16 November 2020

5 Cara Gampang Mengetahui ID Pelanggan PLN

Bagi pengguna listrik pascabayar atau listrik token PLN (listrik prabayar) pasti sudah sangat familiar dengan ID pelanggan PLN. Pasalnya, nomor ini digunakan untuk mengetahui tagihan listrik yang harus dibayar tiap bulannya atau jumlah token yang tersisa.

Tapi terkadang, kamu bisa kehilangan atau mungkin lupa dengan ID PLN yang dimiliki tersebut.  Tak perlu panik karena ada 5 cara mengetahui ID pelanggan PLN yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak informasinya berikut ini!

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Manual

Ada beberapa cara mengetahui ID Pelanggan PLN manual yang bisa kamu lakukan, yakni antara lain:

Lihat Pada Struk PLN

Cara mengetahui ID pelanggan PLN manual yang pertama adalah dengan melihat dari struk pembayaran yang diperoleh setelah membayar tagihan listrik. Pada struk pembayaran tersebut biasanya terdapat nomor ID pelanggan listrik kamu.

Lewat Meteran PLN

Selanjutnya cara mengetahui ID Pelanggan PLN manual yang juga bisa dilakukan adalah dengan melihat di meteran listrik yang ada di rumah kamu. Coba periksa barcode dalam meteran tersebut. Biasanya di bawah barcode tertera 11 hingga 12 digit angka yang menjadi ID pelanggan PLN.

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Online

Bila kamu ingin yang lebih praktis bisa lakukan cara mengetahui ID Pelanggan PLN online berikut ini.

Website Resmi PLN

Cara mengetahui ID pelanggan PLN online yang pertama bisa melalui website resmi milik PLN di https://portal.pln.co.id/. Untuk mengetahui ID PLN, kamu perlu tahu nama pemilik rekening listrik yang ingin dicari tahu nomor ID pelanggannya. Bisa jadi kan kamu membantu saudara atau teman untuk mengecek ID PLN mereka.

Bila sudah mengetahui namanya, masukkan nama tersebut. Bila informasinya sudah muncul, kamu sebaiknya cocokkan dulu data yang ada apakah sesuai atau tidak. Bila sudah sesuai, kamu bisa menulis nomor ID PLN yang muncul di data tersebut.

Dari Struk Pembayaran e-Commerce

Sekarang kamu juga bisa membayar listrik melalui beberapa e-Commerce. Bila sudah melakukan melakukan pembayaran melalui e-Commerce yang bekerjasama dengan PLN, kamu biasanya akan memperoleh struk bukti pembayaran listrik yang dilampirkan secara online melalui email pribadi. Di dalam struk tersebut, tertera nomor ID listrik kamu.

Akses Lewat Aplikasi PLN

Satu lagi cara mengetahui ID pelanggan PLN online bisa dilakukan melalui aplikasi PLN. Jika belum memilikinya kamu bisa mengunduhnya terlebih dulu di App Store untuk pengguna iOS. Sementara untuk pengguna Android bisa diunduh di Play Store. Di aplikasi PLN kamu bisa melihat informasi terkait listrik yang digunakan, seperti jumlah pemakaian listrik, nama pemilik rekening, nomor ID pelanggan, dan biaya tagihan listrik.

Baca juga: Bayar Tagihan Listrik Jadi Lebih Mudah, Begini Caranya

Bayar Tagihan Listrik PLN Secara Praktis Menggunakan Aplikasi LinkAja

Setelah paham cara mengetahui ID pelanggan PLN yang ternyata cukup mudah, sekarang bayar listrik juga semakin praktis karena ada berbagai metode pilihan bayar secara online. Salah satu yang bisa dipilih adalah menggunakan aplikasi LinkAja. 

Pertama, pastikan download dan instal aplikasi LinkAja pada smartphone kamu. Jika belum memiliki aplikasinya unduh terlebih dulu di App Store untuk pengguna smartphone iOS atau Play Store untuk pengguna smartphone Android.

Jangan lupa buat akun dan cukupi saldo di akun LinkAja untuk membayar tagihan listrik. Bila semua sudah dilakukan, baik beli token listrik maupun bayar tagihan listrik pascabayar bisa dilakukan.

Bila ingin membayar tagihan listrik bulanan pascabayar dengan aplikasi LinkAja bisa dilakukan dengan cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi LinkAja
  2. Cari menu Listrik yang ada di halaman depan aplikasi
  3. Pilih menu PLN Postpaid
  4. Input ID Pelanggan pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Lanjutkan
  5. Cek apakah informasi terkait data listrik kamu yang tertera pada layar HP sudah benar
  6. Bila sudah benar semua, lakukan pembayaran
  7. Tekan tombol Konfirmasi
  8. Bila pembayaran berhasil dilakukan, kamu akan memperoleh bukti transaksi pembayaran listrik dari aplikasi LinkAja

Sementara untuk melakukan pembelian token listrik di LinkAja bisa dengan mengikuti cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi LinkAja
  2. Cari menu Listrik yang terdapat di halaman depan aplikasi
  3. Pilih menu PLN Prepaid
  4. Tentukan nominal token yang ingin dibeli
  5. Kemudian lakukan pembayaran

Itu tadi informasi soal cara mengetahui ID pelanggan PLN dan membayar dengan aplikasi LinkAja. Tak jarang aplikasi LinkAja juga menyediakan berbagai promo menarik. Jangan sampai terlewat informasi promonya yang bisa dilihat di situs resminya atau media sosialnya di Instagram @LinkAja ya yang memang #LengkapnyaUntukSemua.

Baca juga: Panduan Mudah Cek Tagihan PDAM Melalui Sistem Online

Bagikan artikel ini :