18 September 2020

Cari Tahu Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan di Sini!

BPJS Ketenagakerjaan adalah program dari pemerintah yang tujuannya melindungi tenaga kerja dari kemungkinan risiko kecelakaan saat sedang bekerja maupun terhadap risiko sosial ekonomi tertentu.

Setiap perusahaan diwajibkan untuk memberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada setiap karyawannya. Ada baiknya tiap bulan kamu lakukan cek tagihan BPJS Ketenagakerjaan

Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan dengan Mengunjungi Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Jika kamu masih suka dengan cara yang konvensional, cek tagihan BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan baik kantor cabang atau kantor pusat. Jika memilih cara ini, jangan sampai lupa membawa kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan yang kamu miliki.

Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi BPJSTKU Mobile

Kamu juga bisa cek tagihan BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU Mobile. Kamu bisa ikuti cara di bawah ini.

  1. Unduh aplikasi BPJSTKU mobile di AppStore untuk iPhone atau PlayStore untuk Android
  2. Bila sudah punya akun bisa langsung masuk dengan akun email yang didaftarkan sebelumnya. Sementara bagi yang belum punya akun, coba sign up dengan memasukkan data diri. Kamu akan memeroleh kode verifikasi di email yang didaftarkan
  3. Lalu masukkan PIN aktivasi yang ada di email kamu
  4. Lengkapi data diri seperti nama lengkap, nomor handphone, tanggal lahir, nomor KTP dan nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
  5. Masukkan kode yang kamu dapatkan lewat SMS
  6. Barulah kamu melihat saldo melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile

Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan di Situs Resminya

Salah satu cara cek tagihan BPJS Ketenagakerjaan yang digunakan banyak orang adalah dengan melihatnya di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Untuk melakukannya, bisa ikuti cara di bawah ini:

  1. Kunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Klik menu “Layanan Peserta” yang posisinya terletak di bagian bawah
  3. Kemudian pilih BPJSTKU
  4. Bila belum punya akun, kamu harus membuatnya lebih dulu untuk melihat saldo yang kamu miliki. Lalu login untuk melihat jumlah besaran saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu

Bayar Tagihan BPJS Ketenagakerjaan di LinkAja

Setelah cek tagihan BPJS Ketenagakerjaan, saatnya membayar tagihannya. Salah satu cara untuk membayar tagihan BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi LinkAja bagi peserta Bukan Penerima Upah (BPU) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Sementara bila belum terdaftar di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, kamu yang termasuk peserta BPU bisa mendaftar secara online di situs https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/bpu, sedangkan untuk PMI yang berada di luar negeri bisa mendaftar melalui https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/migran.

Adapun cara bayar tagihan BPJS Ketenagakerjaan di LinkAja, yakni melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Kamu bisa mengunduh dulu aplikasi LinkAja di Play Store atau App Store. Kemudian Sign Up
  2. Jika sudah terdaftar, pilih menu lainnya di halaman utama
  3. Pilih layanan Keuangan
  4. Pilih menu Asuransi
  5. Masukkan 16 digit NIK bagi peserta BPU atau 16 digit ID Billing bagi peserta PMI

Selain memfasilitasi pembayaran tagihan BPJS, LinkAja juga memungkinkan kamu melakukan transaksi untuk tagihan telepon dan TV berlangganan, pembelian pulsa, bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang bekerja sama dengan LinkAja, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, kirim uang, dan donasi.

Jika kamu belum menggunakan aplikasi LinkAja, segera download di Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone. LinkAja juga sering memberikan diskon atau promo menarik, lho. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Bagikan artikel ini :