30 September 2020

5 Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang yang Menguntungkan

Investasi menjadi salah satu kegiatan finansial yang bertujuan memberikan keuntungan untuk masa depan. Saat ini sudah banyak orang yang mulai melirik investasi. Jenisnya sendiri ada banyak, kamu bisa memilih sendiri sesuai tujuan dan kemampuan finansial yang dimiliki.

Investasi yang banyak dikenal masyarakat ada dua jenis, yakni investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Di bawah ini ada beberapa jenis investasi jangka pendek dan jangka panjang yang bisa kamu pilih.

Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek adalah jenis investasi yang jangka waktunya hanya berkisar satu tahun. Untuk investasi ini juga cukup kecil dan biasanya memiliki nilai yang kenaikannya konsisten, tetapi tidak terlalu besar jumlahnya. Maka dari itu, investasi jangka pendek sering direkomendasikan bagi kamu yang baru mau memulai melakukan investasi. Berikut contoh investasi jangka pendek yang bisa dipilih.

Deposito Bank

Salah satu investasi jangka pendek yang paling mudah dilakukan dan memiliki risiko yang kecil adalah deposito berjangka. Kamu bisa menyimpan uang di bank dalam jangka waktu tertentu dan nilai investasi diperoleh dari nilai bunga per bulannya. Bunga yang biasanya diberikan 4-8% per tahunnya.

Biasanya bunga yang diperoleh cenderung lebih tinggi dibandingan bunga tabungan biasa. Pilihan jangka waktu yang tersedia biasanya 3 bulan, 6 bulan, hingga satu tahun. Namun, dalam jangka waktu yang sudah ditentukan tersebut kamu tidak boleh mengambil uang tersebut sebelum masa berlakunya habis. Ada penalti bila kamu mengambilnya sebelum waktu yang ditentukan, yakni harus membayar denda.

Baca Juga: Ini Cara dan Pilihan Investasi yang Cocok untuk Milenial

Peer to Peer Lending

Peer-to-peer Lending juga salah satu pilihan investasi jangka pendek. Investasi yang sering disingkat P2P Lending ini memiliki mekanisme jika kamu berperan sebagai pihak yang memberi pinjaman untuk suatu usaha.

Keuntungan yang diperoleh datang dari suku bunga pinjaman. Investasi P2P lending biasanya sesuai bagi orang yang tidak hanya ingin berinvestasi, namun ingin membantu orang lain. Dengan melakukan investasi di P2P Lending kamu bisa membantu ekonomi UMKM Indonesia.

Reksa Dana

Satu lagi yang termasuk dalam investasi jangka pendek adalah reksa dana. Ini merupakan investasi yang mengumpulkan uang dari investor. Uang tersebut nantinya akan dikelola oleh manajer investasi. Reksa dana juga termasuk investasi yang mudah pendaftarannya, top up dananya, dan tidak ada pajaknya. 

Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang adalah jenis investasi yang jangka waktunya lebih dari satu tahun. Tujuan investasi jangka panjang, yakni untuk mendapatkan penghasilan pasif, baik dalam bentuk bunga, uang sewa, deviden, serta royalti di setiap periode. Berikut contoh investasi jangka panjang yang bisa dipilih.

Bangunan dan Tanah

Jika kamu sedang berencana untuk melakukan investasi jangka panjang, properti seperti bangunan dan tanah bisa jadi referensi. Dua jenis investasi jangka panjang ini cenderung memberikan keuntungan yang besar dan kemungkinan risiko yang lebih kecil. Pasalnya, setiap tahun tanah dan bangunan memiliki nilai jual semakin tinggi. Meski demikian, perlu dipahami jika investasi ini memerlukan modal yang besar.

Emas Batangan

Terakhir, ada emas batangan yang bisa kamu manfaatkan sebagai media investasi jangka pendek dan jangka panjang. Kelebihan emas batangan antara lain mudah dicairkan, dapat digunakan sebagai tabungan darurat karena kemudahannya tadi, harganya yang cenderung stabil, serta bisa kamu mulai bahkan dengan modal terbatas.

Itu tadi apa saja pilihan investasi jangka pendek dan jangka panjang yang bisa kamu pilih. Jika kamu memilih untuk melakukan investasi jangka pendek reksa dana, kamu bisa melakukan pembayarannya menggunakan aplikasi LinkAja.

 

Saat ini LinkAja bekerjasama dengan Mandiri Investasi, untuk memberikan metode pembayaran reksa dana di aplikasi Mandiri Investasi yang dinamakan Moinves.

Selain pembayaran reksa dana, di LinkAja kamu bisa membeli pulsa, membayar BPJS, tagihan telepon dan TV berlangganan, tagihan listrik atau beli token listrik, donasi, kirim uang, serta bertransaksi secara online atau offline di merchant yang sudah bekerja sama dengan LinkAja.

Bagaimana cukup mudah mudah, bukan?

 

Bagikan artikel ini :