Info

Cara Menjadi Agen Tiket Pesawat untuk Para Pemula

Icon Calendar LinkAja25 Feb 2022

Image Artikel Cara Menjadi Agen Tiket Pesawat untuk Para Pemula LinkAja
Sumber foto: Shutterstock

Menjadi agen tiket pesawat dan paket perjalanan merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Kamu bisa mendapatkan keuntungan ratusan ribu hingga jutaan dalam setiap harinya. Terlebih lagi permintaan akan meningkat saat musim liburan tiba.

 

Serupa dengan kebanyakan bisnis online lainnya, menjadi agen tiket perjalanan tidak menghabiskan banyak waktu. Kamu pun bisa sekalian berjualan produk digital lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

 

Lalu, bagaimana cara dan tips menjadi agen tiket pesawat? Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

 

Kelebihan Menjadi Agen Tiket Pesawat

 

Bisnis agen perjalanan kembali bergeliat mengingat sudah makin banyak penyebaran vaksin dan pengetatan protokol kesehatan. Ini juga membuka peluang untuk kamu membangun bisnis agen tiket pesawat. Yuk, simak keuntungan menjadi agen tiket pesawat di bawah ini.

 

1. Komisi yang cukup besar

 

Pendapatan dari menjual tiket pesawat adalah dari komisi penjualan. Komisi ini didapat dari jarak penerbangan dalam setiap perjalanannya. Makin jauh perjalanan, tentunya makin tinggi juga pendapatan yang kamu terima.

 

Tidak perlu harus menjual perjalanan ratusan kilometer ke luar negeri, kok. Menjual puluhan atau ratusan tiket dalam negeri juga sudah bisa bikin kamu untung banyak.

 

2. Modal yang minim

 

Banyak yang mengira menjadi agen tiket pesawat online ini memerlukan modal hingga puluhan juta. Sebenarnya kamu tidak harus mengeluarkan uang sebanyak itu, kok. Beberapa mitra kadang hanya membutuhkan modal mulai dari Rp500 ribu—Rp1 juta saja.

 

Di samping itu, kamu harus menyediakan gawai sendiri yang memiliki akses internet. Kamu bisa mulai menjalankan bisnisnya dengan menggunakan laptop atau smartphone, loh.

 

3. Bisnis yang berkelanjutan

 

Bisnis penerbangan menjadi salah satu yang terkena dampak dari adanya pandemi COVID-19. Banyak jalur penerbangan yang ditutup hingga masa yang tidak ditentukan. Biarpun begitu, masih ada saja orang yang mencari tiket pesawat untuk berbagai keperluan.

 

Masih banyak pekerja maupun karyawan yang tetap melakukan perjalanan bisnis, baik antarkota maupun antarnegeri. Karena itu, mereka akan tetap mencari tiket-tiket penerbangan yang harganya bersaing.

 

4. Mudah dijalankan

 

Bisnis menjual tiket pesawat ini juga jadi pilihan usaha yang cukup mudah dijalankan. Kamu bisa melakukannya dari mana pun. Tidak menutup kemungkinan juga kamu memasarkan tiket pesawat untuk orang lokasinya jauh. Semua sistem pemesanan dan pembayaran sudah terhubung dan bisa dilakukan secara online.

 

Cara Menjadi Agen Tiket Pesawat

 

Kamu bisa mulai menjadi agen tiket pesawat dengan banyak cara, loh. Berikut cara yang bisa kamu jalankan.

 

1. Bekerja sama dengan maskapai penerbangan

 

 Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjalin kerja sama langsung dengan maskapai penerbangan. Beberapa maskapai bahkan memperbolehkan kamu bekerja sama dengan perusahaan penerbangan lainnya. Jadi, kamu bisa memberikan pilihan untuk para pelanggan nantinya.

 

Untuk melakukannya, kamu perlu memiliki badan usaha berbentuk PT atau CV yang sudah tercatat secara hukum. Selain itu, kamu pun perlu menyediakan dana sebesar Rp10 juta untuk setiap maskapai. Biarpun mungkin langkah ini butuh modal yang relatif besar, keuntungan yang bisa didapat juga sangat besar.

 

2. Menjalin kerja sama dengan agen mitra

 

Ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjadi agen tiket pesawat online. Kamu bisa menjadi subagen dari perusahaan yang sudah bermitra langsung dengan maskapai penerbangan. Cara ini bisa dilakukan perorangan yang tidak memiliki perusahaan berbadan hukum.

 

Kamu bisa menghubungi agen tur dan perjalanan secara langsung untuk menjadi subagen mereka. Modal yang dibutuhkan untuk menjadi tangan panjang dari agen-agen perjalanan ini pun cukup bervariasi. Kebanyakan agen mematok biaya pendaftaran sebesar Rp2—Rp5 juta untuk kamu bisa mulai berjualan.

 

3. Berjualan melalui platform online

 

Kemajuan teknologi juga membuka peluang kamu untuk menjadi agen tiket pesawat dengan lebih mudah. Kamu hanya perlu mencari aplikasi yang menawarkan kemitraan untuk membuka bisnis digital. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar dan bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu.

 

Sejumlah platform online ini pun sudah menyediakan tiket perjalanan ke banyak destinasi kota di Indonesia. Setelah bergabung menjadi mitra, kamu tinggal menawarkan tiket pesawat ke orang lain.

 

Tips Menjadi Agen Tiket Pesawat yang Sukses

 

Setiap bisnis pasti ada tantangannya yang perlu kamu hadapi. Kamu perlu menyiapkan strategi yang tepat untuk bisa sukses dalam menjalaninya. Berikut kiat sukses menjadi agen tiket pesawat.

 

> Melakukan riset tentang destinasi yang paling banyak dicari

> Memilih mitra dan platform yang tepercaya

> Tidak ada salahnya menjadi mitra untuk banyak platform online

> Menyediakan modal yang cukup, khususnya untuk perjalanan luar negeri

> Memanfaatkan promo yang diberikan platform

> Membuat promo sendiri pada awal bisnis dan momen tertentu

> Membuat paket perjalanan

> Memberikan bonus atau hadiah keperluan perjalanan untuk pembelian nominal tertentu

> Memanfaatkan media sosial untuk memasarkan tiket pesawat

 

 

Itu dia cara dan tips menjadi agen tiket pesawat yang bisa kamu lakukan saat ini. Lakukan bisnis secara tekun untuk dapatkan keuntungan yang maksimal. 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya