13 April 2020

Informasi Lengkap Seputar Kartu Prakerja, Wajib Tahu!

Bantuan dana insentif, sesuai namanya adalah merupakan dana yang dialokasikan untuk tujuan tertentu dan memiliki target khusus. Pemerintah Indonesia sendiri mengalokasikan banyak sekali jenis bantuan dana yang tersebar untuk berbagai tujuan seperti pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan lain sebagainya. Kini di bawah naungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, telah hadir bantuan dana insentif untuk masyarakat yang dibungkus dalam program Kartu Prakerja.

  • Apa itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja adalah kartu digital non-fisik yang diperuntukkan kepada masyarakat agar dapat mengakses pelatihan kerja atau kursus online sesuai minatnya. Saat terdaftar sebagai penerima manfaat Kartu Prakerja kamu dapat memperoleh dana insentif sebesar 2,4 juta rupiah yang digunakan untuk:

  1. Mengasah dan meningkatkan kualitas kemampuan diri
  2. Membuka kesempatan masuk dunia kerja
  3. Meningkatkan kapasitas diri
  • Siapa masyarakat yang termasuk kualifikasi pendaftar Kartu Pekerja?
  1. Laki-laki/perempuan berusia 18-24 tahun
  2. Belum atau sudah bekerja
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal; sekolah atau kuliah
  • Bagaimana alur dan cara daftar Kartu Prakerja?
  1. Daftar di website Kartu Prakerja

Dalam tahapan ini, peserta perlu melakukan penginputan data dan seleksi online. Petugas Pengantar Kerja/Antar Kerja di Disnaker mendampingi peserta untuk mendaftar melalui website secara kolektif dan melakukan seleksi online berdasarkan kemampuan dasar dan motivasi. 

  1. Memilih pelatihan yang tersedia di daftar pelatihan kerja

Peserta memilih pelatihan kerja dari Mirta Digital Platform melalui kursus online dengan total dana bantuan Rp 1 juta dan dapatkan dana insentif prakerja senilai Rp 2,4 juta yang akan disalurkan melalui LinkAja, Mitra Resmi Pembayaran Kartu Prakerja. Peserta akan mendapatkan tambahan total Rp 150.000 setelah mengisi 3 survei pasca pelatihan..

  1. Mengikuti pelatihan kerja secara online maupun offline

Peserta mengikuti pelatihan kerja dan peserta kemudian akan dapatkan sertifikat pelatihan kerja dari lembaga penyedia pelatihan setelah lolos tes.

  1. Mengikuti tes serta memberi penilaian terhadap pelatihan kerja atau kursus

Setelah dinyatakan lolos pelatihan kerja, peserta akan dimintai penilaian atau testimoni. Kemudian, sebagai tunjangan lanjutan, peserta akan menerima insentif yang akan disalurkan melalui mitra pembayaran resmi Kartu Prakerja.

LinkAja merupakan salah satu mitra resmi pembayaran bantuan dana insentif untuk program Kartu Prakerja yang dikeluarkan pemerintah. Kemudahan transaksi di LinkAja, memungkinkan kamu melakukan banyak transaksi keuangan kapan saja dan di mana saja seperti pembelian pulsa dan data, pembayaran tagihan dan asuransi hingga transfer dan kirim uang cepat dan mudah ke semua bank.


Pastikan dirimu #SiapDariSekarang dan dapatkan informasi lebih lengkap di situs https://www.prakerja.go.id/

Bagikan artikel ini :