12 October 2020

Lebih Mudah Bayar Pajak Motor Online. Caranya?

Kemudahan transaksi online sebagai dampak dari kemajuan teknologi ternyata membawa banyak manfaat. Apalagi dengan adanya imbauan untuk meminimalisir kontak fisik demi mencegah penyebaran virus.

Proses pembayaran pun jadi lebih mudah, aman, dan cepat dibandingkan dengan cara konvensional. Kemudahan transaksi online juga berlaku saat kamu ingin membayar pajak motor.  Selain mudah dan aman, kelebihan lain dari bayar pajak motor online pun bisa menghindarkan pemilik kendaraan terlambat membayar pajak.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membayar hanyalah memastikan jika pemilik STNK adalah pemilik asliya. Bila STNK belum balik nama, maka kamu tidak bisa melakukan bayar pajak motor online.

Mungkin yang jadi pertanyaan kamu, bagaimana dengan STNK barunya? Tenang saja, STNK baru akan tetap dikirim ke alamat kamu sesuai yang tertera pada STNK dan tanpa dikenakan biaya ongkos kirim.

Di bawah ini ada beberapa cara membayar pajak motor secara online yang bisa kamu pilih:

Cara Membayar Pajak Motor Secara Online dengan Aplikasi Samsat Online Nasional

Siapkan BPKB asli dan fotokopinya, KTP pemilik kendaraan asli yang sesuai dengan keterangan di STNK dan fotokopi, STNK asli beserta fotokopi, dan jika dikuasakan jangan lupa untuk menyertakan surat kuasa yang diberi materai dan melampirkan KTP penerima kuasa serta fotokopinya. Sementara untuk tata caranya bisa ikuti bawah ini!

  1. Unduh aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas)
  2. Daftarkan diri dengan mengisi segala informasi yang diperlukan seperti NIK, nomor polisi, dan 5 digit nomor terakhir rangka kendaraan. Bila semua informasi yang diperlukan sudah diisi, tekan tombol "Lanjutkan"
  3. Bila infomasi yang diinput sudah benar, maka akan muncul data motor yang akan dibayarkan pajaknya beserta jumlah pajak yang harus dilunasi
  4. Kemudian akan muncul kode bayar yang hanya berlaku selama 2 jam. Bila kamu melewati batas waktu tersebut akan dianggap gagal dan perlu mengulangi proses dari awal lagi
  5. Bila pembayaran sudah berhasil, maka akan muncul e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK yang biasanya berlaku 30 hari

Cara Membayar Pajak Motor dengan LinkAja

Selain bayar pajak motor online dengan aplikasi Samsat Online Nasional, ada lagi cara yang lebih praktis, yakni menggunakan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini merupakan layanan uang elektronik yang sangat  memudahkan berbagai transaksi nontunai.

Berikut ini cara membayar pajak motor dengan LinkAja yang bisa dilakukan.

  1. Unduh aplikasi LinkAja terlebih dulu di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Bila sudah, buka aplikasi LinkAja dan daftarkan diri kamu.
  2. Isi saldo LinkAja
  3. Kemudian klik menu lainnya, lalu pilih menu PAJAK dan pilih jenis pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor sesuai domisili
  4. Masukkan NIK, nomor polisi kendaraan, dan nomor mesin
  5. Kemudian periksa informasi yang muncul seperti detail kendaraan dan nominal biaya. Bila sudah benar, masukkan PIN LinkAja kamu
  6. Bila pembayaran berhasil, kamu akan memeroleh notifikasi melalui SMS yang berisi bukti sudah dibayarkan dan pengesahan elektronik
  7. Kamu bisa mencetak bukti tersebut di rumah maupun di Samsat terdekat dari lokasi kamu

Selain bayar pajak motor online, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membayar tagihan telepon dan TV berlangganan, donasi, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, pembelian pulsa, pembayaran BPJS, kirim uang, bertransaksi online atau offline di berbagai merchant yang sudah bermitra dengan LinkAja. LinkAja juga sering mengadakan diskon atau promo menarik yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, unduh aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

Baca juga: Bayar Tagihan Listrik Jadi Lebih Mudah, Begini Caranya

Bagikan artikel ini :