Keuangan

7 Cara Mudah Mendapatkan Bitcoin Tanpa Harus Mining

Icon Calendar LinkAja3 Jan 2023

Image Artikel 7 Cara Mudah Mendapatkan Bitcoin Tanpa Harus Mining LinkAja
Pexels/Karolina Grabowska

Sebagai salah satu mata uang cryptocurrency, Bitcoin masih dipercaya sebagai coin dengan value yang berpotensi meningkat pada masa yang mendatang. Tak heran jika coin yang satu ini masih menjadi buruan para investor cryptocurrency. Salah satu cara mendapatkan Bitcoin adalah dengan melakukan mining yang membutuhkan perangkat yang mahal dan waktu yang cukup lama.

Namun, sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan Bitcoin tanpa harus melakukan mining. Ingin tahu caranya? Simak terus penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Catat! 5 Game Penghasil Uang yang Dibayar Pakai Bitcoin

Pengertian Bitcoin

Nama Bitcoin mulai dikenal sebagai uang digital sejak tahun 2009 dan untuk pertama kalinya diperjualbelikan pada tahun 2010 dengan sistem barter. Transaksi dengan Bitcoin ini bersifat terdesentralisasi yang artinya melibatkan dua orang tanpa melibatkan bank, pemerintah atau lembaga keuangan lainnya.

Setiap transaksi yang terjadi bisa dilacak di blockchain yang fungsinya hampir sama dengan buku catatan perbankan. Namun, tidak seperti buku catatan bank, blockchain pada cryptocurrency dibagikan ke seluruh jaringan dan bisa diakses setiap orang.

Sejak dikenal pada tahun 2009, harga satu Bitcoin saat ini telah mencapai ratusan juta rupiah, bahkan pada saat puncaknya pernah mencapai angka miliaran rupiah.

Cara Mendapatkan Bitcoin tanpa Mining

Berkat kepopulerannya di dunia internet, Bitcoin sering kali dijadikan sebagai alat pembayaran untuk pekerjaan-pekerjaan atau bahkan gimmick dari website-website tertentu. Berikut adalah cara-cara mendapatkan Bitcoin tanpa harus mining yang bisa kamu lakukan.

1. Membeli Bitcoin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Bitcoin bisa diperjualbelikan di antara dua pihak tanpa harus melalui perantara lembaga keuangan. Kamu bisa membelinya di salah satu platform jual beli aset crypto yang telah terdaftar di Bappebti. Cara pembayarannya pun bisa dengan berbagai cara, mulai dari transfer, kartu kredit atau dengan metode lain yang disediakan oleh platform yang kamu pilih.

Cara ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan, tapi memiliki risiko yang cenderung tinggi. Kenapa tinggi? Karena, nilai dari aset crypto ini cenderung tidak stabil, bisa tiba-tiba tinggi, bisa juga tiba-tiba nilainya jatuh. Oleh karena itu, orang-orang yang berinvestasi pada Bitcoin biasanya memiliki tujuan investasi jangka panjang dan menggunakan “uang dingin.”

Baca juga: 15 Cara Menghasilkan Uang dari Hp yang Aman dan Mudah

2. Bunga dari aset crypto

Setelah mendapatkan Bitcoin, kamu bisa menghasilkan bunga dari tabungan Bitcoin yang dimiliki. Beberapa pertukaran crypto memungkinkan kamu untuk mendapatkan bunga dari kepemilikan cryptocurrency. Sistemnya adalah dengan meminjamkan Bitcoin yang dimiliki kepada peminjam institusional dengan bunga berkisar antara 7,4-7,5% APY.

Namun, meminjamkan aset crypto ini memiliki risiko lainnya di luar dari risiko awal investasi crypto yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu, kamu perlu membaca persyaratannya dengan seksama sebelum melakukan hal ini. Platform yang bisa digunakan untuk mendapatkan bunga dari aset Bitcoin yang dimiliki adalah BlockFi dan Gemini Earn.

3. Faucet Crypto

Cara kedua adalah dengan menggunakan Faucet Crypto. Faucet Crypto adalah situs, platform, atau aplikasi penyedia crypto secara gratis sebagai hadiah setelah menyelesaikan tugas-tugas sederhana. Awalnya, faucet ini digunakan sebagai salah satu metode pengenalan terhadap cryptocurrency saat baru diperkenalkan.

Faucet crypto ini akan memberikan sejumlah crypto secara gratis sebagai imbalan bagi mereka yang menyelesaikan kuis, kode captcha, menonton iklan, bermain game, dan yang lainnya. Semakin rumit tugas yang diberikan, akan semakin besar pula imbalan crypto yang diberikan.

Beberapa situs faucet yang terkenal antara lain adalah FreeBicto.in, BonusBitcoin, MoreMoney.io, dan yang lainnya.

4. Bermain game online

Buat yang suka bermain game online, beberapa pengembang game online juga akan memberikan Bitcoin secara gratis kepada pemainnya. Namun, game yang akan dimainkan biasanya akan memuat banyak iklan di dalamnya. Berikut adalah beberapa game online yang bisa dimainkan untuk mendapatkan Bitcoin: Money Whale, Bitcoin Pop, Bitcoin Solitaire, dan yang lainnya.

Baca juga: 7 Game Offline Android Paling Seru

5. Pekerjaan online bayaran Bitcoin

Cara lainnya adalah dengan melakukan pekerjaan secara online di website-website tertentu dengan bayaran Bitcoin. Pekerjaan yang dilakukan ini bervariasi, mulai dari menguji kestabilan situs perusahaan, mengisi survei, posting di media sosial, dan tugas-tugas sederhana lainnya. Salah satu website yang menyediakan ini adalah Cointiply.

6. Menyediakan informasi seputar cryptocurrency

Publikasi menjadi hal yang penting dalam memasarkan sesuatu, termasuk juga cryptocurrency. Oleh karena itu, pada awal peluncurannya banyak perusahaan crypto yang menyediakan platform berupa blog atau forum untuk menghadirkan informasi seputar industri ini dengan sistem komunitas. Siapapun bisa menulis tentang cryptocurrency di sana dengan bayaran aset crypto.

Beberapa forum ternama seperti Publish0x memberi penghargaan kepada penggunanya karena membaca dan menulis konten yang bertemakan Bitcoin dan cryptocurrency.

7. Ikut program referral

Beberapa aplikasi investasi menghadirkan program referral yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan Bitcoin secara gratis. Kamu bisa mengajak teman untuk mulai berinvestasi di platform jual beli aset crypto dan menggunakan kode referral yang kamu miliki. Program referral ini akan menguntungkan dua belah pihak karena bisa mendapatkan Bitcoin, diskon, poin atau promo lainnya dari pihak platform.

Baca juga: 6 Investasi Jangka Pendek dan Panjang yang Menguntungkan

 

Cara-cara di atas saat ini masih sering dilakukan oleh para investor crypto untuk mendapatkan Bitcoin secara gratis. Jumlahnya memang tidak besar, tapi setidaknya bisa menambahkan tabungan aset digital yang dimiliki tanpa harus melakukan mining. Tertarik untuk mulai mencobanya?


Artikel Terkait

Kategori Lainnya