Info

LinkAja Mitra Pembayaran Resmi Kartu Prakerja

Icon Calendar LinkAja21 Feb 2023

Image Artikel LinkAja Mitra Pembayaran Resmi Kartu Prakerja LinkAja

Dalam rangka mendukung kebijakan terkait peningkatan kapasitas sumber daya manusia, LinkAja resmi menjadi mitra pembayaran Kartu Prakerja.

Program ini diluncurkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai pengembangan kompetensi kerja untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua orang yang berusia 18 tahun keatas dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

1. Bagaimana cara mengikuti Program Kartu Prakerja?

Kamu dapat mendaftar langsung ke website prakerja.go.id  sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.  Buat akun Prakerja dengan data dirimu, siapkan e-mail, NIK, nomor KK, nomor HP yang masih aktif dan selesaikan test kemampuan dasar untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

2. Apa manfaat dari mengikuti Program Kartu Prakerja ini?

Mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. 

3. Apa syarat pendaftaran Program Kartu Prakerja?

  • WNI berusia antara 18 - 64 tahun yang tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja termasuk pelaku usaha mikro dan kecil
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan & Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawasan pada BUMN dan BUMD
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja

4. Bagaimana cara mendapat dana insentif kartu Prakerja?

  • Pastikan lolos pada pendaftaran gelombang yang dibuka
  • Gunakan saldo pelatihan sebesar Rp 3.5 juta dan pilih pelatihan yang kamu butuhkan di Mitra Platform Digital
  • Pastikan kamu sudah membuat akun LinkAja Full Service dan sudah  tersambung dengan akun Kartu Prakerjamu sebelum membeli pelatihan
  • Ikuti dan selesaikan pelatihan sampai mendapatkan sertifikat, beri rating dan ulasan.
  • Kamu akan menerima insentif Rp 600.00 di akun LinkAjamu
  • Jawab 2 survey evaluasi dan dapatkan insentif Rp 50.000 untuk setiap evaluasi
  • Nyalakan notifikasi aplikasi LinkAja sehingga kamu akan mengetahui kapan dana insentifmu diterima

LinkAja – Mitra Pembayaran Resmi Kartu Prakerja

Mitra pembayaran resmi Kartu Prakerja adalah pihak yang ditunjuk resmi oleh pemerintah untuk menyalurkan dana insentif kepada peserta Kartu Prakerja. Pastikan kamu telah membuat akun LinkAja Full Service dan menautkan ke akun Kartu Prakerjamu melalui website Kartu Prakerja. 

Kamu akan menerima dana insentif Kartu Prakerja melalui akun LinkAja dan gunakan dana insentif Kartu Prakerja untuk memenuhi  kebutuhan sehari-hari seperti isi token listrik, beli pulsa dan data, isi BBM, bayar iuran BPJS,  dan masih banyak lagi. 

Cara melakukan Upgrade Akun LinkAja Full Service 

Untuk dapat menautkan akun LinkAja ke akun Kartu Prakerja, kamu harus melakukan upgrade akun LinkAjamu menjadi Full Service melalui proses e-KYC. Proses e-KYC adalah proses verifikasi data identitas pemegang akun termasuk namun tidak terbatas pada data diri untuk memastikan keabsahannya.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan Upgrade Akun LinkAja Full Service sebelum melakukan sambung rekening akun Kartu Prakerja:

1. Pilih menu “Akun” pada aplikasi LinkAja, klik pada “Tipe Akun” dan pilih “Upgrade Sekarang.”

2. Foto e-KTP dan pastikan e-KTP terlihat jelas dan memenuhi area yang tersedia.

3. Klik “Foto Wajah” dan ikuti verifikasi wajah sesuai instruksi, kemudian klik “Gunakan Foto”.

4. Klik “Data Diri”, kemudian lengkapi data diri dan klik “Simpan”.

5. Klik “Data Alamat”, kemudian lengkapi data alamat sesuai alamat yang tertera di e-KTP dan klik “Simpan”.

4. Pastikan seluruh kolom sudah berdentang hijau, kemudian ajukan dokumen dan tunggu sampai proses verifikasi data selesai.

5. Tunggu notifikasi mengenai status terbaru untuk pengajuan Full Service.

6. Proses pengecekan bisa dilihat statusnya pada menu “Akun” aplikasi LinkAja.

Setelah proses ini selesai akun LinkAja akan berubah menjadi Full Service dan dapat langsung disambungkan sebag ai e-wallet penerima insentif Kartu Prakerja.

Proses upgrade full service ini bisa selesai dengan beberapa syarat, seperti validasi data diri dengan kartu identitas yang benar, swafoto dan foto KTP yang jelas (informasi di dalamnya terbaca dengan baik), dan data tervalidasi benar oleh pihak LinkAja. 

Cara Sambung Akun LinkAja dengan Kartu Prakerja

Setelah status akun telah berubah menjadi Full Service, kamu bisa menyambungkan akun LinkAja dengan Kartu Prakerja. Hal ini perlu dilakukan agar dana insentif bisa dikirimkan ke e-wallet LinkAja para peserta.

Baca juga: Cara Aktifkan dan Sambung Rekening LinkAja Syariah untuk Kartu Prakerja

Berikut adalah cara menyambungkan akun LinkAja dengan Kartu Prakerja:

1. Kunjungi halaman dashboard peserta Kartu Prakerja

Saat belum melakukan sambung rekening akan terlihat informasi “Belum Tersambung” pada kolom “Rekening” yang tersedia di halaman utama akun. Pada kolom yang sama dapat terlihat pilihan “Sambungkan Rekening” untuk mulai menyambungkan rekening atau e-wallet yang akan dipilih.

2. Pilih e-wallet atau rekening

Setelah memilih menyambungkan rekening akan muncul pilihan rekening bank atau e-wallet sebagai tempat penyaluran dana insentif Kartu Prakerja. Pada bagian e-wallet terdapat pilihan LinkAja yang dapat dipilih dengan menekan tombol “Sambungkan.”

3. Verifikasi nomor telepon

Untuk menyambungkan e-wallet, pastikan akun LinkAja telah aktif dan statusnya telah ter-upgrade menjadi Full Service. Caranya adalah dengan melakukan langkah eKYC yang telah dijelaskan di atas. Jika telah menjadi akun Full Service, akun LinkAja kamu pun bisa digunakan secara maksimal untuk menerima insentif Kartu Prakerja.

4. Verifikasi PIN dan Kode OTP

Pada langkah ini data peserta akan diverifikasi dengan memasukkan PIN LinkAja serta kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP untuk bisa melanjutkan proses menyambungkan e-wallet. Jaga kerahasiaan PIN LinkAja dan kode OTP yang dikirimkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan nomor HP yang digunakan di Kartu Prakerja dan LinkAja sama agar proses sambung e-wallet bisa berjalan.

5. Proses sambung rekening selesai

Jika semua proses di atas berjalan dengan lancar dan tidak ada kesalahan, peserta akan menerima notifikasi berhasil sambung rekening dari LinkAja. Untuk memastikan, lihat kembali halaman utama akun Kartu Prakerja dan cek apakah rekening LinkAja telah tersambung. Akun LinkAja Full Service bisa menyimpan dana sampai Rp20 juta serta batas transaksi kirim uang dan tarik tunai harian bisa mencapai Rp5 juta.

 

 

LinkAja Mitra Andalan Penggunaan Dana Insentif LinkAja

Setelah mengikuti pelatihan, setiap peserta akan mendapatkan dana insentif senilai Rp600.000 dan dana insentif pengisian survei senilai Rp 50.000 sebanyak 2 kali setelah menyelesaikan pengisian survei. Dana ini bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan yang bisa dipenuhi oleh LinkAja. Berikut adalah berbagai macam kebutuhan yang bisa kamu penuhi dengan dana insentif Kartu Prakerja di LinkAja:

  • Beli pulsa dan paket data
  • Belanja online di-ecommerce; Tokopedia dan Bukalapak
  • Beli token listrik atau bayar tagihan PLN
  • Bayar BPJS, Pajak, PDAM, IndiHome, hingga SIM & STNK
  • Alat pembayaran transportasi;  KAI Access, Gojek, dan Grab
  • Transaksi menggunakan QRIS 
  • Layanan perbankan; transfer antar bank, pembayaran/transfer ke rekening virtual, tarik tunai Saldo LinkAja di ATM Bank Mandiri, BRI, BNI

Baca juga: Cara Cairkan Dana Insentif Kartu Prakerja dengan Tarik Tunai LinkAja

Selain ekosistem di atas, LinkAja juga telah diterima di lebih dari 400 ribu merchant di seluruh Indonesia, 380 e-commerce, 350 pasar tradisional, jaringan ritel seperti Indomaret dan Alfamart, berbagai macam institusi pendidikan.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya