Keuangan

5 Cara Mudah Cek Tagihan Rekening Listrik

Icon Calendar LinkAja30 Mar 2022

Image Artikel 5 Cara Mudah Cek Tagihan Rekening Listrik LinkAja

Memiliki sambungan listrik di tempat tinggal atau tempat usaha bisa dilakukan dengan dua metode, yakni pascabayar dan prabayar. Dengan metode prabayar, kamu bisa membeli token dengan jumlah tertentu, lalu dimasukkan ke dalam meteran, sementara dengan metode pascabayar, kamu membayar dulu dan akan membayar rekening listrik ketika di awal bulan sesuai penggunaan.

Sebelum era digital, pengecekan dan pembayaran tagihan rekening listrik hanya dapat dilakukan secara langsung di agen atau kantor PLN. Di tanggal-tanggal tertentu, antrian di tempat pembayaran akan mengular dan sekadar untuk membayar saja dapat menghabiskan banyak waktu. Untuk itu, era digital memudahkan kita untuk melakukan cek tagihan rekening listrik serta pembayaran secara online. Selain praktis, pembayaran digital juga menawarkan fleksibilitas bagi pelanggan PLN dalam melakukan pembayaran dimanapun dan kapanpun tanpa perlu lagi mengantri berjam-jam hanya untuk melakukan pembayaran.

Cek Tagihan Rekening Listrik untuk memastikan berapa jumlah penggunaan listrik kamu sebulan terakhir, sebelum membayar terdapat 5 cara mudah cek tagihan rekening listrik PLN, yakni:

Baca juga: 5 Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN

 

1. Cek Tagihan Listrik via Aplikasi PLN Mobile

 

·         Download dan install aplikasi “PLN Mobile”. Pengguna Apple bisa mendownload di App Store dan pengguna Android di Play Store.

·         Buka aplikasi

·         Klik “Informasi” pada tab “Menu”

·         Klik “Informasi Tagihan dan Token Listrik”

·         Masukkan ID Pelanggan atau nomor meteran

·         Klik “Cari” dan temukan tagihan rekening listrik kamu

 

2. Cek Tagihan Listrik via Email PLN

 

·         Tulis nomor ID pelanggan kamu lalu email ke pln123@pln.co.id untuk menerima balasan berupa informasi tagihan rekening listrik.

 

3. Cek Tagihan Listrik via Telepon

 

·         Hubungi call center PLN di (kode area)+123. Persiapkan nomor pelanggan sebelum menelepon untuk cek tagihan listrik via telepon. Pengecekan tagihan rekening listrik via telepon dapat dilakukan sepanjang hari karena pelayanannya 24 jam dan dikenakan tarif telepon normal.

 

4. Cek Tagihan Listrik via SMS

 

·       Cek tagihan listrik bulanan: Kirim SMS dengan format REK(spasi)No. ID Pelanggan. Kirim ke 8123.

·       Berlangganan informasi tagihan listrik untuk mendapatkan informasi tagihan listrik secara rutin: Kirim SMS dengan format PLN(spasi)ON(spasi)No. ID Pelanggan lalu kirim ke 8123.

·      Untuk berhenti berlangganan, kirim SMS dengan format PLN(spasi)OFF(spasi)No. ID Pelanggan lalu kirim ke 8123.

 

5. Cek Tagihan dan Bayar Listrik via LinkAja

1.       Jika belum punya, download dan install aplikasi LinkAja pada smartphone kamu di App Store untuk pengguna Apple atau Play Store untuk pengguna Android

2.       Jika belum punya, buat akun terlebih dahulu dan verifikasi melalui email

3.       Buka aplikasi LinkAja

4.       Cari menu “Listrik” di aplikasi LinkAja

5.       Pilih menu “PLN Postpaid”

6.       Input ID Pelanggan pada kolom yang tersedia kemudian klik “Lanjutkan”

7.       Informasi terkait data listrik serta tagihan rekening listrik kamu akan muncul di layar

8.       Jika kamu ingin lanjut melakukan pembayaran, langsung lakukan di aplikasi LinkAja

9.       Klik tombol “Konfirmasi”

10.   Bila pembayaran berhasil dilakukan, kamu akan memperoleh bukti transaksi pembayaran listrik dari aplikasi LinkAja.

Tidak sekadar cek rekening listrik online, melalui LinkAja kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan rekening listrik pascabayar atau membeli token listrik prabayar. Nikmati potongan atau cashback jika bertransaksi menggunakan LinkAja. Dengan LinkAja, kamu juga bisa melakukan investasi, berdonasi, maupun bertransaksi finansial lainnya baik harian maupun bulanan.

Dapatkan promo menarik jika berbelanja di merchant-merchant yang bekerja sama dengan LinkAja. Jangan lewatkan berbagai penawaran promo dari LinkAja yang bisa kamu cek di aplikasi, maupun situs resmi atau media sosial di Instagram @LinkAja.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya