25 October 2021

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Asuransi merupakan bentuk perlindungan dari kerugian secara finansial. Dia merupakan suatu bentuk pengelolaan risiko, utamanya digunakan untuk memagari diri dari risiko-risiko kerugian yang bisa saja datang di masa yang akan datang.

Sementara itu menurut definisi Otoritas Jasa Keuangan, asuransi sendiri adalah bentuk perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi.

Dari premi tersebut, pemegang polis sebagai tertanggung mendapatkan penggantian atas terjadinya kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti.

Baca Juga: Pahami Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

Perusahaan asuransi sebagai penanggung juga memberikan pembayaran yang didasarkan meninggal atau hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

Jenis-jenis Asuransi

Di Indonesia, asuransi dikenal dalam berbagai jenis dan dikelompokkan sesuai dengan fokus dan risikonya. Jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia antara lain:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa adalah asuransi yang memberikan tanggungan pembayaran kepada tertanggung atau pihak lain yang berhak dalam hal tertanggung meninggal dunia atau tetap hidup, atau pembayaran lain kepada pemegang polis, tertanggung, atau pihak lain yang berhak pada waktu tertentu yang diatur dalam perjanjian yang, yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi di mana penanggung akan menanggung biaya perawatan penerima polis jika jatuh sakit, cedera, cacat, menderita penyakit kritis, hingga kematian akibat kecelakaan.

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan merupakan asuransi yang menangani tanggungan masalah lalu lintas yang mengakibatkan cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh tertanggung. Asuransi kendaraan juga biasanya menanggung kerugian akibat kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor tertanggung.

Baca Juga: Manfaat dan Jenis Asuransi Melahirkan

4. Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Asuransi kepemilikan rumah dan properti adalah asuransi yang melindungi aset tertanggung dari kehilangan, kerusakan pada rumah atau properti maupun barang-barang tertentu yang ada di rumah atau properti yang diasuransikan oleh tertanggung. Asuransi ini juga melindungi tertanggung dari kerugian yang disebabkan oleh musibah seperti kebakaran.

5. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan asuransi yang menjamin pendidikan anak. Jumlah biaya premi yang harus dibayarkan berbeda-beda berdasarkan tingkat pendidikan yang ingin dicapai oleh anak tertanggung.

6. Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis adalah jenis asuransi yang melindungi jika bisnis tertanggung mengalami kerusakan, kehilangan, maupun kerugian yang terjadi dalam jumlah besar. Selain itu, penanggung asuransi bisnis menjamin tertanggung mendapatkan penggantian dari kerusakan yang diakibatkan oleh berbagai musibah yang dialami oleh bisnis tertanggung seperti kebakaran, ledakan, gempa bumi, anjir, angin ribut, hujan, kecelakaan, hingga kerusuhan. Perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi bisnis beragam, mulai dari perlindungan terhadap karyawan sebagai aset bisnis, perlindungan investasi dan bisnis, asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan untuk karyawan.

7. Asuransi Umum

Asuransi umum adalah perlindungan untuk menghadapi risiko kerugian dan/atau kehilangan manfaat serta tanggung jawab hukum pihak ketiga. Perlindungan pada asuransi umum bersifat jangka pendek, pada umumnya sekitar satu tahun. Berdasarkan klasifikasi, terdapat dua jenis asuransi umum, yakni:

a. Jaminan Sosial (Social Insurance)

Jaminan sosial merupakan asuransi yang wajib dimiliki setiap orang untuk memiliki jaminan hari tua. Setiap anggota juga wajib membayar premi, biasanya melalui potongan gaji setiap bulan.

b. Asuransi Sukarela (Voluntary Insurance)

Asuransi sukarela terbagi atas dua jenis, yakni asuransi pemerintah dan asuransi komersial. Asuransi pemerintah atau government insurance dijalankan oleh pemerintah, sementara asuransi komersial atau commercial insurance adalah asuransi yang bertujuan untuk melindungi tertanggung maupun keluarga serta perusahaan dari risiko-risiko dari hal-hal yang tidak diharapkan yang mungkin muncul di masa yang akan datang.

8. Asuransi Kredit

Asuransi kredit adalah asuransi yang digunakan untuk melindungi tertanggung dari risiko kegagalan melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti modal kerja, bisnis, dan lain sebagainya. Asuransi ini memberikan perlindungan dan menjamin tertanggung selaku debitur apabila meninggal dunia karena kecelakaan atau sakit, maupun cacat tetap karena kecelakaan sehingga tidak dapat melanjutkan kewajibannya kepada kreditur. Dengan adanya asuransi kredit, maka terhadap risiko-risiko tersebut perusahaan asuransi sebagai penanggung wajib melunasi pinjaman atau kewajiban tertanggung. Selain itu, ada juga asuransi kredit yang menanggung kewajiban debitur kepada kreditur akibat terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

9. Asuransi Kelautan

Sebagai negara maritim, asuransi kelautan menjadi penting karena asuransi ini mengurus jaminan di bidang kelautan. Fungsi asuransi kelautan adalah melindungi tertanggung,  dalam hal ini pengangkut serta pemilik kargo dari kerusakan kargo, kapal, dan luka yang kemungkinan dialami penumpang. Asuransi ini berlaku sebagai pengalihan risiko baik untuk diri kamu maupun bawaan kamu yang menggunakan jasa angkatan laut. Faktor-faktor yang memengaruhi premi asuransi angkutan laut adalah barang yang diasuransikan, pengepakan barang, risiko hyang diasuransikan, pengangkutan, dan perjalanan.

10. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan pada dasarnya memiliki fungsi seperti asuransi biasa untuk melindungi tertanggung dalam jangka pendek sesuai dengan durasi perjalanan. Manfaat asuransi perjalanan antara lain penanggungan biaya akibat kecelakaan yang menimpa, kecelakaan pribadi, pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, hingga perlindungan terhadap barang-barang bawaan yang diasuransikan.

Sudah menentukan asuransi apa saja yang kamu inginkan?

Jangan lupa gunakan LinkAja untuk membeli produk asuransi dan membayar premi asuransi kamu. Download LinkAja di Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS. LinkAja juga bisa kamu gunakan untuk urusan transaksi finansial kamu lainnya. Yuk, install dan gunakan LinkAja sekarang juga!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :