19 January 2021

Mau Cek Tagihan PBB? Berikut Cara Online yang Bisa Dicoba!

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi kewajiban biaya yang perlu dibayarkan setiap Wajib Pajak (WP) pemilik tanah dan bangunan yang mendapatkan manfaat atas keberadaannya. Jika dulu untuk cek tagihan PBB dan membayarnya kamu harus mengunjungi kantor pajak, sekarang dua hal ini bisa dilakukan secara online.  Hal ini tentu sangat memudahkan siapa saja untuk cek tagihan PBB di mana pun dan kapan pun.

Setidaknya terdapat 3 cara cek tagihan PBB online di bawah ini yang bisa dilakukan, antara lain sebagai berikut:

Cek Tagihan PBB Online Lewat Website Resmi

Perlu dipahami jika seluruh penerimaan PBB diberikan kepada pemerintah daerah provinsi atau kabupaten/kota. Jadi, tidak usah bingung ya jika setiap kota memiliki situs pajak daerah masing-masing untuk cek tagihan PBB secara online. Beberapa contoh wilayah yang memiliki situs pembayaran PBB, yakni:

  • DKI Jakarta: https://pajakonline.jakarta.go.id/
  • Bekasi: aplikasi iPBB
  • Bogor: aplikasi iPBB
  • Surabaya: http://pbb.bpkpd.surabaya.go.id/

Sekadar informasi jika beberapa wilayah di Indonesia juga ada yang belum menyediakan layanan pengecekan secara online. Sebaiknya untuk cek tagihan PBB secara online, kamu cari tahu dulu apakah daerah tempat tinggalmu sudah memiliki website resmi untuk cek tagihan dan bayar PBB atau belum di internet.

Cek Tagihan PBB Online Lewat E-commerce

Suka berbelanja di e-commerce? Sekarang kamu juga bisa lho memanfaatkan e-commerce untuk membantu cek tagihan PBB secara online. Dua e-commerce yang bisa dipilih untuk membantu melihat tagihan PBB adalah Tokopedia dan Traveloka.

Cek Tagihan PBB Lewat Situs Minimarket

Saat berbelanja di situs minimarket seperti Indomaret, kamu juga bisa sekaligus melakukan cek tagihan PBB. Caranya bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Buka situs klikindomaret.com
  2. Pada homepage cari "Selengkapnya” pada bagian menu
  3. Geser kursor panah kanan hingga bertemu dengan menu "Pajak Bumi dan Bangunan" lalu pilih menu tersebut
  4. Masukkan Nomor Objek Pajak (NOP) dan masukkan tahun pembayaran, maka kamu bisa cek tagihan PBB dengan melihat besaran jumlah tagihan di layar gadget

Cek Tagihan PBB Lewat Aplikasi LinkAja

Ada lagi loh cara yang lebih praktis untuk cek tagihan PBB, yakni menggunakan aplikasi LinkAja. Lewat aplikasi ini kamu bisa melakukan pengecekan tagihan dan pembayaran digital untuk memenuhi kebutuhan harian dan maupun bulanan seperti tagihan PBB.

Untuk membayar PBB juga cukup mudah menggunakan LinkAja. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan kamu ingat atau menyimpan nomor objek pajaknya, ya! Caranya bisa dilakukan dengan:

  1. Buka aplikasi LinkAja. Lalu klik menu Lainnya di homepage LinkAja
  2. Cari menu Pajak dan Retribusi
  3. Pilih PBB berdasarkan daerah domisili
  4. Input tahun pembayaran dan Nomor Objek Pajak (NOP). Kemudian klik Lanjut
  5. Di layar gadget akan tertera informasi rincian jumlah tagihan pajak yang harus dibayarkan

Baca juga: Promo Bayar PBB yang Sayang Dilewatkan

Bagaimana cukup mudah bukan untuk cek tagihan PBB menggunakan LinkAja? Melalui aplikasi LinkAJa kamu juga bisa merasakan keuntungan lain berupa promo cashback yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Untuk mengetahui apa saja promo yang sedang berlangsung di aplikasi LinkAja, kamu bisa mencari tahu informasinya di sini.  Yuk, tunggu apalagi segera download aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android maupun App Store sekarang juga!

Baca juga: Lebih Mudah Bayar Pajak Motor Online. Caranya?

Bagikan artikel ini :