07 January 2021

6 Cara Mudah Mulai Mendapatkan Passive Income di 2021

Passive income merupakan pendapatan yang diperoleh tanpa melibatkan peran aktif seseorang di dalam kegiatan tersebut. Atau dengan kata lain kamu bisa mendapatkan pemasukan saat sedang tidak aktif bekerja. Namun, untuk mendapatkan passive income kamu harus melakukan sesuatu dengan menyisihkan tenaga dan waktu terlebih dulu.

Selain waktu dan tenaga, kamu pun memerlukan kesabaran dan konsisten karena terkadang butuh waktu yang tidak sebentar untuk menunggu passive income yang kamu jalankan akan menghasilkan.

Memperoleh Royalti dari Karya yang Dihasilkan

Karya yang kamu buat seperti buku, lagu, film, atau bidang kreatif lainnya bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai passive income. Uang yang diperoleh berasal dari royalti atau menjual hak cipta karya yang kamu buat. Sebagai contoh, seorang penulis biasanya mendapatkan rata-rata royalti 10% dari harga jual buku.

Menyediakan Sewa Properti

Cara mendapatkan passive income di tahun 2021 selanjutnya adalah menyediakan sewa properti. Bila kamu memiliki hunian yang masih layak huni dan tidak ditempati, lebih baik sewakan saja agar bisa menjadi sumber passive income.

Salah satu tips memulainya dengan menentukan target pasar. Sebagai contoh, kost-kostan untuk mahasiswa dan pekerja kantoran atau kontrakan yang dibuat untuk pasangan suami istri yang bekerja di pinggiran kota.

Memasang Iklan di Blog

Memiliki label sebagai ‘blogger’ pasti memiliki kebanggaan tersendiri. Apalagi bisa menghasilkan passive income dari tulisan berkualitas yang dibuat. Untuk mendapatkan uang dari blog, bisa dilakukan dengan memasang iklan dari setiap postingan dengan mendaftarkan di Google AdSense. Keuntungan yang diperoleh berasal dari kunjungan yang dilakukan orang yang mengklik iklan di postingan kamu.

Baca juga: 7 Peluang Bisnis yang Menguntungkan Saat Pandemi

Menjadi Kontributor Foto

Punya skill fotografi dan smartphone atau kamera yang mumpuni? Kamu bisa memanfaatkan modal-modal tersebut untuk menghasilkan foto yang bagus dan menjualnya di internet seperti di platform Shutterstock atau iStock.

Biasanya orang suka membutuhkan foto tambahan untuk konten yang mereka buat. Sekadar saran, agar foto yang kamu hasilkan bisa menarik perhatian orang untuk membelinya, pastikan foto yang dihasilkan memiliki topik yang jelas, serta menyasar keyword yang sesuai dengan suatu topik.

Melakukan Monetisasi YouTube

Profesi YouTuber sekarang juga sudah menjanjikan karena kamu bisa memperoleh uang dari berbagai sumber pendapatan dari YouTube, misalnya keuntungan iklan atau program YouTube Premium. Yang perlu dilakukan adalah kamu perlu mendaftar ke YouTube AdSense, menentukan tema channel, cari tahu target audience, dan buat video yang bermanfaat untuk penonton, dan pelajari YouTube Analytics.

Melakukan Investasi

Pilihan passive income selanjutnya, yakni melakukan investasi seperti reksadana. Yang dimaksud dengan reksadana adalah mengalokasikan sejumlah uang untuk dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke berbagai pos seperti pasar uang atau saham.

Untuk memulai reksadana juga tidak sulit karena sekarang sudah banyak dilakukan secara online. Selain itu, untuk membayar atau membeli reksadana juga bisa dilakukan melalui aplikasi seperti LinkAja. Aplikasi ini bekerjasama dengan Mandiri Investasi melalui aplikasinya bernama Moinves serta bermitra dengan aplikasi reksadana Bibit.id.

Bukan hanya itu, melalui LinkAja kamu bisa bertransaksi secara online atau offline di berbagai merchant yang sudah bekerja sama dengan LinkAja, tagihan listrik atau beli token listrik, membayar tagihan BPJS Kesehatan & BPJS Ketenagakerjaan, tagihan Pegadaian, membeli pulsa, tagihan telepon dan TV berlangganan, kirim uang, donasi.

Untuk memanjakan penggunanya pun, LinkAja sering mengadakan promo menarik yang sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa mengecek berbagai promo dari LinkAja di sini. Yuk, download segera aplikasi LinkAja di Apple Store atau Google Play ya!

Baca juga: Ubah Kebiasaanmu, Berikut Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :