Info

LinkAja Mitra Pembayaran Resmi Kartu Prakerja

Icon Calendar LinkAja18 Feb 2022

Image Artikel LinkAja Mitra Pembayaran Resmi Kartu Prakerja LinkAja

Dalam rangka mendukung kebijakan terkait peningkatan kapasitas sumber daya manusia, LinkAja resmi menjadi mitra pembayaran Kartu Prakerja.

 

Program ini diluncurkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai pengembangan kompetensi kerja untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua orang yang berusia 18 tahun keatas dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

 

1. Bagaimana cara mendapatkan kartu Prakerja?
Kartu Prakerja ini bisa kamu dapatkan dengan mendaftar resmi ke website prakerja.go.id 

 

2. Apa manfaat dari penggunaan kartu Prakerja ini?
Mendapatkan dukungan pemerintah untuk pengembangan diri sekaligus memenuhi kebutuhan harian.

 

3. Apa syarat pendaftaran kartu Prakerja?
Kamu harus siapkan NIK, Kartu Keluarga (KK), foto KTP, foto selfie dengan KTP, email, akun LinkAja sebagai e-wallet untuk penyaluran dana insentif.

 

4. Bagaimana cara mendapat dana insentif kartu Prakerja?

> Pastikan kamu lolos pada pada pendaftaran gelombang yang dibuka

> Pastikan kamu menyelesaikan pelatihan (sampai muncul sertifikat pelatihan) yang kamu pilih di mitra pembelajaran kartu Prakerja

> Download aplikasi LinkAja

> Pilih penyaluran dana insentif melalui LinkAja

> Nyalakan notifikasi aplikasi LinkAja sehingga kapan dana insentif masuk akan kamu ketahui

> Gunakan dana insentif untuk penuhi berbagai kewajiban dan kebutuhan seperti isi token listrik, bayar iuran BPJS, beli pulsa dan data, belanja online dan masih banyak lagi 

 

LinkAja – Mitra Pembayaran Resmi Kartu Prakerja

 

Mitra pembayaran resmi kartu Prakerja adalah pihak yang ditunjuk resmi oleh pemerintah untuk menyalurkan dana insentif melalui layanannya. Kamu akan memperoleh dana insentif kartu Prakerja melalui LinkAja apabila telah menyelesaikan pelatihan sesuai yang disyaratkan. Pastikan kamu telah terdaftar di aplikasi LinkAja untuk hal ini dan nikmati juga berbagai manfaat fitur dan layanan LinkAja lainnya.

 

Langkah eKYC Akun LinkAja untuk Kartu Prakerja

 

Sebagai salah satu mitra resmi pembayaran insentif Kartu Prakerja, LinkAja dapat digunakan oleh semua peserta program ini. Namun, untuk bisa menggunakannya diperlukan proses e-KYC. Proses e-KYC adalah sebuah proses yang dilakukan untuk memverifikasi seseorang secara digital dengan memastikan keabsahan data diri dan dokumen pendukung dari pengguna.

 

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat proses e-KYC:

 

1. Pilih menu “Akun” pada aplikasi LinkAja, klik pada “Tipe Akun” dan pilih “Upgrade Sekarang.”

2. Foto e-KTP dan pastikan e-KTP terlihat jelas dan memenuhi area yang tersedia.

3. Lengkapi data diri dan lakukan foto wajah.

4. Kirim dokumen pengajuan Full Service dan tunggu sampai proses verifikasi data selesai.

5. Tunggu notifikasii mengenai status terbaru untuk pengajuan.

6. Proses pengecekan bisa dilihat statusnya pada menu “Akun” aplikasi LinkAja.

 

Setelah proses ini selesai akun LinkAja akan berubah menjadi Full Service dan sudah bisa digunakan sebagai e-wallet untuk program Kartu Prakerja.

 

Proses upgrade full service ini bisa selesai dalam waktu 1 jam saja dengan beberapa syarat, seperti validasi data diri dengan kartu identitas yang benar, swafoto dan foto KTP yang jelas (informasi di dalamnya terbaca dengan baik), dan validasi data sudah benar dan terkonfirmasi oleh pihak LinkAja. 

 

Cara Sambung Akun LinkAja dengan Kartu Prakerja

 

Setelah status akun telah berubah menjadi Full Service, kamu bisa menyambungkan akun LinkAja dengan Kartu Prakerja. Hal ini perlu dilakukan agar dana insentif bisa dikirimkan ke e-wallet LinkAja para peserta.

 

Baca juga: Cara Aktifkan dan Sambung Rekening LinkAja Syariah untuk Kartu Prakerja

 

Berikut adalah cara menyambungkan akun LinkAja dengan Kartu Prakerja:

 

1. Kunjungi halaman dashboard peserta Kartu Prakerja

 

Saat belum melakukan sambung rekening akan terlihat informasi “Belum Tersambung” pada kolom “Rekening” yang tersedia di halaman utama akun. Pada kolom yang sama dapat terlihat pilihan “Sambungkan Rekening” untuk mulai menyambungkan rekening atau e-wallet yang akan dipilih.

 

2. Pilih e-wallet atau rekening

 

Setelah memilih menyambungkan rekening akan muncul pilihan rekening bank atau e-wallet sebagai tempat penyaluran dana insentif Kartu Prakerja. Pada bagian e-wallet terdapat pilihan LinkAja yang dapat dipilih dengan menekan tombol “Sambungkan.”

 

3. Verifikasi nomor telepon

 

Untuk menyambungkan e-wallet, pastikan akun LinkAja telah aktif dan statusnya telah ter-upgrade menjadi Full Service. Caranya adalah dengan melakukan langkah eKYC yang telah dijelaskan di atas. Jika telah menjadi akun Full Service, akun LinkAja kamu pun bisa digunakan secara maksimal untuk menerima insentif Kartu Prakerja.

 

4. Verifikasi PIN dan Kode OTP

 

Pada langkah ini data peserta akan diverifikasi dengan memasukkan PIN LinkAja serta kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP untuk bisa melanjutkan proses menyambungkan e-wallet. Jaga kerahasiaan PIN LinkAja dan kode OTP yang dikirimkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan nomor HP yang digunakan di Kartu Prakerja dan LinkAja sama agar proses sambung e-wallet bisa berjalan.

 

5. Proses sambung rekening selesai

 

Jika semua proses di atas berjalan dengan lancar dan tidak ada kesalahan, peserta akan menerima notifikasi berhasil sambung rekening dari LinkAja. Untuk memastikan, lihat kembali halaman utama akun Kartu Prakerja dan cek apakah rekening LinkAja telah tersambung. Akun LinkAja Full Service bisa menyimpan dana sampai Rp10 juta serta batas transaksi kirim uang harian bisa mencapai Rp2 juta.

 

 

LinkAja Mitra Andalan Penggunaan Dana Insentif LinkAja

 

Setelah mengikuti pelatihan, setiap peserta akan mendapatkan dana insentif setiap bulannya sebesar Rp600 ribu selama empat bulan. Dana ini bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan yang bisa dipenuhi oleh LinkAja. Berikut adalah berbagai macam kebutuhan yang bisa kamu penuhi dengan dana insentif Kartu Prakerja di LinkAja:

·        Beli pulsa dan paket data

·        Belanja online di-ecommerce; Tokopedia dan Bukalapak

·        Beli token listrik atau bayar tagihan PLN

·        Bayar BPJS, Pajak, PDAM, IndiHome, hingga SIM & STNK

·        Alat pembayaran transportasi; Kereta Commuter, KAI Access, Gojek

·        Layanan perbankan; transfer antar bank, pembayaran/transfer ke rekening virtual, tarik tunai Saldo LinkAja di ATM Bank Mandiri, BRI, BNI

 

Baca juga: Cara Cairkan Dana Insentif Kartu Prakerja dengan Tarik Tunai LinkAja

 

Selain ekosistem di atas, LinkAja juga telah diterima di lebih dari 400 ribu merchant di seluruh Indonesia, 380 e-commerce, 350 pasar tradisional, jaringan ritel seperti Indomaret dan Alfamart, berbagai macam institusi pendidikan.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya