Gaya Hidup

Tren Baju Lebaran 2023 untuk Wanita dan Pria, Ketahui Pilihan Warna yang Tepat

Icon Calendar LinkAja10 Apr 2023

Image Artikel Tren Baju Lebaran 2023 untuk Wanita dan Pria, Ketahui Pilihan Warna yang Tepat LinkAja
Shutterstock.

Lebaran 2023 semakin dekat. Sudah waktunya kita mulai memikirkan model dan warna baju yang menjadi tren dan akan kita kenakan nantinya agar suasana hari raya menjadi lebih berkesan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap tahun pasti ada tren baru yang muncul di dunia fashion, dan tahun ini tidak berbeda. Jadi, jika kamu ingin tampil modis dan up-to-date di hari raya, pastikan kamu mengetahui tren baju lebaran 2023.

Dalam artikel ini, kita akan membahas model dan warna baju yang akan menjadi tren pada hari raya idul fitri nanti. Simak, ya!

Baca juga: 8 Rekomendasi Isi Hampers Lebaran 2023

Tren Model Baju Wanita untuk lebaran 2023

Pertama-tama, mari kita bahas mengenai tren model baju untuk wanita. Ada beberapa model yang bisa dipilih para wanita agar bisa menawan ketika berkumpul dengan keluarga besar di hari lebaran:

1. Gamis Motif

Tidak hanya gamis polos dengan ruffle di bawah, gamis motif juga menjadi pilihan yang menarik untuk dijadikan baju lebaran. Namun, pastikan motif yang digunakan pada gamis sesuai dengan kaidah syar'i dan tidak mengandung gambar hewan maupun manusia.

Motif yang disarankan seperti geometris, bunga, atau arsitektur. Atau kamu bisa mencari gamis motif yang menggunakan mix material atau mix motif dari ketiga kategori tersebut.

Jika kamu menyukai model potongan lurus dan tangan kancing, maka pilihlah gamis motif dengan model tersebut. Selain mempermudah kamu untuk berwudhu, gamis ini juga memberikan kesan elegan dan sopan ketika dikenakan.

2. Gamis Brokat

Gamis brokat adalah model busana muslim yang akan menjadi tren pada lebaran 2023. Model gamis ini dilapisi dengan kain brokat berpayet yang mewah.

Keunggulan dari gamis brokat adalah bahannya yang tidak menerawang karena berlapis-lapis, sehingga tetap terasa adem saat dikenakan. Dengan dipadukan dengan aksen jahitan serut di beberapa bagian, seperti pinggang dan lengan, model gamis brokat dapat memberikan kesan elegan dan megah.

Baca juga: 8 Barang Sehari-hari untuk Kebutuhan Rumah Tangga

 

3. Outwear Berdetail Tile

Ingin tampil berbeda pada lebaran tahun ini? Kamu bisa memilih outwear dengan warna cerah seperti pink dengan detail brokat tile yang akan membuatmu tampil trendy. Untuk menyeimbangkan penampilan, gunakan dress polos berbahan satin sebagai inner. Outwear berdetail tile ini sangat cocok untuk acara lebaran bersama keluarga atau teman-teman, karena memberikan kesan segar dan ceria.

4. Puff Sleeves Dress

Puff sleeves dress dengan motif cantik akan menjadi tren fashion lebaran 2023. Puff sleeves adalah lengan yang mengembang dan menjadi ciri khas pada model-model busana. Dress ini sangat cocok dipadukan dengan sling bag dan sepatu oxford, memberikan kesan anggun dan modis yang cocok untuk suasana lebaran.

5. Gamis dengan Ruffle Kekinian

Jika kamu ingin mencari model gamis yang bisa digunakan untuk acara lain selain baju lebaran, kamu bisa mempertimbangkan gamis dengan ruffle pada bagian dada dan bahu serta dilengkapi tangan kerut. Gamis ini juga mempermudah kamu untuk berwudhu dan memiliki kerutan pada bagian bawah yang membuatnya terlihat lebih modis.

Untuk memaksimalkan penampilanmu, kamu bisa memilih warna gelap seperti navy atau hijau yang identik dengan suasana lebaran idul fitri. Jangan lupa untuk memilih model dan warna yang sesuai dengan selera dan kepribadianmu, ya!

Baca juga: Tiket Kereta Mudik Lebaran 2023 Sudah Bisa Dipesan! Yuk, Beli Pakai LinkAja

Tren Model Baju Pria untuk lebaran 2023

Sementara itu untuk pria, beberapa model ini bisa menjadi inspirasi untuk mendapatkan baju lebaran untuk bisa tampil elegan:

1. Baju Gamis

Jubah atau Gamis merupakan outfit lebaran yang bisa membuat kamu tampil modern dan maskulin. Produk ini memiliki tampilan dan warna yang bervariasi, serta terdapat beberapa pilihan jenis seperti Gamis Sederhana, Khaled Apparel, hingga Shohib. Bahkan beberapa jenis model tersebut memiliki bahan kualitas premium yang adem, tidak terawang, dan tidak mudah kusut.

2. Baju Kurta

Outfit ini berasal dari Pakistan dan sudah populer di berbagai negara Asia lainnya seperti India, Nepal, Bangladesh, Afghanistan, dan Sri Langka. Model baju Kurta terdiri dari tiga jenis yaitu model lengan panjang, lengan pendek, dan lengan 3 per 4. Outfit ini sangat cocok digunakan untuk acara formal maupun non formal.

3. Baju Kemko

Baju Koko atau Kemko merupakan salah satu busana Muslim yang sering menjadi pilihan bagi kalangan pria. Bahan kain yang nyaman dan memiliki banyak model yang kekinian seringkali menjadi pilihan saat menggunakan baju koko. Model kombinasi dapat menjadi rekomendasi agar terlihat lebih manly, elegan, dan membuat penampilan lebih keren.

Baca juga: Pemasangan Sambungan Baru Listrik PLN: Rincian Biaya dan Cara Pendaftaran

 

4. Baju Jasko

Baju Jasko atau Jas Koko bisa menjadi pilihan untuk kamu yang sedang mencari baju koko kekinian yang memiliki tampilan elegan dan stylish. Kamu dapat memadukan baju ini dengan apapun, karena didesain dengan model yang modis. Baju Muslim satu ini cocok dikenakan oleh kalangan remaja dan pria dewasa dengan ukuran tubuh yang tidak terlalu besar.

5. Kimono Outer

Kimono Outer berasal dari Jepang dan kini tengah naik daun, terutama dipakai sebagai luaran kaos. Produk ini sangat cocok buat kamu yang ingin tampil beda dari outer seperti jaket, hoodie, crewneck dan sejenisnya. Kesan elegan dan stylish akan langsung terlihat ketika kamu mengenakan Kimono Outer.

Warna Baju Lebaran 2023

Setelah mengetahui model baju lebaran yang menjadi tren untuk pria dan wanita, tak lengkap jika tidak mengetahui tentang warnanya. Apa saja warna baju yang tepat untuk lebaran tahun ini? Berikut penjelasannya:

1. Broken White

Warna putih memang selalu identik dengan suasana Lebaran yang bersih dan suci. Namun, jika kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda dari putih polos, warna broken white bisa menjadi pilihan yang menarik. Warna ini sebenarnya adalah varian dari warna putih dengan sedikit campuran warna abu-abu, cokelat, atau bahkan warna pastel yang sangat lembut.

Menggunakan baju dengan warna broken white pada hari raya Lebaran dapat memberikan kesan elegan dan minimalis pada penampilanmu. Warna ini cocok digunakan pada pakaian Lebaran yang memberikan kesan lebih formal dan klasik, serta memberikan kesan segar dan bersih.

Untuk memberikan kesan yang lebih menarik dan elegan, kamu bisa mencoba mengkombinasikan warna broken white dengan warna lain seperti emas, silver, atau warna-warna pastel.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gagal Isi Token Listrik

 

2. Emerald

Emerald sebenarnya adalah warna hijau gelap dengan sentuhan vivid green dan blue yang memberikan kesan elegan. Siapapun yang menggunakan warna emerald ini akan terlihat lebih menarik dan berbeda dari yang lain.

Ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, baik gamis maupun baju koko dengan warna emerald akan sangat bagus digunakan. Warna satu ini juga cocok untuk digabungkan dengan outfit apapun dan memberikan kesan yang elegan.

3. Earth Tone

Earth tone adalah warna netral yang cocok untuk digunakan oleh siapa saja dengan jenis undertone apapun. Warna ini memberikan kesan yang kalem dan alami pada penampilanmu. Warna yang termasuk dalam kategori earth tone adalah krem atau coklat.

Warna satu ini cocok untuk digunakan pada dress, gamis, blouse, kemeja atau bahkan baju koko. Bagi kamu yang berhijab, kamu bisa memadukan warna earth tone dengan jilbab coklat tua.

4. Gray Lilac

Warna gray lilac adalah warna netral yang cocok digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Warna ini unisex, sehingga cocok digunakan baik oleh pria maupun wanita. Gray lilac memberikan kesan formal pada penampilanmu.

Selain memberikan kesan formal, warna gray lilac juga memberikan kesan kalem pada penampilanmu. Warna ini cocok untuk dikombinasikan dengan warna-warna lainnya, dan bisa digunakan oleh kamu yang berhijab dengan paduan warna seperti pink atau maroon.

Baca juga: Mengenal Istilah Disbursement dalam Dunia Bisnis

 

5. Viva Magenta

Warna gradasi merah ini memberikan kesan yang berani dan elegan pada penampilanmu. Warna viva magenta juga sering dijadikan sebuah wujud kebebasan dalam kreativitas. Jika ingin menggunakan warna ini pada busana Lebaran, kamu bisa mencoba mengkombinasikannya dengan warna seperti turquoise atau khaki.

Sebagai contoh, busana kaftan wanita dengan dominasi warna viva magenta akan terlihat lebih berkarakter. Kamu juga bisa memilih warna ini untuk baju couple keluarga bertema batik, sehingga penampilanmu akan terlihat lebih mewah.

6. Tangelo

Warna gradasi orange ini lebih pekat dari warna orange murni namun lebih terang dari orange saffron. Warna ini cerah dan dapat membuat suasana menjadi lebih hidup.

Selain itu, tangelo juga cocok untuk digunakan pada aksesoris seperti hijab, syal, atau tas kecil sebagai sentuhan warna yang cerah pada outfit yang lebih netral.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan warna tangelo harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Warna ini sangat mencolok dan dapat mengganggu kesan keseluruhan dari busana yang dikenakan. Sebaiknya, gunakan warna tangelo sebagai aksen pada outfit yang lebih sederhana dan netral.

 

Itulah tren baju Lebaran di tahun 2023 ini.​​ Jangan lewatkan kesempatan untuk membeli baju muslim baru sesuai dengan selera kamu di marketplace favorit seperti Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan lainnya. Jadikan pembayaran kamu semakin mudah dan praktis dengan LinkAja. Yuk, segera sambungkan LinkAja sebagai metode pembayaran kamu dan dapatkan kemudahan bertransaksi.

Yuk, buruan download aplikasi LinkAja dari Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone melalui link di bawah ini:

 

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya