25 August 2021

Cari Tahu Cara Cek dan Bayar Pajak Mobil Online di Sini

Ada kabar gembira buat kamu pemilik kendaraan mobil. Sekarang kamu bisa membayar pajak mobil secara online. Inovasi ini tentu sangat membantu kamu agar tidak berlama-lama mengantre dan bisa lebih aman di situasi pandemi seperti sekarang.

Untuk kamu yang punya banyak aktivitas, metode bayar pajak mobil secara online ini juga sangat membantu. Lalu bagaimana ya cara bayar pajak mobil secara online? Demi menjawab pertanyaan tersebut, simak informasinya berikut ini!

Cara Bayar Pajak Mobil Online Melalui Aplikasi Samsat Online Nasional

  1. Unduh aplikasi Samsat Online Nasional di pada handphone kamu di PlayStore untuk pengguna android maupun App Store untuk pengguna iPhone
  2. Jika sudah mengunduh, buka aplikasi dan pilih menu Mulai.
  3. Klik menu Pendaftaran dan pilih Setuju jika sudah membaca dan sepakat dengan Terms and Conditions yang sudah ditentukan.
  4. Daftarkan diri dengan cara mengisi data diri yang diperlukan
  5. Kemudian klik menu Lanjutkan.
  6. Jika ditemukan informasi sesuai dengan data yang kamu masukkan sebelumnya, akan terlihat di layar handphone info data kendaraan kamu.
  7. Pilih menu Setuju untuk melanjutkan proses pembayaran.
  8. Akan muncul kode bayar yang hanya berlaku selama 2 jam.
  9. Copy kode bayar dan paste di kolom yang tersedia, kemudian klik lanjut
  10. Selanjutnya kamu bisa membayar di berbagai layanan yang bekerjasama dengan Samsat online nasional
  11. Jika sudah melakukan pembayaran, kamu akan memperoleh e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK sebagai bukti pembayaran. Bukti ini dapat berlaku sampai 30 hari
  12. Kamu akan memperoleh stiker pengesahan serta BPKB/SKPD dan STNK yang dikirim oleh Samsat lewat jasa pengiriman ke alamat yang sesuai dengan yang ada di STNK.

Baca juga: Tak Perlu ke Samsat, Begini Cara Mudah Blokir STNK

 Cara Bayar Pajak Mobil Online Melalui Aplikasi LinkAja 

  1. Buka aplikasi LinkAja di handphone kamu
  2. Klik menu Layanan Perpajakan (Tax Services)
  3. Buat pemesanan layanan
  4. Submit berkas yang diperlukan seperti KTP dan STNK.
  5. Pilih jenis layanan pengurusan surat kendaraan
  6. Input berbagai detail informasi mobil
  7. Lakukan pembayaran
  8. Dokumen yang sudah disiapkan akan dijemput kurir agar diproses di kantor Samsat
  9. Bila sudah membayar, kamu dapat melihat status pemesanan layanan di bagian Lacak Order yang ada di aplikasi LinkAja.
  10. Biasanya proses penjemputan, pemrosesan, dan pengantaran dokumen untuk mengurusi pajak kendaraan akan ditindaklanjuti selama kurang lebih 3x24 jam.

Bagaimana cukup mudah ‘kan mengurus pajak mobil di aplikasi LinkAja? Perlu dipahami bahwa urusan pajak mobil ini sudah bisa dilakukan di seluruh Indonesia.

Nah, selain bayar pajak mobil online, kamu juga bisa menggunakan aplikasi LinkAja untuk membayar berbagai tagihan seperti pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, pembayaran BPJS, donasi, pembelian pulsa, tagihan telepon dan TV berlangganan, bertransaksi online atau offline di berbagai gerai yang sudah menjalin kerjasama dengan LinkAja, dan kirim uang.

Kamu pun juga bisa membaca artikel yang ada di situs LinkAja di sini untuk mengetahui informasi soal pembayaran pajak kendaraan bermotor seperti Cara Bayar Pajak Motor Online, Syarat dan Biaya Ganti Plat Motor, dan Cara dan Biaya Balik Nama Motor. Kamu pun bisa menambah edukasi dengan membaca artikel lain dari LinkAja yang berkaitan dengan finansial.

Menariknya, LinkAja juga sering mengadakan diskon atau promo menarik yang bisa kamu cek di sini. Tunggu apalagi, yuk sekarang unduh aplikasinya di handphone kamu!

Baca juga: Mau Perpanjang STNK? Cari Tahu Syarat, Cara, dan Biayanya di Sini!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :