Gaya Hidup

10 Film Romantis Barat Terbaik yang Bakal Menguras Emosimu

Icon Calendar LinkAja19 Apr 2022

Image Artikel 10 Film Romantis Barat Terbaik yang Bakal Menguras Emosimu LinkAja
Sumber foto: Britannica.

Salah satu genre sinema yang terus laris sepanjang zaman adalah film romantis. Mulai dari tema yang ringan hingga berat, film romantis Barat sering kali relatable bagi penonton di seluruh dunia. Jadi, mudah bagi siapa pun menjadikan film romantis sebagai genre favoritnya.

 

Rekomendasi Film Romantis Barat Terbaik Sepanjang Masa

 

Nah, berikut daftar rekomendasi film romantis Barat terbaik sepanjang masa yang bisa membuat kamu senyum-senyum atau bahkan pilu membiru.

 

Baca juga: 10 Serial Netflix Terbaik dengan Rating Tertinggi

 

1. La La Land (2016)

 

Film romantis Barat yang dibintangi Emma Stone dan Ryan Gosling ini merupakan paket komplet. Dibalut dengan format musikal, La La Land menawarkan cerita, audio, dan visual yang menggugah.

 

Premisnya berpusat pada Mia yang terobsesi menjadi aktris, namun selalu gagal dan berujung harus tetap menjalani hidup mediocre-nya. Nasib mempertemukannya dengan Sebastian, seorang musisi kafe yang kehidupannya tidak jauh berbeda dari Mia. Dari situlah kisah mereka dimulai.

 

Berkat paket komplet yang ditawarkannya, film yang ditulis dan disutradarai Damien Chazelle ini banjir penghargaan. Di British Academy Film Awards, film ini memenangi penghargaan Best Film, Best Director, Best Actress in a Leading Role, Best Cinematography, dan Best Film Music.

 

Sementara di Academy Awards memenangi enam penghargaan. Terakhir di Golden Globe Awards, La La Land menyapu bersih penghargaan dalam nominasi yang diterimanya di tujuh kategori. Wajib banget nonton!

 

2. The Notebook (2004)

 

The Notebook sudah jadi menu wajib jika kamu ingin menghabiskan akhir pekan menonton film romantis terbaik. Film ini berkisah tentang Noah (Ryan Gosling) dan Allison Rachel McAdams.

 

Kisah cinta mereka tergambar dengan indah di film ini. Dijamin kamu akan merasakan naik turun emosi menonton film ini. Bahkan lebih sering kamu akan tersenyum geli melihat detail adegan kemesraan mereka.

 

3. Casablanca (1942)

 

Jika kamu ingin menonton nenek moyangnya film romantis Barat terbaik sepanjang masa, Casablanca bisa kamu cari. Film yang berkisah tentang Rick (Humphrey Bogart) dan Ilsa (Ingrid Bergman) ini merupakan film yang tak lekang oleh zaman.

 

Kisah cinta mereka yang sejati diuji karena dunia di sekitar mereka sedang dalam masa perang. Jangan kaget jika melihat akting mereka yang agak sedikit berlebihan karena pada masa itu, aktor film memang punya standar seperti itu.

 

Casablanca hingga kini masih dijadikan acuan oleh para sineas maupun mahasiswa yang mempelajari sinematografi karena dianggap melampaui zamannya.

 

4. Pride & Prejudice (2005)

 

Jika kamu pencinta sastra, tentu sudah tidak asing dengan karya Jane Austen. Nah, salah satu karyanya yang paling fenomenal, Pride & Prejudice, diangkat ke layar lebar pada 2005 lalu.

 

Film yang dibintangi Keira Knightley dan Matthew Macfadyen ini bakal mengocok emosimu. Mulai dari cinta yang tak tersampaikan, terbentur strata sosial, hingga fitnah yang berujung petaka.

 

5. Titanic (1997)

 

Sebuah melodrama terpenting dalam sejarah manusia, Titanic jadi film romantis Barat terbaik selanjutnya yang wajib kamu tonton.

 

Film yang disutradarai James Cameron ini terinspirasi dari kisah nyata Titanic, kapal pesiar megah yang berakhir tragis di lautan. Kisahnya dituturkan lewat sudut pandang Jack (Leonardo DiCaprio) dan Rose (Kate Winslet).

 

Kisah cinta beda kasta ini harus dipisahkan oleh maut. Untuk proyeknya ini, seperti biasa, James Cameron tidak pernah main-main. Demi mendukung eksplorasi kapal Titanic yang asli, Cameron membangun kapal selam yang pernah memegang rekor penyelaman terdalam di dunia.

 

Baca juga: 10 Drama Korea Kerjaan Terbaik yang Dibintangi Artis Favorit Kamu

 

6. The Shape of Water (2017)

 

Jika kamu mencari film romantis terbaik yang tidak biasa, film ini bisa jadi pilihan. The Shape of Water keluar dari stereotipe film romantis kebanyakan dengan menampilkan kisah cinta Elisa (Sally Hawkins).

 

Elisa merupakan gadis bisu yang jadi petugas kebersihan di sebuah laboratorium rahasia pemerintah di Baltimore. Kehidupannya berubah setelah dia menemukan bahwa di lab tersebut ada makhluk mirip ikan setengah manusia. Di situlah kisah romansa mereka dimulai.

 

Film ini agak nyeleneh karena disutradarai Guillermo del Toro yang memang terkenal dengan imajinasi liarnya, terutama saat menampilkan berbagai makhluk tak lazim di film-filmnya.

 

7. Romeo + Juliet (1996)

 

Siapa yang tidak kenal tokoh rekaan Shakespeare yang jadi representasi cinta tak sampai ini? Romeo Juliet yang diperankan dengan apik oleh Leonardo DiCaprio dan Claire Danes ini merupakan film romantis Barat terbaik yang wajib kamu tonton setidaknya sekali seumur hidup.

 

Kisah cinta mereka terhalang oleh dua keluarga dan harus berakhir tragis, sama seperti drama yang ditulis Shakespeare.

 

8. Carol (2015)

 

Film romantis Barat ini juga punya cerita yang tidak biasa. Dikisahkan Therese Belivet (Rooney Mara) bertemu dengan Carol (Cate Blanchett) yang sedang mengamati manekin di sebuah toko baju.

 

Pertemuan tersebut menuntun mereka pada kisah cinta mereka. Namun, seperti sudah bisa ditebak, kisah cinta mereka harus ditebus dengan konsekuensi yang mahal.

 

Berkat cerita dan akting kedua tokoh utamanya, film ini kebanjiran nominasi. Namun, sayang di Oscar mereka tidak berhasil memboyong pulang satu pun piala.

 

9. Before Midnight (2013)

 

Jadi penutup dari trilogi Before, film ini tentu harus masuk daftar film romantis Barat terbaik sepanjang masa.

 

Film yang disutradarai Richard Linklater ini berkisah tentang cinta, pernikahan, dan komitmen jangka panjang.

 

Namun, harus diingat film ini sarat dengan obrolan atau sekarang lebih populer disebut deep talk. Bukan untuk semua orang, namun layak dijadikan pertimbangan mengingat franchise ini sudah jadi cult movie.

 

10. Moonrise Kingdom (2012)

 

Tidak pernah dengar? Oke, film ini disutradarai Wes Anderson dan ditulis oleh Roman Coppola, dua nama besar dalam industri film dunia.

 

Film romantis Barat ini jarang direkomendasikan di Indonesia. Oleh karena itu, kamu beruntung melihat film ini dalam daftar LinkAja yang #Apa2Bisa.

 

Kisahnya diambil dari sudut pandang anak kecil berusia 12 tahun, yaitu Suzy dan Sam. Ceritanya hangat, ringan, dan dijamin bikin senyum-senyum sendiri. Mereka kabur dari kota tempat tinggal mereka di New England dan langsung bikin geger.

 

Film ini juga bertabur bintang, seperti Bruce Willis, Bill Murray, Edward Norton, Tilda Swinton, dan Jason Schwartzman.

 

Setiap cerita romansa di atas akan meninggalkan kesan mendalam setelah menontonnya, entah itu membuat kamu senyum-senyum sendiri atau malah overthinking semalaman. Eh, tapi buat bayar situs streaming andalan kamu nggak perlu sampai overthinking nih karena dengan LInkAja kamu bisa membayar langganan situs streaming favorit dengan mudah dan praktis.

 

Baca juga: 15 Daftar Anime Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

 

Yuk PeDe #Apa2Bisa Pakai LinkAja!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya