Gaya Hidup

10 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Bikin Bergidik Ngeri!

Icon Calendar LinkAja30 Mei 2022

Image Artikel 10 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Bikin Bergidik Ngeri! LinkAja
Sumber foto: IST

Sejak The House of The Devil dirilis pada tahun 1896, film horor menjadi salah satu genre yang diperhitungkan dalam deretan film terlaris. Formulasi film horor yang selalu mengajak penontonnya untuk memacu jantungnya lebih cepat atau membuat bulu kuduk mereka berdiri berhasil menjadi semacam candu bagi para pencinta film. 

 

Menariknya, film horor ini bisa sama-sama memikat, baik itu yang ceritanya dari kisah nyata ataupun hanya fiksi belaka. Keduanya tetap memiliki magnet tersendiri untuk menarik minat penonton.

 

Baca juga: 12 Daftar Film Rekomendasi Indonesia Terbaik yang Wajib Ditonton

 

Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

 

Nah, kali ini LinkAja akan memberikan rekomendasi film horor terbaik sepanjang masa yang bisa membuatmu ngeri dan mimpi buruk setelah menontonnya. Coba tonton 10 film horor yang bagus di bawah ini kalau kamu berani!

 

1. The Shining (1980)

 

The Shining adalah salah satu film horor terbaik sepanjang masa dan hampir siapa pun pasti setuju dengan klaim ini. Film yang disutradarai oleh Stanley Kubrick dan dibintangi oleh Jack Nicholson ini diangkat dari novel karya Stephen King. 



Kisahnya berpusat pada seorang pria yang menjadi gila dan mencoba untuk membunuh keluarganya di sebuah hotel yang dipercayakan untuk dijaganya. Film ini sangat menakutkan dan dibuat dengan skrip yang rapi dan bakal meninggalkan trauma setelah kamu menontonnya.

 

2. The Exorcist (1973)

 

Jika kamu mencari film horor yang bagus tentang kerasukan, The Exorcist adalah salah satu film horor terbaik yang pernah dibuat. 



Filmnya berpusat pada kisah seorang gadis muda yang dirasuki setan dan upaya dua pendeta untuk menyelamatkannya. Film ini dibuat dengan sangat baik, dengan akting, arahan, dan efek khusus yang bakal membuatmu bergidik. Hingga kini The Exorcist masih jadi cult movie bagi pencinta horor.



3. A Nightmare on Elm Street (1984)



A Nightmare On Elm Street adalah film horor terbaik yang masuk dalam kategori slasher. Dikisahkan Nancy Thompson dan teman-temannya Tina Gray, Rod Lanem dan Glen Lantz, disiksa oleh seorang pembunuh berdarah dingin dengan kuku super panjang.



Mereka disiksa dalam mimpi oleh pembunuh bernama Fred Krueger. Nancy harus berpikir cepat saat satu per satu temannya mati disiksa. Sama seperti filmnya, dijamin kamu bakal dihantui mimpi buruk setelah menontonnya.

 

 

4. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

 

Film yang masih jadi cult bagi pencinta film horor terbaik sepanjang masa ini masih layak kamu tonton. The Texas Chainsaw Massacre berkisah tentang sekelompok sahabat yang menjadi korban keluarga kanibal, yang dipimpin oleh Leatherface yang menggunakan gergaji.



Film ini sangat kontroversial saat dirilis dan kamu dapat mudah mengerti alasannya. Kekerasannya brutal dan tanpa henti, dan karakternya sangat berdarah dingin. Di sepanjang film kamu akan dihantui ketakutan para karakternya bakal menjadi korban kanibal. 



Meski dirilis beberapa dekade silam, masih sedikit --atau bahkan tidak ada-- film yang bisa menandingi kengerian Texas.



5. The Omen (1976)

 

Tahun 1970-an tampaknya memang jadi puncak tertinggi produksi film Hollywood. The Omen juga jadi karya klasik yang tak lekang oleh zaman ketika bicara soal film horor terbaik sepanjang masa.



Film ini punya premis tentang seorang anak muda bernama Damien, yang merupakan anak dari iblis. Menonton film ini, kamu tidak akan dibiarkan bernapas lega karena tiap menitnya penuh dengan ketegangan dan teror. Jangan sampai tidur sendiri setelah menonton film ini, ya!

 

 

Baca juga: 10 Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa



6. Pengabdi Setan (2017)

 

Indonesia juga tak kekurangan film seram. Film horor terbaik Indonesia ini rilis pada 2017 dan disutradarai oleh Joko Anwar. Film ini adalah remake dari film berjudul sama pada tahun 1980 yang jadi favorit sang sutradara ketika kecil dulu.



Karakter Ibu dan loncengnya yang mistis dijamin akan membuat kamu terngiang-ngiang selepas menontonnya. Saking suksesnya film ini, Joko Anwar kabarnya akan merilis sekuelnya tahun ini. 



Jadi, tunggu apa lagi? Segera tonton di layanan streaming favoritmu. Oh iya, film ini jadi film terlaris pada 2017 silam dengan lebih dari 4 juta penonton dan jadi film horor Indonesia terlaris kedua sepanjang masa.



7. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

 

Film selanjutnya dari Joko Anwar juga masuk dalam daftar rekomendasi film horor terbaik sepanjang masa yang wajib banget kamu tonton. Meski masuk dalam kategori psychological thriller, film berjudul Inggris Impetigore ini juga tak kalah menyeramkannya untuk kamu tonton.



Di film ini, cerita bakal dibawakan oleh Maya dan Dini, dua orang gadis muda yang mencoba menelusuri asal-usul Maya di kampung halamannya. Namun, kejutan demi kejutan terungkap saat mereka mencari fakta soal asal-usul tersebut.



Film ini resmi mewakili Indonesia di kancah Internasional dalam penghargaan Oscar lewat kategori Best International Feature Film. Membanggakan, ya!



8. Babadook (2014)



Pencinta horor mungkin sudah pasti memasukkan film horor terbaik ini dalam daftar tontonannya. Namun, jika kamu belum tahu, Babadook adalah termasuk salah satu dengan skrip rapi yang bakal membuatmu trauma.



Amelia (Essie Davis) adalah seorang orang tua tunggal dengan anak hiperaktif berusia 6 tahun, Samuel (Noah Wiseman). Samuel selalu mempersenjatai dirinya demi membela diri dari monster yang tak kasatmata. 



Bahkan sekolahnya pun takut kepada Samuel. Hingga sebuah buku anak tentang Babadook ditemukan, di situlah kejadian-kejadian mulai muncul. Di sini kamu bakal diberikan fakta sedikit demi sedikit yang dijamin akan membuatmu tercengang dan bergidik.



9. Creep (2014)

 

Jika film-film di atas dibuat dengan sinematografi apik, film horor terbaik yang satu ini ditampilkan dengan sudut pandang ala video amatir. 



Kisahnya berpusat pada seorang videografer yang kerja lepas untuk merekam seorang pria yang sedang sekarat karena kanker di masa-masa terakhir hidupnya. Awalnya pekerjaan tersebut terasa mudah dan menyenangkan, namun situasi yang dibangun kian kelam dan membuatnya, dan pasti kamu juga, ketakutan.



Film ini cukup diakui oleh kritikus film dunia dengan plot-nya yang cukup disturbing. Jadi, tunggu apa lagi? Tonton sendiri untuk merasakan ketegangan sepanjang filmnya.



10. Crimson Peak (2015)

 

Film horor terbaik terakhir dalam daftar ini datang dari sutradara nyentrik Guillermo del Toro. Dikisahkan ibu Edith Cushing (Mia Wasikowska) meninggal saat dia kecil, namun masih menjaga Edith dalam bentuk yang tak kasatmata. 



Meski lahir di era Victoria, Edith tidak seperti wanita kebanyakan yang langsung menikah dan mengabdikan hidupnya untuk keluarga. Namun, akhirnya dia bertemu dengan Thomas Sharpe (Tom Hiddleston), seorang pria misterius yang bakal mengubah hidupnya.



Edith yang tinggal di rumah berhantu yang bisa bergerak, berdarah, dan mengingat semua hal yang terjadi di dalamnya bakal membuatmu penasaran hingga akhir. Film ini sebenarnya lebih kental nuansa suspense ketimbang gore. Namun, masih sangat cocok bagi kamu yang ingin tontonan seram dan mengguncang nalar.

 

 

Baca juga: 7 Rekomendasi Film Thailand Terbaru yang Wajib Ditonton



Nah, itu tadi rekomendasi film horor terbaik sepanjang masa, baik dari Hollywood maupun Indonesia. Sebagian film di atas bisa kamu nikmati di beberapa layanan streaming legal yang beroperasi di Indonesia. Tunggu apa lagi? Gunakan LinkAja sekarang untuk membayar langganan situs streaming favorit kamu sekarang juga!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya