Gaya Hidup

10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik Tahun 2022

Icon Calendar LinkAja31 Okt 2022

Image Artikel 10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik Tahun 2022 LinkAja
Sumber foto: Pexels.

Sudah sejak lama film horor Indonesia menjadi tontonan yang menarik buat para pencinta kisah seram. Terlebih lagi jika menyaksikan film horor di bioskop. Layar lebar dan sound yang ditawarkan dari bioskop akan membuat seolah-olah kamu berada di dalam ceritanya.

Bukan hanya itu, film horor Indonesia pun punya tampilan yang makin baik dari tahun ke tahun. Tidak heran jika beberapa judul film horor produksi Indonesia bisa diterima di berbagai negara. Salah satunya adalah film Pengabdi Setan yang dirilis pada 2017 lalu sempat ditayangkan di Amerika Serikat dan menjadi film horor Indonesia dengan penonton kedua terbanyak sepanjang masa.

Tahun 2022 pun masih jadi tahun yang baik untuk sederet film dengan genre horor. Untuk kamu yang doyan dengan cerita seram dan mencekam, daftar film horor di bawah ini tentunya penting untuk disimak.

Baca juga: 12 Daftar Rekomendasi Film Indonesia Terbaik yang Wajib Ditonton

Rekomendasi Film Horor Indonesia 2022

Sejumlah film horor sudah dan akan ditayangkan di bioskop. Beberapa judul lainnya sudah bisa disaksikan di layanan streaming berbayar. Yuk, cek film horor Indonesia apa saja yang masuk jajaran wajib tonton di bawah ini:

1. KKN di Desa Penari

Film horor ini diangkat dari kisah nyata yang sempat viral di media sosial. Ceritanya pun dijadikan novel dan kemudian dibuatkan film layar lebarnya. Tidak heran kalau filmnya pun langsung menyedot perhatikan saat dirilis pada April 2022 lalu.

Cerita film ini mengangkat sekumpulan mahasiswa yang sedang menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa. Setiap mahasiswa tersebut merasakan pengalaman mistis yang berbeda-beda. Hingga beberapa mahasiswa harus berurusan dengan penunggu desa yang merupakan sosok makhluk halus.

2. Pengabdi Setan 2

Melanjutkan film Pengabdi Setan yang tayang pada 2017 lalu, sekuelnya masih membawa kengerian yang serupa. Pemain dalam film ini pun masih sama dengan film pertamanya. Dalam film horor ini, terkuak lagi rahasia lain dalam keluarga si Ibu. 

Joko Anwar, sang sutradara, sengaja membuat film ini terasa sangat nyata. Proses pembuatannya benar-benar menggunakan gedung yang sudah tidak digunakan lagi selama bertahun-tahun. Biarpun sudah pasti akan menghadirkan kengerian level tinggi, cerita yang tersimpan di dalamnya tetap membuat para pencinta horor penasaran.

3. Qodrat

Film Qodrat merupakan salah satu pilihan horor Indonesia yang tayang di bioskop pada 2022 ini. Film ini pun menjadi debut dari pasangan Vino G. Bastian dan Marsha Timothy dalam memainkan film horor. Qodrat juga mengangkat kisah yang cukup dekat dengan sebagian besar masyarakat Indonesia, loh.

Film ini mengambil layar di sebuah pesantren yang sering mengalami gangguan mistis. Masyarakat di wilayah pesantren sering mengalami gagal panen hingga santri yang kesurupan. Jalan yang dilakukan oleh pemuka agama di sana adalah melakukan ritual pengusiran jin.

Baca juga: 10 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Bikin Bergidik Ngeri!

4. Pamali

Istilah “pamali” sudah sangat tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Melanggar adat dan kepercayaan di sebuah daerah bisa membawa petaka bagi mereka yang melakukannya. Kisah inilah yang diangkat dalam film yang berjudul Pamali yang tayang di bioskop pada Oktober 2022.

Ceritanya mengangkat sebuah keluarga yang memutuskan untuk pindah ke sebuah desa dan memulai hidup baru. Sayangnya, mereka tanpa sengaja sudah melanggar adat dan kepercayaan yang ada di tempat tersebut. Hal inilah yang membuat keluarga tersebut diburu oleh makhluk halus.

5. Inang

Cerita seram juga bisa kamu dapatkan dalam film berjudul Inang. Film ini pun tayang pada Oktober 2022. Kisahnya mengangkat seorang perempuan bernama Wulan yang sedang hamil.

Masalah pertama yang dihadapinya adalah ditinggal oleh pasangannya. Lalu, Wulan pun dibantu oleh keluarga yang berniat mengadopsi anak tersebut setelah lahir nanti. Sayangnya, ada niat jahat yang direncanakan oleh keluarga tersebut kepada sang bayi.

6. The Doll 3

Ritual pemanggilan arwah menjadi dasar dari cerita The Doll 3 ini. Cerita bermula dari seorang pria yang memutuskan untuk bunuh diri karena mengalami trauma. Kakak dari pria tersebut masih belum terima  akan kematian adiknya dan berencana menghidupkan kembali adiknya dalam sebuah boneka.

Sayangnya, kehadiran boneka tersebut malah menjadi malapetaka untuk orang-orang yang ada di sekitar kakaknya. Satu per satu orang yang berada dekat dengan kakaknya dibunuh secara keji. Nah, buat yang penasaran, film horor ini sudah bisa disaksikan di layanan streaming Netflix.

Baca juga: 10 Serial Netflix Terbaik dengan Rating Tertinggi

7. Jailangkung: Sandekala

Masih seputar pemanggilan arwah, kisah hantu jailangkung juga sudah cukup populer di masyarakat Indonesia. Horor itulah yang diangkat dalam film Jailangkung: Sandekala yang berkisah tentang pasangan suami istri dengan orang anak perempuan.

Keluarga ini sedang berada dalam perjalanan menuju sebuah kota. Hingga pada suatu ketika, salah satu anaknya menghilang tanpa tanda. Pasangan ini pun malah menemukan boneka jailangkung dan menggunakannya untuk mencari anak mereka yang hilang.

8. Menjelang Maghrib

Film yang satu ini juga menjadi pilihan yang wajib tonton. Menjelang Maghrib terinspirasi dari kisah nyata yang menggabungkan kebudayaan dan kisah-kisah mistis yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

Film Menjelang Maghrib mengangkat kisah pasien gangguan jiwa yang dipasung di sebuah pondok kecil. Hal ini dilakukan karena pasien ini sering mengalami gangguan dan bertingkah aneh setiap menjelang Maghrib. Tidak jarang tindakannya pun membawa bahaya untuk orang lain dan dirinya sendiri.

9. Kalian Pantas Mati

Film ini merupakan adaptasi dari film horor asal Korea berjudul Mourning Grave. Film ini bercerita tentang seorang siswa SMA yang mampu berkomunikasi dengan makhluk halus. Biasanya, makhluk halus yang datang menyapanya meminta bantuan. Hingga pada suatu hari dia bertemu dengan roh perempuan di sekolahnya.

Roh ini meminta bantuannya untuk mengembalikan ingatannya. Di saat yang bersamaan, ada roh jahat yang memberikan teror di sekolah. Hal ini membuatnya harus berjuang untuk mengungkap kisah misteri di sekolahnya.

10. Keramat 2

Film horor ini merupakan sekuel dari Keramat yang dirilis pada 2009 silam. Sama dengan film sebelumnya, Keramat 2 juga menjadi film horor dokumenter. Keunikan lainnya, semua pemain menggunakan nama mereka sendiri agar seolah-olah mereka benar-benar mengalami kejadian tersebut.

Ceritanya mengangkat sekumpulan mahasiswa yang ingin melakukan tugas akhir ke sebuah. Namun, perjalanan mereka menjadi tidak terkendali karena ada seseorang yang memiliki rencana mistis. Untuk kamu yang penasaran dengan ceritanya, Keramat 2 dijadwalkan tayang pada November 2022 di bioskop seluruh Indonesia.

Baca juga: Daftar Harga Paket Internet Smartfren Terbaru 2022

Itu dia deretan film horor Indonesia yang bisa ditonton sepanjang 2022 ini. Kamu bisa mulai mendatangi bioskop kesayangan untuk mengikuti cerita mistis yang ada di dalamnya. Kamu bisa membeli tiketnya dengan menggunakan saldo LinkAja supaya lebih praktis.

 

LinkAja juga memberikan kemudahan membeli paket berlanggan layanan streaming langsung dari aplikasinya. Dengan begitu, kamu bisa menikmati film genre horor dengan lebih nyaman karena #Apa2Bisa pakai LinkAja. Dapatkan aplikasi LinkAja di sini:

 

 

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya