Info

5 Cara Mengatasi Gagal Isi Token Listrik

Icon Calendar LinkAja5 Jan 2023

Image Artikel 5 Cara Mengatasi Gagal Isi Token Listrik LinkAja
Pexels.

Sejak tahun 2008, PLN telah memperkenalkan layanan listrik prabayar dengan menggunakan pengisian token listrik. Meskipun sudah cukup lama digunakan, kegagalan dalam mengisi token listrik masih sering kali jumpai, khususnya dialami oleh para pelanggan baru. Nah, biar hal ini tidak terjadi, kamu bisa menyimak terus ulasan tentang cara mengatasi token listrik yang gagal diisi di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengisi Token Listrik PLN dengan Mudah dan Praktis

Cara Mengatasi Token Listrik yang Gagal Saat Diisi Ulang

Token listrik sebenarnya merupakan metode yang cukup umum digunakan sebagai pembayaran listrik. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat ingin mengisi token listrik agar tidak mengalamai gagal isi.

1. Cek ulang nomor token

Kesalahan umum yang sering terjadi yang bisa mengakibatkan gagal isi ulang adalah salah input nomor token. Dua puluh digit nomor token memang bukan hal yang mudah untuk diinput. Oleh karena itu, kamu harus memastikan nomor yang diinput telah benar-benar sesuai. Hal ini perlu dilakukan agar menghindari gagal isi atau bahkan risiko MPB terblokir karena salah input kode token tiga kali berturut-turut.

2. Periksa limit kWh

Pada saat pemasangan MPB, PLN telah mengatur batas maksimum kWh per bulannya. Jika MPB-nya telah mencapai batas maksimum yang telah ditentukan, input token listrik pun akan mengalami kegagalan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui limit kWh kepada petugas PLN agar situasi ini bisa dihindari.

3. Cek Jaringan server PLN

Selain dua penyebab di atas, kondisi jaringan server PLN yang mengalami gangguan juga bisa menyebabkan gagal isi token listrik. Gangguan ini bisa disebabkan koneksi yang tidak stabil atau sedang dilakukan pemeliharaan sistem oleh PLN. Saat situasi ini terjadi, kamu hanya bisa menunggu sampai jaringan server PLN pulih dan bisa digunakan.

Saat ingin mengisi token listrik, pastikan terlebih dahulu jaringan server ini dalam kondisi normal dan tidak ada gangguan. Normalnya, PLN akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu jika server sedang ada gangguan atau sedang dilakukan pemeliharaan sistem.

Baca juga: Gampang! Begini Syarat dan Cara Tambah Daya PLN

4. Perhatikan kondisi instalasi listrik

Kondisi instalasi listrik juga perlu diperhatikan saat ingin mengisi token listrik. Instalasi listrik yang kurang baik atau ada gangguan bisa membuat gagal isi ulang. Jangan memaksakan menginput kode token saat situasi ini terjadi karena bisa menyebabkan korsleting listrik.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kondisi MPB-nya. Jika terdapat pesan “Blocked” atau lambang telapak tangan, artinya mesin MPB dalam kondisi rusak dan tidak bisa diisi dengan kode token.

5. Hubungi CS PLN

Jika cara di atas telah dilakukan dan token tetap gagal terisi, segera hubungi customer service PLN melalui nomor 123. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi saluran lainnya melalui media sosial resmi PLN atau melalui aplikasi PLN Mobile. Hindari risiko kerusakan lebih jauh untuk menghindari korsleting listrik.

Baca juga: 5 Cara Gampang Mengetahui ID Pelanggan PLN

Cara Beli Token Listrik Secara Aman dan Terpercaya

Untuk menghindari masalah yang bisa terjadi, kamu juga harus membeli token listrik di tempat yang aman dan terpercaya. Salah satunya adalah beli token listrik di aplikasi LinkAja. Berikut adalah cara beli token listrik di LinkAja:

  • Download dan buka aplikasi Linkaja yang telah terpasang pada smartphone.
  • Pilih menu “Listrik” pada halaman utama aplikasi.
  • Pilih menu “Token Listrik.”
  • Pilih nominal token yang ingin dibeli.
  • Masukkan ID pelanggan, lalu tekan “Lanjut.”
  • Cek detail transaksi (nominal token dan nomor ID pelanggan), lalu pilih “Konfirmasi” jika data yang ditampilkan sudah benar.
  • Lakukan pembayaran.
  • Saat transaksi berhasil, kamu akan mendapatkan struk transaksi yang berisi nomor token sesuai nominal saldo yang dibeli. Nomor token ini juga bisa dilihat kembali pada menu “Riwayat Transaksi.”
  • Masukkan kode nomor token tersebut ke dalam meteran listrik untuk mengaktifkannya. Listrik prabayar kamu pun sudah terisi kembali. 

Untuk Mendapatkan aplikasi LinkAja, kamu bisa temukan pada link berikut ini:

 

 

Yuk isi saldo LinkAja kamu sekarang agar lebih mudah, cepat, dan aman saat mengisi token listrik rumah!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya