Keuangan

6 Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang yang Menguntungkan

Icon Calendar LinkAja22 Des 2022

Image Artikel 6 Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang yang Menguntungkan LinkAja

Investasi menjadi salah satu kegiatan finansial yang bertujuan memberikan keuntungan untuk masa depan. Saat ini sudah banyak orang yang mulai melirik investasi. Jenisnya sendiri ada banyak, kamu bisa memilih sendiri sesuai tujuan dan kemampuan finansial yang dimiliki.

Investasi yang banyak dikenal masyarakat ada dua jenis, yakni investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Di bawah ini ada beberapa jenis investasi jangka pendek dan jangka panjang yang bisa kamu pilih.

Baca juga: Ini Cara dan Pilihan Investasi yang Cocok untuk Milenial

Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek adalah jenis investasi yang jangka waktunya hanya berkisar satu tahun. Untuk investasi ini juga cukup kecil dan biasanya memiliki nilai yang kenaikannya konsisten, tetapi tidak terlalu besar jumlahnya. Maka dari itu, investasi jangka pendek sering direkomendasikan bagi kamu yang baru mau memulai melakukan investasi. Berikut contoh investasi jangka pendek yang bisa dipilih.

1. Deposito Bank

Salah satu investasi jangka pendek yang paling mudah dilakukan dan memiliki risiko yang kecil adalah deposito berjangka. Kamu bisa menyimpan uang di bank dalam jangka waktu tertentu dan nilai investasi diperoleh dari nilai bunga per bulannya. Bunga yang biasanya diberikan 4-8% per tahunnya.

Biasanya bunga yang diperoleh cenderung lebih tinggi dibandingan bunga tabungan biasa. Pilihan jangka waktu yang tersedia biasanya 3 bulan, 6 bulan, hingga satu tahun. Namun, dalam jangka waktu yang sudah ditentukan tersebut kamu tidak boleh mengambil uang tersebut sebelum masa berlakunya habis. Ada penalti bila kamu mengambilnya sebelum waktu yang ditentukan, yakni harus membayar denda.

2. Peer to Peer Lending

Peer-to-peer Lending juga salah satu pilihan investasi jangka pendek. Investasi yang sering disingkat P2P Lending ini memiliki mekanisme jika kamu berperan sebagai pihak yang memberi pinjaman untuk suatu usaha.

Keuntungan yang diperoleh datang dari suku bunga pinjaman. Investasi P2P lending biasanya sesuai bagi orang yang tidak hanya ingin berinvestasi, namun ingin membantu orang lain. Dengan melakukan investasi di P2P Lending kamu bisa membantu ekonomi UMKM Indonesia.

3. Reksadana

Satu lagi yang termasuk dalam investasi jangka pendek adalah reksadana. Ini merupakan investasi yang mengumpulkan uang dari investor. Uang tersebut nantinya akan dikelola oleh manajer investasi. Reksadana juga termasuk investasi yang mudah pendaftarannya, top up dananya, dan tidak ada pajaknya. 

Baca juga: Siap Investasi Jangka Panjang? Cek Dulu Pedomannya Berikut Ini

Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang adalah jenis investasi yang jangka waktunya lebih dari satu tahun. Tujuan investasi jangka panjang, yakni untuk mendapatkan penghasilan pasif, baik dalam bentuk bunga, uang sewa, deviden, serta royalti di setiap periode. Berikut contoh investasi jangka panjang yang bisa dipilih.

1. Bangunan dan Tanah

Jika kamu sedang berencana untuk melakukan investasi jangka panjang, properti seperti bangunan dan tanah bisa jadi referensi. Dua jenis investasi jangka panjang ini cenderung memberikan keuntungan yang besar dan kemungkinan risiko yang lebih kecil. Pasalnya, setiap tahun tanah dan bangunan memiliki nilai jual semakin tinggi. Meski demikian, perlu dipahami jika investasi ini memerlukan modal yang besar.

2. Emas Batangan

Terakhir, ada emas batangan yang bisa kamu manfaatkan sebagai media investasi jangka pendek dan jangka panjang. Kelebihan emas batangan antara lain mudah dicairkan, dapat digunakan sebagai tabungan darurat karena kemudahannya tadi, harganya yang cenderung stabil, serta bisa kamu mulai bahkan dengan modal terbatas.

3. Cryptocurrency

Cryptocurrency menjadi instrumen investasi yang mendadak populer pada periode tahun 2020 sampai saat ini. Intrumen ini pada dasarnya memperdagangkan aset crypto yang dilakukan sebuah marketplace khusus. Harga aset crypto ini terbilang sangat fluktuatif karena itu strategi yang sering dimainkan oleh para investor crypto adalah Hold on For Dear Life (HODL).

Itu tadi apa saja pilihan investasi jangka pendek dan jangka panjang yang bisa kamu pilih. Salah satu cara investasi yang mudah dilakukan adalah dengan mulai menabung emas, reksadana, atau saham di Pluang. LinkAja berkolaborasi dengan Pluang untuk memberikan akses kepada masyarakat luas agar bisa mulai berinvestasi ke produk-produk investasi, seperti emas, reksadana, dan saham. 

Ayo isi saldo LinkAja kamu sekarang dan mulai berinvestasi dengan instrumen-instrumen investasi pilihan yang sesuai dengan profil risikomu. Pastikan kamu sudah menggunakan aplikasi LinkAja Full Service untuk mendapatkan promo menarik buat dapat cuan, ya!

Yuk, Dapatkan aplikasi LinkAja melalui link berikut!

 

 

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya