27 January 2021

Mengenal Lebih Jauh Sistem Usaha Franchise dan Cara Daftarnya

Memulai bisnis produk dengan merek dagang baru tidaklah mudah. Apalagi jika kamu belum berpengalaman berbisnis. Jika ingin mulai berbisnis memilih franchise yang sudah punya nama bisa dilakukan.

Franchise atau waralaba merupakan cara berbisnis untuk memperoleh hak terhadap merek dagang, produk yang sama dari bisnis yang sudah ada, dan bahan baku untuk memasarkan produk tersebut dengan menerapkan kesepakatan dan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan dari owner bisnis tersebut.

Perjanjian dengan pemilik franchise biasanya memuat berbagai informasi seperti hal-hal teknis dan royalty fee yang wajib diberikan penerima kepada pemberi franchise. Selain itu, perhatikan juga pengurusan izin franchise.

Beberapa peluang bisnis daftar franchise 2021 yang bisa kamu coba, di antaranya bisnis franchise makanan (ayam goreng, kebab, crepes, dan snack Taiwan). Bisnis Franchise Umum (misalnya apotek, logistik, bengkel, dan jasa pengiriman).

Cara Memulai Franchise

Meski tidak mudah memulai bisnis franchise, namun bila kamu berani mencoba dan melakukan berbagai persiapan yang sistemastis dan juga terencana, bukan tidak mungkin usaha ini bisa terwujud. Sebagai panduan, berikut cara memulai franchise.

  1. Cari tahu apa saja kesempatan franchise yang ada di sekitar kamu dan siapa saja pesaing yang perlu dilewati di dalamnya
  2. Analisis proses perhitungan keuntungan franchise dan kesepakatan yang ditawarkan oleh waralaba
  3. Cari tahu apa saja yang akan kamu peroleh dari penyedia franchise. Hal ini berguna untuk mengetahui apa saja yang perlu kamu tambahkan sendiri untuk menjalankan franchise tersebut
  4. Ketahuilah jumlah modal yang diperlukan untuk melakukan kerjasama franchise yang diinginkan
  5. Pastikan untuk memilih lokasi terbaik dan sesuai dengan franchise yang akan dilakukan

Baca juga: 7 Peluang Bisnis yang Menguntungkan Saat Pandemi

Cara Daftar Franchise  

Berdasarkan dari Peraturan Menteri Perdagangan No. 77 Tahun 2018, untuk daftar franchise, kamu perlu mengurus perizinan perdagangan yang dilakukan dengan mengakses sistem online single submission (OSS).

Berikut ini cara daftar franchise dengan mengakses laman website https://oss.go.id/oss/.

  1. Isi informasi yang diperlukan pada menu daftar
  2. Cek email yang sudah kamu daftarkan untuk validasi akun dan user ID serta password untuk melakukan proses log-in
  3. Memperoleh NIB (Nomor Induk Berusaha)
  4. Penerbitan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) dari komitmen STPW akan ditindaklanjuti oleh Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan dan Direktorat Bina Usaha atas permohonan STPW
  5. Memenuhi persyaratan komitmen:
  • Pemberi Waralaba: mempunyai prospektus penawaran waralaba
  • Pemberi Waralaba Lanjutan: mempunyai prospektus penawaran waralaba
  • Penerima Waralaba: mempunyai perjanjian waralaba dan prospektus penawaran waralaba
  • Penerima Waralaba Lanjutan: mempunyai perjanjian waralaba

Beberapa contoh dari bisnis franchise adalah minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Di sana kamu bisa memperoleh berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Selain itu, proses pembayarannya pun mudah. Kamu bisa menggunakan aplikasi dari LinkAja.

Selain itu, aplikasi ini memudahkan kamu bertransaksi secara online atau offline di berbagai merchant yang sudah bekerja sama dengan LinkAja, membayar tagihan BPJS Kesehatan & BPJS Ketenagakerjaan, iuran asuransi, bayar tagihan telepon dan TV berlangganan, tagihan listrik atau beli token listrik, tagihan Pegadaian, membeli pulsa, donasi, dan kirim uang.

Kamu pun bisa menikmati berbagai promo menarik yang disediakan oleh LinkAja setiap bulannya. Informasi terkait berbagai promo LinkAja bisa dilihat  di sini. Tunggu apa lagi download segera aplikasi LinkAja di Google Play untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna  iOS ya!

Baca juga: Apa Itu Investasi Rendah Resiko? Yuk, Cari Tahu Selengkapnya di Sini!

Bagikan artikel ini :