Gaya Hidup

Begini Cara Menggunakan ChatGPT, Program AI Cerdas yang Memudahkan Pekerjaan

Icon Calendar LinkAja12 Apr 2023

Image Artikel Begini Cara Menggunakan ChatGPT, Program AI Cerdas yang Memudahkan Pekerjaan LinkAja
Shutterstock

Perkembangan teknologi kini semakin pesat. Salah satu teknologi yang berkembang pesat dan banyak diadopsi di berbagai sektor adalah artificial intelligence .

Salah satu program berbasis AI yang melejit tahun ini adalah ChatGPT. ChatGPT merupakan produk dari perusahaan teknologi OpenAI. Dirilis pada 30 November 2022, ChatGPT langsung mendapatkan 100 juta pengguna pada Januari 2023, menjadikannya aplikasi dengan pertumbuhan pengguna tercepat di dunia.

ChatGPT hampir berguna untuk apa pun dan punya hasil yang lebih komprehensif dibandingkan mesin pencarian biasa. Nah, simak penjelasan apa itu ChatGPT, cara menggunakan ChatGPT dan cara kerja ChatGPT berikut ini.

Baca juga: Cara Daftar Tiktok Affiliate dan Dapat Komisi dari Membuat Konten

Apa Itu ChatGPT?

ChatGPT adalah sebuah program chatbot yang berbasis pada teknologi machine learning yang menggunakan model bahasa besar bernama GPT-3.5. Program ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan tanggapan yang sangat realistis dan kontekstual terhadap pertanyaan dan permintaan yang diberikan oleh pengguna. 

Cara Kerja ChatGPT

Dikutip dari situsnya, ChatGPT didesain untuk menggunakan model bahasa algoritma untuk menghasilkan tanggapan yang alami dan kontekstual dalam bahasa natural. Untuk melakukan hal ini, program ini menggunakan beberapa teknik machine learning seperti transfer learning dan neural networks.

Pertama-tama, ChatGPT menggunakan transfer learning untuk memanfaatkan model bahasa yang sudah ada dan sudah terlatih. Model bahasa seperti GPT-3 yang terdiri dari miliaran parameter, sudah dilatih menggunakan korpus data yang sangat besar, dan telah diprogram untuk mempelajari aturan-aturan dan struktur bahasa natural sehingga bisa menghasilkan teks yang mirip dengan manusia.

Selanjutnya, ketika pengguna memberikan input atau pertanyaan ke ChatGPT, program ini akan menganalisis teks tersebut dan mencari pola-pola dan struktur bahasa untuk menghasilkan tanggapan yang cocok dengan konteks. 

Dalam hal ini, ChatGPT menggunakan teknik neural networks untuk menghubungkan setiap input dengan output yang cocok. Neural networks adalah sebuah sistem pemrosesan data yang terinspirasi dari struktur otak manusia, yaitu setiap input akan diproses oleh beberapa layer atau lapisan yang bertanggung jawab untuk mempelajari pola dan struktur data. Setelah melalui beberapa layer, input akan diproses dan menghasilkan output yang sesuai.

Baca juga: 6 Cara Mudah Mulai Mendapatkan Passive Income

Cara Menggunakan ChatGPT

Untuk menggunakan ChatGPT, kamu hanya perlu membuka aplikasi atau website di alamat chat.openai.com. Kamu bisa mendaftar menggunakan alamat email atau Microsoft account.

Setelah masuk, kamu bisa mulai mengetikkan input atau pertanyaan yang ingin diajukan. Setelah itu, ChatGPT akan mengolah input tersebut dan menghasilkan tanggapan yang sesuai dengan konteks.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan ChatGPT. Berikut adalah beberapa contoh cara penggunaan ChatGPT:

1. Tanya jawab umum

ChatGPT dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan umum seperti "Apa itu Covid-19?" atau "Siapa Elon Musk?". Pengguna hanya perlu mengetikkan pertanyaan tersebut, dan ChatGPT akan mencoba untuk menghasilkan jawaban yang sesuai dengan konteks.

2. Bantuan dalam pemesanan atau penjualan

ChatGPT dapat digunakan dalam konteks bisnis, seperti dalam pemesanan atau penjualan produk. Pengguna bisa menanyakan informasi produk, harga, atau ketersediaan stok kepada ChatGPT, dan ChatGPT akan mencoba untuk memberikan tanggapan yang sesuai dengan pertanyaan tersebut.

Baca juga: Tren Baju Lebaran 2023 untuk Wanita dan Pria, Ketahui Pilihan Warna yang Tepat

 

3. Konsultasi medis atau kesehatan

ChatGPT juga dapat digunakan untuk memberikan konsultasi medis atau kesehatan. Pengguna bisa menanyakan gejala atau kondisi kesehatan tertentu kepada ChatGPT, dan program ini akan mencoba untuk memberikan informasi atau saran yang relevan. Namun, tetap ini sebagai acuan saja, ya. Untuk diagnosis yang lebih tepat, konsultasikan ke dokter.

4. Konseling atau dukungan psikologis

ChatGPT juga dapat digunakan untuk memberikan dukungan psikologis atau konseling. Pengguna bisa menanyakan masalah atau keluhan yang sedang dialami, dan ChatGPT akan mencoba untuk memberikan dukungan atau saran yang sesuai.

Tips Menggunakan ChatGPT

Berikut beberapa tips agar penggunaan ChatGPT lebih optimal untuk menemukan apa yang kamu cari.

1. Gunakan pertanyaan yang jelas dan spesifik

Agar ChatGPT bisa memberikan tanggapan yang relevan, pengguna perlu mengajukan pertanyaan yang jelas dan spesifik. Hindari pertanyaan yang terlalu umum atau ambigu karena hal ini bisa membuat ChatGPT kesulitan untuk memberikan tanggapan yang sesuai.

2. Gunakan bahasa natural dan sopan

ChatGPT dirancang untuk memahami bahasa natural. Jadi, gunakan bahasa natural dan sopan saat mengajukan pertanyaan atau permintaan. Hindari penggunaan kata-kata kasar atau tidak sopan karena hal ini bisa menghasilkan tanggapan yang tidak relevan atau tidak pantas.

Baca juga: 8 Rekomendasi Isi Hampers Lebaran 2023

3. Tanya ChatGPT dengan beberapa metode pertanyaan

Setiap chatbot, termasuk ChatGPT, memiliki keterbatasan dalam pemahaman dan menghasilkan tanggapan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menguji ChatGPT dengan beberapa pertanyaan mengenai satu subjek sebelum menggunakan jawaban tersebut untuk berbagai kebutuhan. Cek silang juga dengan sumber lain agar faktanya tidak meleset.

 

Nah, itu dia cara menggunakan ChatGPT, cara kerja ChatGPT, dan tips menggunakan ChatGPT yang wajib kamu tahu. Kalau ChatGPT bisa menjawab apa saja, LinkAja bisa dipakai untuk transaksi apa pun karena LinkAja #Apa2Bisa. Isi saldo LinkAja kamu untuk berbagai transaksi.

Yuk, buruan download aplikasi LinkAja dari Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone melalui link di bawah ini:

 

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya