01 October 2020

7 Peluang Bisnis yang Menguntungkan Saat Pandemi

Pandemi corona memang mengubah hidup banyak orang dari berbagai sektor, salah satunya ekonomi. Saat ini ada banyak perusahaan yang memotong penghasilan karyawannya demi menutupi biaya operasional. Belum lagi terjadinya PHK karena perusahaan yang sudah tidak mampu bertahan. Hal ini  memunculkan banyak pengangguran.

Di sisi lain kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi. Mau tak mau mereka yang terdampak karena corona harus memutar otak agar pendapatannya bisa stabil kembali. Di bawah ini ada beberapa ide bisnis yang menguntungkan saat pandemi.

1. Bisnis Jasa Menjahit

Bisnis yang menguntungkan pertama adalah menjahit. Selain membuka jasa menjahit pakaian, mengecilkan maupun memperbesar ukuran pakaian, atau memperbaiki pakaian yang robek, menjahit tali tas yang sudah rusak, dan mengganti kancing. Kamu juga bisa membuat masker bahan yang memang cukup tinggi permintaannya.

Saat ini kebutuhan akan masker sangat diperlukan. Namun, terkadang menjadi dilema saat harus menggunakan masker sekali pakai sebab bisa menambah jumlah sampah. Maka dari itu, sekarang ada banyak orang yang beralih untuk menggunakan masker kain. Desain yang tersedia juga cukup beragam, jadi bisa menunjang penampilan kamu juga.

2. Bisnis Menu Makanan Sehat

Saat ini kebiasaan mengonsumsi menu makanan sehat sudah banyak diminati. Bukan hanya karena mengikuti tren saja, tetapi memang sudah mulai banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga pola makan sehat dengan menu yang sehat pula.

Kamu bisa menjual paketan menu katering dengan berbagai jenis diet yang paling cukup diminati saat ini seperti diet karbo, mayo, dan lainnya. Agar lebih variatif, kamu bisa bisa juga jual paketan bahan makanan untuk dimasak di rumah, misalnya sayur asem, sup kaldu ayam, sayur lodeh, dan jenis lauk lainnya.

3. Bisnis Jual Paket Daging untuk di Masak di Rumah

Buat orang yang saat sebelum pandemi suka makan di restoran AYCE (all you can eat) pasti harus menyimpan dalam-dalam kerinduannya untuk menyantap makanan-makanan tersebut. Namun, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menjual paket daging untuk dimasak di rumah.

Baca Juga: 4 Tips dan Trik Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja

Coba saja jadi reseller dengan menjual paket lengkap berupa daging, sayur, bumbu siap pakai untuk membuat shabu-shabu atau grill dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau. Untuk menambah penghasilan, kamu bisa menjual kimchi, seafood, sosis sapi atau ayam.

Cara membuat makanan AYCE juga tidak terlalu sulit. Bisa melihat tutorial memasaknya, bahan, dan alat apa saja yang diperlukan dari internet.

4. Bisnis Membuat Kue

Satu lagi bisnis yang menguntungkan saat pandemic yang berkaitan dengan makanan adalah bisnis kue. Buatlah bisnis kue bukan hanya kue ringan atau jajanan pasar, tapi kue atau cake ulang tahun. Pasalnya dengan situasi di rumah saja, banyak orang yang membuat perayaan ulang tahun dengan kecil-kecilan.

5. Jasa Online Shop untuk Belanja Kebutuhan Sehari-hari

Bisnis yang menguntungkan lainnya adalah toko online yang menjual kebutuhan sehari-hari, bumbu dapur, bahan makanan mentah, perlengkapan mandi, perlengkapan dan kebutuhan bayi. Ini menjadi peluang karena di situasi seperti ini banyak orang yang enggan atau takut terlalu banyak keluar rumah bahkan hanya untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, biasanya yang menjadi daya tarik pembeli bukan hanya dari segi kemudahan saja tapi juga harga barang yang ditawarkan juga lebih terjangkau. Selain memanfaatkan kekuatan media sosial, kamu juga bisa mendaftarkan usaha bisnis online di e-commerce yang sekarang sudah banyak tersedia.

6. Minuman Herbal dan Jus yang Menyehatkan

Dengan adanya pandemi corona membuat banyak orang jadi lebih sadar terhadap kesehatan tubuhnya. Selain menerapkan gaya hidup sehat seperti berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, tidur cukup, mengonsumsi minuman herbal dan jus sehat sekarang banyak diminati guna meningkatkan kekebalan tubuh.

Salah satu pilihan minuman herbal yang bisa kamu jual adalah yang terbuat dari jahe karena sudah dikenal bagus untuk kesehatan. Untuk jus, bukan hanya menjual jus buah, tapi juga jus sari lemon yang memang sudah populer untuk menjaga kekebalan tubuh. Coba sediakan produk minuman herbal atau jus yang ukurannya 1 liter.

7. Menawarkan Jasa Pengajar Online

Punya skill mengajar dan menguasai suatu bidang mata pelajaran atau keahlian tertentu? Coba saja bisnis yang menguntungkan saat pandemic dengan menawarkan jasa pengajar online berbayar baik secara private atau dengan membuka kelas di situs pembelajaran online. Beberapa skill yang saat ini sedang diminati adalah kursus untuk anak sekolah tingkat SD dan SMP, bahasa asing, digital marketing, desain grafis, memasak, bahkan olahraga.

Itu tadi 7 peluang bisnis yang menguntungkan yang bisa dilakukan. Untuk membantu memudahkan kamu menjalankan bisnis yang menguntungkan tersebut, tentu kamu harus melakukan kegiatan yang serba cepat.

Salah satu aplikasi yang membuat kamu bisa lebih praktis melakukan berbagai pembayaran, dengan menggunakan LinkAja. Aplikasi ini merupakan layanan uang elektronik untuk mempermudah berbagai transaksi nontunai secara praktis.

Membayar tagihan listrik atau beli token listrik, tagihan telepon dan TV berlangganan, pembelian pulsa, pembayaran BPJS, donasi, kirim uang, bertransaksi online atau offline di merchant-merchant tertentu bisa dilakukan di LinkAja.

Ayo buruan download aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.

Bagikan artikel ini :