Info

20 Alat Musik Tradisional Unik dan Populer di Indonesia

Icon Calendar LinkAja23 Mei 2022

Image Artikel 20 Alat Musik Tradisional Unik dan Populer di Indonesia LinkAja
(Shutterstock.com)

Permainan alat musik sering kali menjadi daya tarik budaya khas yang unggul dari suatu daerah di Indonesia. Biasanya, alat musik tradisional di Indonesia dikenal melalui pertunjukan tari atau upacara adat. Suara yang dihasilkan setiap alat musik sangat khas dan punya keunikan tersendiri.

 

Alat musik tradisional adalah instrumen dari bahan-bahan dasar yang biasanya berasal dari alam dan sengaja dimodifikasi untuk menghasilkan sumber bunyi. Bunyi atau suara yang dihasilkan dari alat musik bisa dihasilkan dari tepukan, petikan, tiupan, dan sebagainya.

 

Daya tarik penggunaan alat musik yang paling signifikan memang berasal dari pariwisata. Hingga saat ini, makin banyak orang yang tertarik untuk membuat kolaborasi pertunjukan alat musik tradisional dan modern. Karena itu, alat musi tradisional juga masih dipelajari di sekolah.

 

Fungsi Alat Musik Tradisional

 

Alat musik tradisional biasanya lahir dan berkembang di salah satu kota atau provinsi yang tersebar di Indonesia. Biasanya, karakteristik bunyi yang dihasilkan juga akan mewakili kebudayaan dari daerah tersebut. Nah, berikut inilah fungsi alat musik tradisional yang bisa kamu ketahui.

 

> Pengiring pertunjukan sebagai pelengkap penyampaian pesan dari tari atau lakon

> Sarana komunikasi sebagai sinyal atau isyarat di lingkungan masyarakat pedesaan

> Sarana ekpresi bagi seniman yang ingin mengaktualisasikan diri lewat sebuah karya

> Pelengkap ritual kebudayaan seperti pernikahan, pesta rakyat, atau festival budaya

> Sarana ekonomi sebagai mata pencaharian lewat pentas seni yang dimonetisasi

 

Baca juga: Mengenal Joox, Layanan Musik Streaming dengan Harga Murah

 

Macam-macam Alat Musik Tradisional Indonesia

 

Setiap orang yang terlahir di Indonesia setidaknya akan familier dengan salah satu alat musik tradisional. Pasalnya, penggunaannya masih sering ditemukan dalam kegiatan sehari-hari masyarakat. Inilah beberapa alat musik tradisional di Indonesia yang bisa kamu kenali.

 

1. Alat musik tradisional suling

 

Berasal dari Jawa Barat, alat musik tiup ini terbuat dari bahan bambu. Suara yang dihasilkan akan muncul berupa alunan yang berbeda tergantung jumlah lubang ditutup jari.

 

2. Alat musik tradisional angklung

 

Pada 2010, angklung diakuin UNESCO sebagai warisan budaya tak beda dari Indonesia. Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan sehingga setiap bambu menghasilkan irama berbeda. Salah satu alat musik kebanggaan Indonesia ini juga sering dipakai mengalunkan lagu modern, loh!

 

3. Alat musik tradisional kolintang

 

Sumber suara kolintang berasal getaran dari bilah kayu yang berukuran berbeda. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dan berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara.

 

4. Alat musik tradisional lalove

 

Bentuk lalove mirip dengan suling atau seruling, padahal hanya bahan dasarnya yang sama. Lalove berasal dari Sulawesi Tengah dan memiliki fungsi sakral. Lalove dipakai dalam ritual penyembuhan suku Kaili untuk mengiringi tarian tradisional Balia.

 

5. Alat musik tradisional pupuik tanduak

 

Dari nama dan bentuk, sudah bisa ditebak jika alat musik ini dibuat dari tanduk. Pupuik tanduak terbuat dari tanduk kerbau yang dipotong ujungnya hingga membentuk rongga hingga ke pangkal. Cara memainkannya adalah ditiup untuk menghasilkan nada tinggi dan melengking.

 

6. Alat musik tradisional kecapi

 

Kecapi juga berasal dari Jawa Barat dan sering kali dikenal dalam Tembang Sunda sebagai alat musik utama bersama suling (kacapi suling). Alat musik kecapi dimainkan dengan cara dipetik sehingga menghasilkan suara dari dawainya.

 

7. Alat musik tradisional siter

 

Siter juga dimainkan dengan cara dipetik dengan 11 dan 13 pasang senar yang dimasukkan ke dalam kontak resonator. Penggunaan siter bisa diatur menggunakan laras pelong maupun salendro.

 

8. Alat musik tradisional rebab

 

Rebab juga memiliki dawai dengan bentuk alat seperti busur. Namun, cara memainkan rebab adalah digesek, bukan dipetik seperti kecapi atau gitar.

 

9. Alat musik tradisional saron

 

Saron atau ricik termasuk sebagai salah satu instrumen gamelan jawa. Penggunaannya dilakukan dengan cara dipukul. Saron terbuat dari logal yang ditumpangkan di atas bingkai kayu.

 

10. Alat musik tradisional gong

 

Bisa dikatakan paling populer, gong mudah ditemukan pada berbagai acara. Gong berasal dari Jawa Tengah dan menghasilkan suara dari getaran saat logamnya dipukul.

 

11. Alat musik tradisional bonang

 

Masih termasuk alat musik gamelan, bonang memiliki bentuk yang mirip dengan gong. Namun, ukurannya jauh lebih kecil dan dimainkan dengan jumlah satu set. Biasanya, alat musik dari Jawa Timur ini selalu ditemukan dalam peringatan acara adat.

 

12. Alat musik tradisional gambang

 

Sumber suara gambang berasal dari 20 bilah kayu atau bambu dengan resonator yang bentuknya mirip perahu. Gambang berasal dari Jawa Tengah dan biasa dimainkan sebagai salah satu instrumen dalam orkes gambang kromong atau gambang rancag.

 

13. Alat musik tradisional kendang

 

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki alat musik berbentuk serupa dengan gendang. Namun, gendang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Gendang dimainkan dengan cara dipukul atau ditepuk dengan telapak tangan.

 

14. Alat musik tradisional arumba

 

Bambu menjadi salah satu bahan utama yang sering dimanfaatkan sebagai alat musik. Arumba merupakan gabungan dari beberapa alat musik berbahan dasar bambu. Saat dimainkan, arumba menghasilkan suara merdu yang khas.

 

15. Alat musik tradisional celempung

 

Masih memanfaatkan bahan dasar bambu, ruas batang bambu juga digunakan sebagai bahan dasar alat musik tradisional. Celempung adalah alat musik Jawa Barat yang terbuat dari kulit bambu dan sumber suaranya berasal dari dalam ruas batang bambu saat dipetik atau dipukul.

 

16. Alat musik tradisional sasando

 

Sasando adalah alat musik yang mirip seperti kecapi atau harpa. Bentuknya yang unik membuat alat musik tradisional ini lebih mudah diingat. Biasanya, sasando dipakai untuk mengiringi tarian di Nusa Tenggara Timur.

 

17. Alat musik tradisional serunai

 

Serunai memiliki suara melengking yang merdu. Biasanya, alat musik asal Sumatera Barat ini digunakan sebagai sarana hiburan masyarakat Minang.

 

18. Alat musik tradisional gambus

 

Sumber suara gambus berasal dari dawai atau sena yang biasanya dipakai untuk mengiringi gendang. Gambus adalah alat musik tradisional Riau yang memiliki 3–12 senar.

 

19. Alat musik tradisional fuu

 

Alat musik fuu sangat unik karena terbuat dari kulit kerang dengan suara yang keras dan berdengung. Fuu berasal dari Maluku Utara dan dimainkan dengan cara ditiup.

 

20. Alat musik tradisional tifa

 

Bentuk alat musik tradisional Papua ini juga cukup unik. Tifa memiliki bentuk dasar seperti gendang dengan bentuk lebih ramping. Tifa dimainkan dengan cara dipukul dengan telapak tangan.

 

Nah, itulah berbagai macam alat musik tradisional khas Indonesia yang bisa kamu kenali. Mungkin, kamu sudah pernah mencoba memainkan salah satunya, ‘kan?

 

Baca juga: 10 Game PC Offline Ringan untuk PC dan Laptop Spek Rendah


Artikel Terkait

Kategori Lainnya