Info

8 Barang Sehari-hari untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Icon Calendar LinkAja20 Mar 2023

Image Artikel 8 Barang Sehari-hari untuk Kebutuhan Rumah Tangga LinkAja
Pexels.

Kehidupan berumah tangga bisa dibilang kompleks karena masing-masing individu yang tinggal di dalamnya tentu memiliki kebutuhannya masing-masing. Belum lagi kalau sudah dikaruniai keturunan. Tenaga, waktu dan pikiran tentunya harus dibagi sebaik mungkin agar kehidupan berumah tangga bisa berjalan dengan harmonis. 

Salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan adalah pemenuhan kebutuhan barang sehari-hari yang bisa mendukung aktivitas masing-masing orang di dalam rumah tangga. Lalu apa saja sih barang sehari-hari yang dibutuhkan saat berumah tangga? Simak terus penjelasannya di bawah ini.

Barang Sehari-hari untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Kehadiran barang sehari-hari yang dibutuhkan tentu bisa mendukung segala macam aktivitas yang ada di dalam sebuah rumah. Barang-barang ini mulai dari yang dipakai secara pribadi sampai bisa dipakai secara bersama-sama. Berikut adalah barang sehari-hari yang kamu butuhkan untuk kebutuhan rumah tangga.

1. Makanan dan minuman

Pangan merupakan barang kebutuhan sehari-hari yang sangat penting. Makanan-makanan yang bergizi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Mulai dari makanan pokok seperti beras, sayur, daging-dagingan, sampai yang sifatnya makanan pendamping seperti makanan ringan. Jika memiliki anak, variasi makanan ini tentu saja akan bertambah lagi dengan jenis makanan yang disesuaikan dengan pertumbuhan si anak. 

Selain makanan, minuman juga menjadi barang kebutuhan sehari-hari yang harus tetap tersedia. Air dibutuhkan agar tubuh kita terhidrasi dengan baik dan memiliki tenaga untuk beraktivitas seharian. Orang dewasa bahkan dianjurkan untuk meminum air putih setidaknya 2 liter dalam satu hari agar tubuhnya terhidrasi dengan baik. Selain air putih, ada juga jenis minuman lainnya untuk variasi seperti susu, air minum manis kemasan dan yang lainnya. 

2. Pakaian

Pakaian menjadi salah satu unsur dari kebutuhan primer manusia dalam “sandang, pangan, papan.” Fungsinya untuk menutupi tubuh kita agar lebih nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pakaian sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenisnya, mulai dari baju, celana, pakaian dalam, dan turunan lainnya. 

Semua jenis pakaian ini tentunya dipakai untuk menyesuaikan kebutuhan dari aktivitas yang ingin dilakukan. Misalnya, pakaian yang mudah menyerap keringat dikenakan saat ingin berolahraga atau pakaian yang formal dikenakan untuk menghadiri acara-acara yang sifatnya resmi. 

Baca juga: Cara Belanja di TikTok Shop dan Pakai Voucher untuk Pemula

3. Peralatan rumah tangga

Untuk membuat rumah tetap rapi dan nyaman untuk ditinggali, tentunya kamu membutuhkan berbagai macam peralatan rumah tangga, mulai dari yang sifatnya mendasar sampai yang sifatnya melengkapi saja. Misalnya, untuk membuat rumah tetap rapi tentunya kamu butuh alat-alat untuk membersihkan rumah, mulai dari sapu, pel lantai, kemoceng, sampai beragam cairan pembersih untuk lantai ataupun kaca. 

Selain itu, kamu juga memerlukan alat-alat yang bentuknya lebih besar seperti mesin cuci, vacuum cleaner, pengering pakaian, dan yang lainnya. Semua alat-alat ini memiliki fungsinya masing-masing yang cukup vital untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari kamu. 

4. Peralatan masak

Peralatan masak dibutuhkan agar kamu bisa memasak sendiri makanan yang ingin disantap sehari-hari. Selain lebih hemat, masak sendiri juga bisa lebih sehat karena kamu sendiri yang memilih ingin memasak dengan bahan makanan yang seperti apa sehingga kebutuhan gizi dan nutrisi sekeluarga bisa terpenuhi dengan baik. 

Jenis peralatan masaknya pun bervariasi, mulai dari yang bentuknya besar sampai yang kecil. Barang pertama yang biasanya lazim digunakan adalah kompor. Kompor berfungsi untuk mengolah makanan, baik itu yang digoreng, direbus, atau bahkan dipanggang. Selain itu, set peralatan masak seperti wajan, teflon, sodet masak, dan yang lainnya juga merupakan barang sehar-hari yang biasa terlihat di dapur. 

5. Perlengkapan tempat tidur

Agar kamu bisa beristirahat dengan nyaman dan memiliki tidur yang berkualitas, barang-barang yang ada di kamar tidur tentunya juga perlu diperhatikan dengan baik. Perlengkapan tempat tidur ini antara lainya adalah tempat tidur, kasur, seprai, bantal, bantal guling, sampai selimut. 

Selain untuk keperluan tidur, barang-barang lainnya yang biasa ada di kamar adalah lemari, meja rias, sampai pendingin ruangan. Tiga barang ini memiliki fungsinya masing-masing yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kamu. 

Baca juga: 7 Cara Sederhana Menghemat Air di Rumah

6. Perlengkapan kamar mandi

Kamar mandi menjadi tempat yang penting bagi kamu untuk bisa membersihkan sekaligus menyegarkan diri setelah lelah beraktivitas seharian. Oleh karena itu, perlengkapan kamar mandi pun menjadi barang sehari-hari yang sangat penting untuk kebutuhan rumah tangga. 

Perlengkapan kamar mandi ini mulai dari shower, wastafel, sabun mandi, shampo, sikat gigi, pasta gigi, sampai peralatan untuk membersihkan kamar mandi penting untuk kamu miliki. 

7. Furniture rumah

Barang sehari-hari rumah tangga yang bisa langsung terlihat saat masuk ke rumah adalah furniture rumah. Furniture ini bisa beraneka ragam jenisnya, mulai dari sofat, meja makan, kursi tamu, lemari, laci, sampai lampu hias. 

Furniture dalam sebuah rumah itu ibarat bumbu dalam sebuah masakan. Rumah akan semakin hidup jika dilengkapi dengan furniture-furniture yang tepat penggunaannya. Namun, jika terlalu banyak furniture atau jenis furniture-nya kurang cocok juga akan membuat kamu tidak nyaman saat menggunakannya. 

8. Perkakas

Mungkin kamu tidak akan menggunakannya dalam konteks sehari-hari, tapi perkakas seperti palu, gergaji, obeng, baut, senter,  tangga, dan sejenisnya menjadi barang-barang yang diperlukan dalam kebutuhan rumah tangga. 

Masing-masing barang ini memiliki fungsinya masing-masing dan saat diperlukan tentunya bisa menjadi sangat berguna bagi kamu. Perkakas ini bisa kamu beli secara satuan ataupun beli secara paket lengkap agar tidak mudah hilang karena sudah ada tempat untuk menyimpannya. 

Itulah barang sehari-hari yang kamu butuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Kamu bisa mendapatkan barang-barang tersebut dengan membelinya secara online melalui marketplace andalan kamu, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Oriflame atau Sociolla. Pilih pembayaran melalui LinkAja di marketplace favoritmu agar lebih praktis dan mudah bayarnya!

Dapatkan aplikasi LinkAja melalui link berikut:

 

 

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya