Info

10 Rekomendasi Permainan Tradisional yang Seru dan Asyik

Icon Calendar LinkAja30 Mei 2022

Image Artikel 10 Rekomendasi Permainan Tradisional yang Seru dan Asyik LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Seiring berkembangnya zaman, ragam permainan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang juga makin banyak. Namun, permainan yang muncul biasanya sudah melibatkan teknologi atau alat-alat canggih. Tidak kalah seru, banyak permainan tradisional yang bisa dicoba oleh berbagai usia.

 

Permainan tradisional adalah jenis permainan perorangan maupun beregu yang berkembang turun-temurun melalui kebiasaan. Biasanya, permainan tradisional juga memiliki aturan main yang berbeda di setiap daerah. Hal ini disebabkan karena aturannya diwariskan dari mulut ke mulut saja.

 

Seperti halnya adat dan kebiasaan lain, permainan daerah yang bertahan adalah permainan yang memang diperkenalkan ke generasi selanjutnya. Belum pernah mencoba permainan tradisional? Tenang, aturan mainnya sering kali dibuat sederhana, kok. Jadi, kamu juga bisa mencobanya.

 

Baca juga: 20 Alat Musik Tradisional Unik dan Populer di Indonesia

 

Permainan Tradisional Indonesia yang Seru Dimainkan

 

Selain jadi warisan budaya, permainan tradisional juga bisa kamu coba sebagai hal baru, loh. Tidak perlu terlalu memikirkan aturan main, kamu tetap bisa mencoba asalkan ada kesepakatan dengan semua peserta. Mau buat peraturan tambahan pun, boleh saja, kok!

 

Permainan tradisional di Indonesia yang masih banyak dikenal biasanya dari daerah Pulau Jawa. Namun, ada pula permainan dengan aturan main sama dan dikenal dengan nama berbeda di daerah lainnya. Nah, mulai dari yang sederhana, berikut permainan tradisional yang mudah dicoba.

 

1. Engklek

 

Permainan engklek berasal dari Jawa yang berupa permainan tanpa alat. Kamu hanya perlu membuat pola kotak-kotak yang bisa ditandai pakai batu di permukaan tanah. Cara main engklek adalah dengan melempar batu ke salah satu kotak, lalu lompat dengan satu kaki sambil menghindar dari kotak tersebut.

 

2. Bola bekel

 

Permainan bola bekel juga gampang dicoba dan masih mudah didapatkan. Biasanya, masih ada warung atau toko online yang menjual bola karet beserta biji bekel. Cara main bola bekel adalah melambungkan bola karet dan mengambil biji bekel dalam satu kali lambungan bola saja.

 

Nah, bola bekel adalah salah satu jenis permainan tradisional yang diwarisi berbeda di setiap daerahnya. Di Jawa Timur, biasanya biji bekel terbuat dari kuningan, timbal, atau plastik. Namun, biji bekel yang dipakai di Jawa Barat adalah kuwuk atau kerang kecil.

 

3. Gundu

 

Sebutan untuk permainan tradisional satu ini macam-macam, loh. Sebenarnya, permainan ini adalah permaianan kelerang. Namun, setiap masyarakat memberikan sebutan berbeda di masing-masing daerah dengan aturan main yang sebenarnya sama saja.

 

Permainan kelereng ini diberi sebutan neker suku Jawa, kaleci oleh suku Sunda, ekar di Palembang, dan kleker di Banjar. Cara main gundu atau kelereng biasanya sama. Pemain bergantian menyentil kelereng dari dalam sebuah lingkaran. Kelereng yang dikenai sampai keluar batas lingkaran akan jadi pemilik pemain. Pemenang permainan adalah peserta dengan jumlah kelereng terbanyak.

 

4. Gangsing

 

Gangsing atau gasing populer dengan bentuknya yang unik. Meski tidak dimainkan, gasing sering kali dijadikan sebagai koleksi, loh. Cara main gasing dilakukan dengan menarik tali dengan kencang dan membiarkan gasing berputar. Pemenang adalah peserta yang gasingnya berputar paling lama.

 

5. Ketapel

 

Nah, kalau permainan satu ini sebenarnya bisa dimainkan tanpa banyak aturan. Ketapel adalah kayu berbentuk huruf Y dengan bagian atas yang diikat dengan karet. Biasanya, bagian tengah karet tersebut disertai dengan kulit yang bisa digunakan sebagai pelontar batu.

 

Cara main ketapel bisa dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu mengarahkannya pada sasaran di hadapan peserta. Selain untuk permainan, ketapel juga bisa dipakai untuk berburu buah-buahan pada zaman dulu. Main ketapel juga bisa melatih kemampuan untuk berkonsentrasi, loh!

 

Baca juga: 7 Game Offline Android Paling Seru

 

6. Lompat tali karet

 

Banyak permainan tradisional yang juga melatih fisik dan ketangkasan. Meski hanya menggunakan karet gelang, kamu sudah bisa mencoba mainan yang seru. Seperti namanya, para peserta harus melompat tali yang dibuat dari karet gelang yang dianyam menjadi bentuk yang panjang.

 

Cara main lompat tali karet biasanya diikuti oleh lebih dari dua orang. Dua orang tersebut akan bertugas memegang tali bergantian sambil melompati tali sesuai tingkat kesulitan. Biasanya, tingkat kesulitan dimulai dari satu jengkal dari tanah hingga satu jengkal di atas kepala.

 

7. Congklak

 

Permainan congklak dikenal juga sebagai dakon. Permainan ini sangat cocok buat mengisi waktu luang dengan santai bersama teman atau keluarga. Aturan main congklak juga mudah, asalkan kamu mempunyai papan congklat dan kerikil atau biji-bijian.

 

Papan congklak berbentuk pipih dengan dua lubang besar dan empat belas lubang kecil. Orang yang bermain akan mengisi lubang papan satu persatu dari kiri ke kanan sampai kerikil berhenti di lubang yang kosong. Pemenang adalah orang yang berhasil lebih dulu mengisi lubang besar paling banyak.

 

8. Gobak sodor

 

Permainan gobak sodor adalah jenis permainan beregu yang bisa melatih strategi, kerja sama, dan ketangkasan. Gobak sodor cocok untuk dijadikan sebagai permainan saat outing, perlombaan di kantor, atau bahkan lomba tujuh belasan.

 

Cara main gobak sodor dilakukan dengan saling mengejar dan menghadang untuk mencapai garis finis. Pemenang adalah tim yang paling banyak keluar dari kotak yang telah dibagi dua bagian dengan garis vertikal dan horizontal. Makin banyak peserta permainan juga akan makin seru, loh!

 

9. Bakiak

 

Kalau permainan tradisional yang satu ini biasanya sudah sering dikenal karena jadi permainan favorit di ajang lomba tujuh belasan. Bakiak adalah sejenis sandal yang terbuat dari kayu panjang dan slop kaki untuk 3–5 orang. Bakiak juga dikenal dengan nama lain terompa galuak.

 

Cara main bakiak adalah dengan melangkahkan kaki secara beriringan hingga mencapai garis akhir. Meski terkesan mudah, permainan bakiak tidak sesederhana itu, loh. Jika ada satu orang saja yang tidak menggerakkan kaki dengan kompak, para pemain bisa langsung jatuh tersungkur.

 

10. Petak umpet

 

Kalau ingin mencoba permainan tradisional tanpa alat, petak umpet adalah solusi paling praktis yang seru. Permainan petak umpet bisa dilakukan dengan minimal dua orang pemain. Permainan ini juga sederhana karena bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan.

 

Cara main petak umpet adalah dengan satu orang penjaga yang menghitung dan peserta lainnya bersembunyi. Penjaga harus berhasil menemukan semua peserta yang bersembunyi. Orang yang pertama kali ditemukan oleh penjaga harus bergantian di putaran permainan selanjutnya.

 

Itulah berbagai jenis permainan tradisional yang bisa kamu coba dengan cara main yang sederhana. Biasanya, permainan tradisional akan lebih seru jika dimainkan di luar ruangan untuk berganti suasana saat bosan main di dalam ruangan.

 

Baca juga: 10 Game Steam Gratis Terbaik dari Berbagai Genre

 

Nah, beberapa permainan memang membutuhkan alat-alat pendukung. Tenang saja, kamu bisa mencari alat-alat seperti congklak, bakiak, hingga bola bekel di toko online kesayangan. Buat pilihan pembayarannya, kamu bisa PeDe pilih permainan yang seru #Apa2Bisa bisa bayar pakai LinkAja!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya