Info

3 Manfaat Kartu Prakerja Untuk Lulusan SMA/SMK Terbaru!

Icon Calendar LinkAja6 Feb 2022

Image Artikel 3 Manfaat Kartu Prakerja Untuk Lulusan SMA/SMK Terbaru! LinkAja

Di Indonesia, program wajib belajar 12 tahun masih digalakkan pemerintah kepada masyarakat. Hasilnya, banyak lulusan SMA atau SMK yang kemudian melanjutkan diri tidak ke jenjang kuliah melainkan langsung terjun ke dunia kerja. Bukan mustahil, hal ini karena sejumlah sekolah menengah atas terlebih kejuruan, telah memasukkan kurikulum khusus yang memungkinkan seseorang memiliki keterampilan spesifik serta dibutuhkan dunia kerja seperti bahasa asing dan berbagai ilmu teknis.

 

Manfaat Kartu Prakerja untuk Para Lulusan SMA/SMK

 

Kartu Prakerja merupakan program baru pemerintah yang memungkinkan mereka yang telah lulus pendidikan formal untuk mendapatkan pelatihan kerja atau kursus online sebagai bekal tambahan memasuki dunia kerja. Untuk lulusan SMA/SMK, hal ini sangat cocok karena di usia yang terbilang masih muda, para rekruter biasanya mengandalkan kemampuan daripada lulusan SMA/SMK ini saat melamar kerja. Berikut adalah 3 manfaat Kartu Prakerja untuk kamu para lulusan SMA/SMK yang hendak bekerja:

 

1. Menajamkan keahlian dan memperkaya wawasan dari usia 18 tahun

 

Rentang usia pendaftar Kartu Prakerja yang berusia 18-24 tahun memungkinkan kamu yang berusia belasan mendapatkan pelatihan kerja atau kursus sesuai minat. Jangan takut, program ini pada pelaksanaannya diawasi pemerintah dan ketersediaan pelatihan kerja atau kursus ini sangat beragam sehingga tidak membuat bosan.

 

2. Meningkatkan kualitas dengan para lulusan SMA/SMK lain

 

Saat mencari pekerja atau karyawan, rekruter biasanya akan mencari apa yang menonjol dari seseorang. Saat kamu telah mengikuti berbagai pelatihan, berhasil lolos dan mendapatkan sertifikasi, tentu nilai jual kamu akan bertambah. Kamu akan terlihat berbeda karena kemampuan kamu yang kamu asah pada saat mengikuti pelatihan kerja atau kursus.

 

3. Mendapat dana insentif untuk kebutuhan sehari-hari

 

Bagi kamu para pendaftar resmi Kartu Prakerja, pemerintah akan memberikan bantuan dana insentif hingga 2,4 juta rupiah yang dapat digunakan untuk mengakses pelatihan kerja atau kursus di berbagai tempat secara offline maupun online. Kamu dapat memilih pelatihan kerja atau kursus apa yang kamu ingin ikuti dengan bantuan dana insentif yang telah diberikan.

Bantuan dana insentif ini nantinya akan masuk lewat para mitra pembayaran Kartu Prakerja yang ditunjuk oleh pemerintah, salah satunya LinkAja. Kemudahan transaksi di LinkAja, memungkinkan kamu melakukan banyak transaksi keuangan kapan saja dan di mana saja seperti pembelian pulsa dan data, pembayaran tagihan dan asuransi hingga transfer dan kirim uang cepat dan mudah ke semua bank.

Atur langkahmu #SiapDariSekarang dan dapatkan informasi lebih lengkap di situs https://www.prakerja.go.id/


Artikel Terkait

Kategori Lainnya