Keuangan

10 Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris yang Layak Kamu Lirik

Icon Calendar LinkAja17 Jun 2022

Image Artikel 10 Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris yang Layak Kamu Lirik LinkAja
Shutterstock.com

Salah satu model usaha yang sedang menjamur beberapa tahun belakangan ini adalah franchise. Menurut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba, franchise atau waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.



Tipe bisnis franchise ini memberikan hak kepada individu atau perusahaan lain untuk melaksanakan bisnis dengan brand, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu. Menggunakan nama brand sama dan tersebar di mana-mana membuat franchise semakin diminati karena tidak diperlukan lagi promosi untuk meningkatkan brand awareness terhadap pelanggan. 



Salah satu bisnis franchise yang paling banyak diminati di Indonesia adalah franchise makanan. Nah, apa saja franchise makanan terbaik dan bagaimana mengelola bisnis franchise agar cuan? Yuk, simak artikelnya berikut ini. 

 

Baca juga: Cara Menjadi Agen Tiket Pesawat untuk Para Pemula

 

Tips Bisnis Franchise Makanan

 

Untuk memulai bisnis franchise makanan ada beberapa tips yang perlu kamu pertimbangkan. Lihat daftar tips bisnis franchise makanan berikut ini.

 

1. Pilih Franchise Kredibel

 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memulai bisnis franchise makanan tentu adalah menyortir penyedia franchise dengan saksama. Pastikan jenis dan produk franchise yang akan kamu jalani sudah tepercaya. Cari informasinya dengan lengkap sebelum menginvestasikan modal ke bisnis tersebut.

 

2. Pilih Tempat Strategis

 

Jika franchise makanan yang ingin kamu jalani sudah punya reputasi, tidak ada artinya jika lokasi yang kamu pilih tidak mendukung. Oleh karena itu, pilih tempat usaha yang strategis karena ini bakal jadi penentu kesuksesan franchise-mu. Pilih lokasi, misalnya, yang dekat kampus atau berada di jalan raya yang ramai.

 

3. Pelajari Bisnis Franchise

 

Selain dua hal di atas, kamu juga perlu mempelajari bisnis franchise yang akan kamu jalani dengan detail. Mulai dari sistem pembayaran, sistem bisnis produk franchise, hingga detail kecil lainnya yang berkaitan dengan standard operational production atau SOP-nya. 



Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris

 

Setelah mengetahui seluk beluk franchise, kini saatnya memilih produk terbaik. Berikut daftar franchise makanan terlaris yang layak kamu pertimbangkan.

 

1. Jasuke

 

Camilan jagung susu keju atau lebih dikenal Jasuke ini merupakan salah satu franchise makanan murah yang punya penggemar tak mengenal musim. Bisnis makanan jagung kukus manis ini dapat kamu jalani dengan mengeluarkan dana mulai dari Rp2 jutaan dengan perlengkapan gerobak atau booth sendiri. 

 

2. Bakso Benhil

 

Salah satu franchise makanan terpopuler di Indonesia adalah Bakso Benhil. Bakso adalah makanan favorit bagi hampir semua orang. Sebagai comfort food, kalau kamu berjualan bakso tidak perlu lagi promosi karena pembeli sudah tahu apa yang kamu jual dengan baik. Franchise Bakso Benhil bisa kamu jalankan dengan modal yang tidak terlalu besar. Paketnya dimulai dari Rp4 juta untuk 500-600 porsi. Bakso Benhil juga jadi favorit pengusaha pemula karena mereka tidak memungut franchise fee maupun royalty fee.

 

3. Kebab Baba Rafi

 

Kebab Baba Rafi adalah salah satu franchise makanan terlaris di Indonesia. Salah satu keunggulan franchise ini adalah pengelolaannya sesuai dengan prinsip syariah. Untuk keuntungannya, Baba Rafi menggunakan konsep bagi hasil dengan pembagian 60% untuk mitra dan 40% untuk manajemen. 

 

Nah, karena prinsip syariah tersebut, franchisee tidak dikenai royalti fee. Kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan modal antara Rp75 juta-Rp300 juta. Tak hanya lokasi, franchise Baba Rafi juga menyediakan pegawai yang berpengalaman menjalankan franchise di gerai kamu.

 

4. Eatlah

 

Tren nasi lauk dalam wadah karton kecil yang bisa menunda lapar, namun terlalu mengenyangkan untuk disebut snack —masih belum menurun hingga kini. Salah satu franchise makanan terlaris yang menawarkan produk ini adalah Eatlah.

 

Berdiri pada 2018 silam, Eatlah kini memiliki 14 gerai dan tiap gerainya mampu menjual sekitar 300 box per hari dengan menu andalan ayam saus telur asin. Kamu perlu berinvestasi modal sekitar Rp300 Rp500 juta. Namun, mengingat kelarisannya, modal besar tersebut masih cukup sepadan.

 

5. Shizuka Takoyaki

 

Franchise makanan murah selanjutnya adalah Shizuka Takoyaki. Takoyaki adalah makanan asal Jepang yang berbentuk bola-bola kecil yang berisi daging gurita. Rasanya yang gurih bisa jadi camilan favorit pelanggan berbagai usia. Investasi franchise murah ini juga terjangkau karena kamu hanya perlu merogoh kocek Rp2 jutaan. Dengan paket tersebut kamu sudah bisa mendapatkan booth portable, kompor gas, regulator dan selang gas, alat untuk memasak takoyaki dan bahan bakunya, serta x-banner.

 

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Sistem Usaha Fanchise dan Cara Daftarnya

 

6. Janji Jiwa

 

Salah satu franchise makanan terlaris di Indonesia adalah Janji Jiwa. Kopi memang tidak pernah sepi pembeli, apalagi kini Janji Jiwa juga melengkapi sajiannya dengan roti toast yang enak dan cocok jadi camilan kapan pun. Franchise minuman yang telah berdiri sejak 2018 ini punya kisaran harga antara Rp150 juta-Rp200 juta. Dalam paket tersebut kamu sudah mendapatkan fasilitas sewa tempat, peralatan, dan karyawan.

 

7. Sabana Fried Chicken

 

Ayam goreng tepung juga merupakan comfort food yang jadi favorit banyak orang. Sabana Fried Chicken adalah salah satu franchise makanan terlaris di Indonesia. Fried chicken ini terkenal karena potongan ayamnya yang besar, renyah, serta yang paling penting berharga terjangkau. 

 

Untuk menjalani bisnis franchise Sabana ini, kamu perlu mengeluarkan modal mulai dari Rp17 juta.  Dalam paket tersebut kamu masih akan dapat dukungan dari pihak Sabana hingga tiga bulan pertama. 

 

8. Martabak Orins

 

Jadi makanan yang disukai hampir semua orang dan cocok dinikmati kapan pun, membuat martabak tak pernah sepi peminat. Kamu bisa membeli franchise Martabak Orins yang terkenal enak, apalagi varian kulit martabak tipis kering dengan berbagai pilihan topping.

 

Harga franchise makanan Martabak Orins dibuka mulai dari Rp75 juta. Dengan omzet jutaan dan margin sekitar 20%, usaha ini cocok untuk pebisnis pemula.

 

9. Pecel Lele Lela

 

Ketika pertama berdiri pada 2006, Pecel Lele Lela langsung mengundang rasa penasaran karena lelenya disajikan tidak hanya dengan cara digoreng. Oleh karena itu, kini sudah ada ratusan cabang restoran ini di berbagai daerah. Kamu juga bisa mencoba franchise makanan terlaris ini dengan menyiapkan modal sekitar Rp500 juta-Rp600 juta. Cukup besar memang, namun omzet harian franchise ini juga menggiurkan.

 

10. Tahu Jeletot Taisi 

 

Tahu Jeletot Taisi juga jadi salah satu franchise makanan terbaik yang layak kamu pertimbangan. Makanan ringan ini disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan usia. Ada ratusan gerai yang tersebar di Jabodetabek, bahkan hingga Surabaya. Kamu bisa mendapatkan franchise makanan Tahu Jeletot Taisi ini dengan paket kemitraan mulai dari Rp20 juta hingga Rp250 juta. 

 

Di dalam paketnya kamu mendapatkan kerja sama penyediaan peralatan usaha, pelatihan karyawan, bahan baku, hingga promosi selama lima tahun. Omzet puluhan juta rupiah per bulan siap menantimu.

 

Nah, setelah melihat tips dan rekomendasi franchise makanan terlaris di atas, mana yang paling menarik dan sesuai dengan bujetmu? Jangan lupa gunakan LinkAja untuk pembayaran dan transaksi usahamu yang lebih mudah.

 

Baca juga: Mau Cek Tagihan PBB? Berikut Cara Online yang Bisa Dicoba!

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya