18 September 2020

7 Manfaat Investasi Bagi Masa Depan yang Sering Disepelekan

Ada banyak orang menganggap bahwa cukup dengan memiliki tabungan saja kondisi finansial sudah aman hingga masa mendatang. Padahal, tidak ada satu pun yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, sehingga setiap orang perlu untuk terus berinvestasi.

 

Terdapat beragam jenis investasi lainnya seperti deposito, emas, reksa dana, saham, properti, hingga obligasi yang bisa dimanfaatkan. Sayangnya, kepemilikan investasi ini sering kali disepelekan oleh banyak orang. Sebenarnya apa manfaat investasi?  Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak informasinya berikut ini.

 

Menjauhi Kemungkinan Terjadinya Inflasi

Inflasi pasti selalu terjadi dari waktu ke waktu. Kondisi ini berdampak pada menurunnya nilai mata uang. Investasi pun menjadi salah satu cara menjauhi dampak inflasi. Dengan investasi yang baik, kamu bisa membuat pertumbuhan uang lebih banyak lagi.  

 

Penghasilan Jadi Bertambah

Tentu salah satu manfaat investasi adalah dengan memberikan penghasilan tambahan.  Dengan begini penghasilan kamu bisa berasal lebih dari satu sumber dan mungkin saja tidak lagi menggantungkan hidup pada gaji yang diperoleh setiap bulannya.

 

Nilai Uang Bertambah

Bila menabung di bank, uang bisa terus dipotong karena adanya sistem bunga yang biasanya hanya cukup untuk membayar biaya administrasi. Kondisi keuangan pun bakal memerlukan waktu yang lama untuk bertubuh.

 

Namun dengan manfaat investasi, kamu bisa mengatur uang dan meningkatkan nilainya secara lebih singkat. Dengan begini, uang kamu jadi lebih banyak dan memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

 

Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan

 

Salah satu manfaat investasi adalah untuk membantu mempersiapkan modal terkait kebutuhan di masa depan seperti kesehatan, pernikahan, pendidikan anak, dan lain-lain. Melalui investasi, kamu bisa terbantu untuk menghadapi adanya kenaikan biaya pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.

 

Merdeka Secara Finansial

Siapa yang tidak ingin merasakan financial freedom? Kondisi ini diartikan sebagai keadaan di mana kamu memiliki finansial yang mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan financial freedom adalah dengan berinvestasi.

 

Pensiun Lebih Siap

Semua karyawan pasti ingin melewati masa pensiun dengan tenang, bukan? Nah, salah satu manfaat investasi yang bisa dirasakan adalah bisa membantu menyiapkan finansial untuk lebih siap melewati masa pensiun. Ingat ya, saat usia kita masih muda tugas kita adalah menyiapkan masa depan dengan baik.

 

Melatih Tanggung Jawab dan Belajar Mengambil Keputusan

Manfaat investasi sebenarnya secara tidak sadar juga melatih seseorang untuk lebih bertanggung jawab dan belajar mengambil keputusan. Dengan melakukan investasi, kamu harus bertanggung jawab terhadap investasi yang kamu lakukan.

 

Sebagai contoh, bertanggung jawab bila mengalami kerugian dengan membuat rencana cadangan. Manfaat investasi lainnya juga akan membuat kamu belajar untuk berani mengambil keputusan finansial dan melatih kemampuan menganalisa untung rugi investasi.

 

Hal yang perlu diingat, semakin tinggi keuntungan investasi, semakin tinggi pula tingkat risiko yang mungkin saja terjadi. Yang jelas, sebelum benar-benar terjun ke dunia investasi, kamu harus pahami betul apa saja syarat dan juga risiko yang mungkin terjadi.

 

Demikian tadi apa saja manfaat investasi yang bisa kamu rasakan. Dengan melakukan investasi yang tepat, maka kamu bisa mencapai finansial yang lebih baik. Jika kamu berencana untuk melakukan investasi, ada baiknya jika memulainya dengan reksa dana. Salah satu platform aplikasi yang memudahkanmu melakukan pembayaran investasi reksa dana adalah LinkAja.

 

Bekerjasama dengan Mandiri Investasi, LinkAja menjadi mitra yang menyediakan metode pembayaran Reksa Dana di aplikasi Mandiri Investasi bernama Moinves. Tak hanya itu, LinkAja juga menyediakan layanan pembayaran tagihan telepon dan TV berlangganan, pembelian pulsa, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, pembayaran BPJS, donasi, kirim uang, bertransaksi secara online atau offline di merchant yang sudah bekerja sama dengan LinkAja.

 

LinkAja juga sering mengadakan diskon atau promo menarik yang bisa kamu manfaatkan demi berhemat keuangan sehari-hari. Aplikasi LinkAja bisa kamu download di Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.

Bagikan artikel ini :