19 November 2020

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Sekarang Bisa Online. Caranya?

Di bidang kesehatan, pemerintah Indonesia memberlakukan sistem kesehatan yang bernama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Cukup banyak masyarakat yang berminat terhadap program ini sebab iuran yang perlu dibayar setiap bulannya jauh lebih terjangkau. Belum lagi adanya tingkatan kelas yang memungkinkan setiap orang menyesuaikan dengan kemampuan ekonominya.

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui nominal tagihan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Selain dengan mendatangi kantor BPJS yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal, kamu kini bisa lebih menghemat waktu dan tenaga untuk cek tagihan BPJS Kesehatan serta membayarnya dengan mengandalkan teknologi online melalui gadget.

Hal ini pun tentu sangat praktis untuk dilakukan. Namun, seperti apa sih caranya? Cek informasi lengkapnya di sini!

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Untuk cek tagihan BPJS Kesehatan online setiap bulannya ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Berikut ini cara yang bisa dipilih:

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi

Kamu bisa mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan di gadget. Untuk pengguna Android bisa mendownload aplikasi BPJS Kesehatan melalui Play Store. Sementara untuk pengguna iOS bisa mendownload di App Store. Untuk langkah-langkahnya, kamu bisa mengikuti petunjuk berikut ini:

  1. Bila sudah mengunduhnya, kamu perlu sign in terlebih dulu dengan mengisi form yang diminta
  2. Kemudian setelah muncul halaman pertama, pilih menu 'Tagihan'
  3. Untuk cek tagihan BPJS Kesehatan, bisa klik menu 'Premi'
  4. Kemudian, informasi besaran iuran BPJS Kesehatan kamu akan muncul di layar gadget

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Website

Kamu bisa cek tagihan BPJS Kesehatan online dengan mengakses situs resmi BPJS Kesehatan di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Ada pun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk cek tagihan BPJS Kesehatan online melalui website bisa diikuti di bawah ini:

  1. Akses situs BPJS Kesehatan di alamat https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  2. Kemudian klik menu 'Cek Iuran BPJS Kesehatan' yang posisinya ada di sidebar halaman depan sebelah kanan
  3. Kamu perlu mengisi beberapa informasi yang diperlukan untuk cek tagihan BPJS Kesehatan. Beberapa informasi yang diperlukan misalnya nama, tanggal lahir, nomor kartu BPJS Kesehatan yang jumlahnya 13 digit, dan angka validasi yang biasanya ada pada gambar di situs tersebut
  4. Kemudian klik tombol 'Cek' dan informasi nominal tagihan akan segera muncul di layar gadget kamu

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi LinkAja

Cara yang lebih praktis lagi, kamu bisa cek tagihan BPJS Kesehatan online setiap bulannya melalui aplikasi LinkAja. Di aplikasi ini kamu juga bisa langsung membayar iuran BPJS Kesehatan. Cara cek tagihan BPJS Kesehatan online setiap bulannya di LinkAja bisa dilakukan dengan cara:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi LinkAja di App Store dan Play Store. Kemudian daftarkan diri dengan mengisi data diri yang diperlukan sesuai petunjuk aplikasi LinkAja
  2. Jika sudah berhasil terdaftar, di halaman utama pilih menu lainnya
  3. Klik menu Beli/Bayar Tagihan, lalu pilih Asuransi
  4. Pilih BPJS Kesehatan
  5. Kemudian input ID Pelanggan LinkAja dan nomor peserta BPJS Kesehatan kamu
  6. Bila nomor yang dimasukkan sudah benar, maka kamu bisa melihat data nama, nomor BPJS Kesehatan, biaya admin, jumlah tagihan, dan jumlah keseluruhan total pembayaran

Baca juga: Tidak Perlu Repot! Ini Cara Praktis Bayar BPJS Ketenagakerjaan

Di aplikasi LinkAja selain menyediakan layanan cek tagihan BPJS Kesehatan online dan membayar tagihannya, kamu bisa menikmati kemudahan pembayaran transaksi lainnya untuk memudahkan hidup.

LinkAja memungkinkan kamu melakukan transaksi online atau offline di merchant-merchant yang bekerja sama dengan LinkAja, membayar tagihan telepon dan TV berlangganan, bayar tagihan BPJS Ketenagakerjaan, melakukan pembelian pulsa, kirim uang, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, dan donasi.

Tunggu apalagi, yuk mudahkan hidupmu untuk melakukan berbagai pembayaran dengan menggunakan aplikasi LinkAja. Segera unduh aplikasinya di Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone. LinkAja juga sering mengadakan diskon atau promo menarik, lho. Jangan sampai ketinggalan informasinya baik di situs resminya atau media sosialnya di Instagram @LinkAja yang #LengkapnyaUntukSemua.

Baca juga: Cari Tahu Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan di Sini!

Bagikan artikel ini :