Gaya Hidup

12 Daftar Rekomendasi Film Indonesia Terbaik yang Wajib Ditonton

Icon Calendar LinkAja18 Des 2021

Image Artikel 12 Daftar Rekomendasi Film Indonesia Terbaik yang Wajib Ditonton LinkAja

Film Indonesia belakangan ini semakin menunjukkan kualitasnya sebagai film-film yang bisa bersaing dengan film-film dari luar negeri. Dari segi sinematografi, kualitas akting, maupun jalan cerita, semakin ciamik. 10 tahun terakhir, terdapat beberapa film Indonesia yang wajib ditonton, antara lain:

 

Baca juga: 21 Daftar Drama Korea Komedi Romantis Terbaik

 

1. Milea: Suara dari Dilan

 

Milea: Sara dari Dilan merupakan sekuel dari Dilan 1991 yang menceritakan kisah Dilan & Milea dari sudut pandang Dilan. Dengan sudut pandang Dilan, tentunya banyak cerita-cerita baru yang tidak ditemukan di film terdahulu.

Berlatar di Bandung pada tahun 90-an Dilan (Iqbaal Ramadhan) adalah pelajar SMA sekaligus panglima perang sebuah geng motor yang menjalin hubungan dengan murid baru bernama Milea (Vanesha Prescilla).

Dinamika percintaan mereka berdua di sela-sela aktivitas sehari-hari mereka sebagai pelajar menjadi semakin menarik untuk disimak seiring dengan berjalannya waktu.

 

Judul

Milea: Suara dari Dilan

Tayang

13 Februari 2020

Genre

Drama romantis remaja

Durasi

103 menit

Produksi

Max Pictures

Sutradara

Fajar Bustomi

Pemain

Iqbaal Ramadhan

Vanesha Prescilla

Ira Wibowo

Bucek Depp

Happy Salma

Farhan

 

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

 

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini merupakan drama keluarga yang bercerita tentang Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara), dan Awan (Rachel Amanda), kayak beradik dari permukaan tampak bahagia dalam menjalani keseharian. Pertemuan Awan dengan Kale (Ardhito Pramono) mengubah banyak hal mengenai kehidupan mereka.

Yang terbesar, adalah pemberontakan ketiga kakak beradik ini yang berujung pada terkuaknya segala rahasia dan trauma terbesar yang selama ini dipendam dalam keluarga mereka.

Diawali dengan ringan, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini mengajak penontonnya tenggelam ke dalam drama keluarga mereka.

 

Judul

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Tayang

2 Januari 2020

Genre

Drama Keluarga

Durasi

121 Menit

Produksi

Visinema Pictures

Sutradara

Angga Dwimas Sasongko

Pemain

Rachel Amanda

Rio Dewanto

Sheila Dara

Donny Damara

Susan Bachtiar

Oka Antara

Niken Anjani

Ardhito Pramono

Agla Artalidia

 

3. Ali & Ratu Ratu Queens

 

Seru! Film ini berlatar di berbagai tempat, utamanya adalah Kota Queens, New York, Amerika Serikat dan Jakarta. Ali & Ratu Ratu Queens bercerita tentang Ali (Iqbaal Ramadhan), seorang anak yang sejak usia lima tahun telah ditinggalkan ibunya, Mia, yang pindah ke New York.

Kini, Ali yang beranjak dewasa memutuskan untuk mencari ibunya. Sesampainya di Queens, New York, Ali datang ke apartemen yang dulu ditinggali ibunya dan bertemu ibu-ibu lainnya yang dulu tinggal bersama ibunya. Menarik untuk disimak petualangan pencarian anak-ibu yang terpisah ini diselingi dengan kisah cinta ala remaja.

 

Judul

Ali & Ratu Ratu Queens

Tayang

17 Juni 2021

Genre

Drama komedi

Durasi

100 menit

Produksi

Palari Films

Sutradara

Lucky Kuswandi

Pemain

Iqbaal Ramadhan

Marissa Anita

Aurora Ribero

Nirina Zubir

TIka Panggabean

Asri Welas

Happy Salma

 

4. Cek Toko Sebelah

 

Cek Toko Sebelah merupakan kisah tentang Erwin (Ernest Prakasa), pria keturunan Tionghoa lulusan kampus luar negeri yang kini tengah menjalani kariernya. Di tengah hubungannya dengan Natalie (Gisella Anastasia), Erwin menerima tawaran untuk bekerja di Singapura.

Sayangnya, ayahnya, Koh Afuk (Chew Kin Wah) sakit sehingga dia harus melewatkan kesempatan untuk bekerja di Singapura.

Imbasnya, Erwin malah disuruh mengambil alih toko sembako milik keluarga yang tidak terurus karena ayahnya sakit. Di sisi lain, Natalie kecewa dengan keputusan tersebut. Menarik disimak segala kerumitan yang dihadapi Erwin dengan keluarga dan belahan jiwanya.

 

Judul

Cek Toko Sebelah

Tayang

28 Desember 2016

Genre

Drama komedi

Durasi

98 menit

Produksi

Starvision Plus

Sutradara

Ernest Prakasa

Pemain

Ernest Prakasa

Dion Wiyoko

Chew Kin Wah

Gisella Anastasia

Adinia Wirasti

Tora Sudiro

 

5. Aruna dan Lidahnya

 

Aruna dan Lidahnya berkisah tentang Aruna (Dian Sastrowardoyo), seorang epidemiolog dan pecinta makanan yang ditugaskan untuk meneliti temuan adanya flu burung di berbagai kota di Indonesia.

Enggan menyia-nyiakan kesempatan, Aruna mengajak karibnya, Bono (Nicholas Saputra) yang seorang chef dan Nadezhda (Hannah Al Rashid), kritikus makanan yang sedang menulis buku tentang makanan Indonesia.

Di tengah perjalanan Aruna bertemu dengan Farish (Oka Antara) yang dulu menjadi atasannya. Di setiap kota yang dikunjungi, mereka menemukan makanan khas dan cerita di balik itu. Di luar itu terselip cerita cinta yang timbul antara mereka.

 

Judul

Aruna dan Lidahnya

Tayang

27 September 2018

Genre

Drama

Durasi

106 menit

Produksi

Palari Films

Sutradara

Edwin

Pemain

Dian Sastrowardoyo

Hannah Al Rashid

Nicholas Saputra

Oka Antara

Ayu Azhari

 

6. Laskar Pelangi

 

Diadaptasi dari buku berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi bercerita tentang kehidupan di Desa Gantong, Pulau Belitung. Di desa tersebut, sebuah sekolah dasar baru saja dibuka.

Namun sayangnya tidak banyak yang mau belajar di sekolah sehingga hampir ditutup oleh Pak Harfan (Ikranagara) sebagai kepala sekolah.

Di sisi lain, Bu Muslimah (Cut Mini) bersikeras mempertahankan sekolah tersebut hingga menemukan satu per satu murid yang mau bersekolah. Akhirnya, murid terkumpul, hingga mereka belajar dan mengejar cita-cita mereka masing-masing di tengah segala keterbatasan yang mereka miliki.

 

Judul

Laskar Pelangi

Tayang

25 September 2008

Genre

Drama

Durasi

124 menit

Produksi

Miles Films

Sutradara

Riri Riza

Pemain

Cut Mini

Ikranagara

Tora Sudiro

Slamet Rahardji

Teuku Rifnu Wikana

 

7. The Raid

 

Brutal! Film ini memang sangat meledak tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Film penuh aksi ini bercerita tentang sekumpulan gangster dan penjahat di suatu sudut apartemen kumuh di Jakarta. Para penjahat ini sudah bertahun-tahun berkuasa dan tidak tersentuh bahkan oleh polisi sekalipun.

Dibentuknya satu skuad polisi yang khusus untuk mengusik kemapanan para penjahat itu mengubah segalanya. Mereka tidak lagi tersentuh karena skuad polisi ini sangat berani, taktis, sekaligus sama berbahayanya. Perjuangan polisi untuk mengobrak-abrik penjahat menjadi suguhan utama The Raid.

 

Judul

The Raid

Tayang

8 September 2011 (TIFF)

23 Maret 2012 (Indonesia)

Genre

Action thriller

Durasi

101 menit

Produksi

PT Merantau Films

Sutradara

Gareth Evans

Pemain

Iko Uwais

Joe Taslim

Donny Alamsyah

Yayan Ruhian

Pierre Gruno

Ray Sahetapy

Tegar Sathya

 

 

Baca juga: 10 Drakor Action Korea Terbaik yang Bikin Kamu Tidak Berkedip

 

8. Guru-Guru Gokil

 

Guru-Guru Gokil merupakan kisah mengenai Taat, seorang guru baru yang sebelumnya telah menemui jalan buntu dalam berkarier. Ambisinya tentu adalah memiliki uang banyak dan hidup kaya raya. Taat Pribadi sebenarnya enggan menjadi guru. Apalagi pekerjaan, terlebih di daerah ini bukan pekerjaan yang menjanjikan untuk menjadi kaya raya dengan cepat.

Satu momen mengubah segalanya. Ketika gaji guru hilang dicuri, Taat bersama guru-guru lainnya berupaya dengan segala cara untuk mengambil kembali hak mereka sebagai guru.

 

Judul

Guru-Guru Gokil

Tayang

17 Agustus 2020

Genre

Drama komedi

Durasi

101 menit

Produksi

BASE Entertainment

Sutradara

Sammaria Simanjuntak

Pemain

Gading Marten

Faradina Mufti

Boris Bokir

Kevin Ardilova

Ibnu Jamil

Dian Sastrowardoyo

 

9. Dua Garis Biru

 

Dua Garis Biru bercerita tentang Bima (Angga Yunanda) dan Dara (Adhisty Zara), sepasang kekasih yang masih duduk di bangku SMA. Hubungan percintaan mereka berujung pada kehamilan. Latar belakang mereka yang berbeda membuat semuanya menjadi rumit. Apalagi Dara berambisi untuk kuliah di Korea Selatan.

Ketika status kehamilan Dara terkuak oleh para guru di sekolah, Dara dikeluarkan dari sekolah dan diusir dari rumah. Dara untuk sementara tinggal di rumah Bima hingga akhirnya diperbolehkan pulang oleh orangtuanya.

Mereka berdua menikah dan melahirkan anak. Bagaimana dengan ambisi Dara dengan adanya sang buah hati?

 

Judul

Dua Garis Biru

Tayang

11 Juli 2019

Genre

Drama remaja

Durasi

113 menit

Produksi

Kharisma Starvision Plus

Sutradara

Gina S. Noer

Pemain

Adhisty Zara

Angga Yunanda

Cut Mini

Arswendy Bening Swara

Dwi Sasono

Lulu Tobing

Rachel Amanda

Maisha Kanna

 

10. Habibie & AInun 3

 

Habibie & Ainun 3 adalah film ketiga di seri Habibie & Ainun sekaligus prekuel dari film Habibie & Ainun. Film ini bercerita dari mengenai Ainun (Maudy Ayunda) ketika muda dari sudut pandang bekas Presiden Republik Indonesia, B.J. Habibie yang di film ini diperankan oleh Reza Rahadian.

 

Judul

Habibie & Ainun 3

Tayang

19 Desember 2019

Genre

Biografi

Durasi

121 menit

Produksi

MD Pictures

Sutradara

Hanung Bramantyo

Pemain

Maudy Ayunda

Reza Rahadian

Jefri Nichol

Marcella Zalianty

Arswendy Bening Swara

 

11. Gundala

 

Penonton Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan Gundala. Tokoh dari karakter komik karya Hasmi ini berhasil difilmkan oleh Joko Anwar dengan menjadikan Sancaka sebagai tokoh utama dari film Gundala.

Sancaka muda harus ditinggalkan oleh kedua orang tuanya akibat konflik di perusahaan ayahnya, sehingga ia terpaksa harus hidup sendiri. Kondisi ini mau tidak mau membuat Sancaka menggelandang dan kemudian berhasil diselamatkan oleh Awang. Bagaimana kisah selanjutnya? Yuk, tonton sendiri!

 

Judul

Gundala

Tayang

12 Agustus 2019

Genre

Action/Adventure

Durasi

123 menit

Produksi

Bumilangit Studios

Sutradara

Joko Anwar

Pemain

Abimana Aryasatya

Tara Basro

Bront Palarae

Ario Bayu

Rio Dewanto

Marissa Anita

 

12. Pengabdi Setan

 

Masih dari sutradara yang sama, yakni Joko Anwar, Pengabdi Setan akhirnya kembali rilis dengan kemasan baru. Pengabdi Setan sendiri merupakan film yang pertama kali tayang pada 1980 yang bercerita mengenai sebuah keluarga.

Keluarga ini mengalami krisis finansial karena harus membiayai pengobatan ibunya yang sedang sakit. Ketika sang ibu meninggal dunia, di sinilah teror-teror mistis mulai merebak.

 

Judul

Pengandi Setan

Tayang

28 September 2017

Genre

Horor

Durasi

121 menit

Produksi

Rapi Films

Sutradara

Joko Anwar

Pemain

Tara Basro

Dimas Aditya

Bront Palarae

Endy Arfian

Ayu Laksmi

Elly D. Luthan

Nasar Anuz

Arswendi Nasution

 

Kamu bisa menonton film-film ini dengan cara berlangganan berbagai platform video-on-demand seperti Netflix, Disney Plus, dan lainnya. Pastikan tagihan aplikasi-aplikasi tersebut dibayar tepat waktu ya. Jangan lupa juga agar kuota untuk menonton tidak habis di tengah-tengah asyiknya menonton.

 

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Disney+ Hoststar yang Banyak Ditonton

 

Untuk memudahkan segala transaksi finansial kamu, gunakan aplikasi LinkAja. Dengan LinkAja, kamu bisa membayar tagihan, melakukan pembayaran dalam transaksi harian maupun bulanan sekaligus berhemat dengan cara mendapatkan promo dari merchant yang bekerjasama dengan LinkAja.

Download aplikasi LinkAja dari Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone sekarang!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya