam rekening yang sudah ditentukan sesuai tanggal yang ditetapkan oleh petugas

 

Bagaimana, cukup mudah bukan melakukan pencairan BPJS Ketenagakerjaan? Bukan hanya cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan saja yang mudah, tapi kalau kamu juga ingin cek atau membayar tagihan bulanan BPJS Ketenagakerjaan pun bisa dilakukan dengan praktis. Caranya?

Kamu bisa mengandalkan aplikasi LinkAja. Ya, jadi aplikasi buatan PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) ini bisa memudahkan kamu dalam melakukan dua hal tersebut. LinkAja juga memungkinkan kamu melakukan transaksi lainnya seperti pembelian pulsa, tagihan telepon dan TV berlangganan, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang bekerja sama dengan donasi, LinkAja, dan kirim uang.

Cukup banyak kan layanan yang dimiliki LinkAja? Ayo tunggu apalagi, download sekarang aplikasi LinkAja di App Store atau Google Play ya!

Baca juga: Cari Tahu Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan di Sini!

Bagikan artikel ini :