Info

Cara Gampang Cek dan Download Sertifikat Vaksin 1 dan 2

Icon Calendar LinkAja30 Nov 2021

Image Artikel Cara Gampang Cek dan Download Sertifikat Vaksin 1 dan 2 LinkAja

Hampir dua tahun memasuki pandemi Covid-19, program vaksinasi telah dilakukan secara massal. Kini vaksinasi menjadi salah satu syarat wajib bagi kamu yang hendak melakukan aktivitas di tempat umum di beberapa tempat.

Vaksin juga merupakan syarat untuk menggunakan transportasi publik sehingga tidak hanya kamu terlindungi dari bahaya virus, tapi juga kamu dapat melindungi orang lain.

Jika kamu telah divaksin, biasanya beberapa operator layanan transportasi maupun pengelola mal dan tempat umum hingga gedung perkantoran lainnya mewajibkan kamu untuk memperlihatkan sertifikat vaksin sebagai bukti bahwa kamu telah divaksin.

Ada baiknya kamu mengunduh dan menyimpan sertifikat vaksin di smartphone kamu agar ketika dibutuhkan untuk dipindai barcode-nya, kamu tinggal menunjukkan sertifikat tersebut.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid

Cara cek sertifikat vaksin Covid ada beberapa macam, yakni secara offline melalui SMS, maupun online melalui aplikasi PeduliLindungi dan situs PeduliLindungi. Berikut adalah cara cek sertifikat vaksin Covid:

1.   Melalui SMS

        Setelah melakukan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, kamu akan menerima pesan melalui SMS dari 1199 yang berisi nama, NIK, nomor tiket vaksin, dan tempat lokasi serta tanggal vaksinasi kedua.

        Kamu juga akan melihat link yang dapat diklik untuk membuka dan melihat sertifikat vaksin digital sebagai bukti bahwa kamu sudah selesai melakukan vaksinasi pertama.

        Setelah melakukan vaksinasi Covid-19 tahap kedua, kamu akan menerima pesan dari nomor yang sama berisi nama, NIK, nomor tiket vaksin dan tentunya, sertifikat vaksin digital yang menyatakan bahwa kamu telah selesai melakukan proses vaksinasi kedua. Unduh dan simpan sertifikat vaksin tersebut untuk keperluanmu.

2.   Melalui Aplikasi PeduliLindungi

        Unduh aplikasi PeduliLindungi via Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS lalu install.

        Buka aplikasi PeduliLindungi

        Isi nama lengkap dan nomor ponsel di kolom yang tersedia dan tunggu pesan singkat berisi kode OTP masuk ke nomor yang telah kamu masukkan

        Masukkan kode OTP yang kamu terima ke dalam kolom di aplikasi PeduliLindungi

        Setelah berhasil membuat akun, kamu akan diarahkan ke halaman Beranda

        Klik profil di Beranda, lalu klik Sertifikat vaksin, lalu klik Periksa

        Isi NIK dan nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftar

        Setelah itu, kamu bisa melihat sertifikat tahap pertama dan tahap kedua yang bisa kamu unduh

        Hasil unduhan tersebut akan otomatis tersimpan di memori smartphone kamu

 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Vaksin Booster untuk Umum

 

3.   Melalui Situs PeduliLindungi

        Kunjungi situs PeduliLindungi di https://pedulilindungi.id

        Ketika masuk ke halaman utama, klik Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi

        Masukkan nomor ponsel yang kamu daftarkan untuk program vaksinasi lalu tunggu kode OTP yang dikirimkan melalui SMS

        Masukkan kode OTP ke dalam kolom di situs PeduliLindungi

        Jika berhasil, kamu akan masuk ke laman selanjutnya di mana terdapat menu Sertifikat Vaksin

        Klik Sertifikat Vaksin dan kamu akan melihat sertifikat vaksin Covid kamu di layar monitor. Unduh dan simpan atau pindahkan ke smartphone agar lebih praktis.

Jika sudah diunduh, baik melalui SMS, aplikasi, maupun situs PeduliLindungi, kamu bisa menyimpannya atau mencetak dengan printer.

Baca Juga: Mengenal Jenis - Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Bagi kamu yang sudah masuk ke usia yang dibolehkan vaksin dan tidak memiliki hambatan secara kesehatan lainnya sebaiknya segera divaksin jika belum. Hal tersebut akan bermanfaat untuk meredam laju penyebaran virus Covid-19 sekaligus mengurangi resiko penyakit bertambah parah agar pandemi dapat segera tuntas dan kehidupan kembali normal. 

Beberapa orang melaporkan problem sertifikat yang tidak muncul meski sudah melakukan vaksinasi baik tahap satu maupun tahap dua. Menurut akun Instagram resmi Kementerian Kesehatan, kamu bisa melakukan hal-hal berikut.

  1. Tulis e-mail berisi nama lengkap, NIK, tempat tanggal lahir, dan nomor ponsel
  2. Lampirkan foto diri, foto diri dengan KTP, dan kartu vaksinasi
  3. Kirim melalui e-mail ke sertifikat@pedullindungi.id
  4. Tunggu balasan untuk proses selanjutnya

Selain sertifikat vaksin dan PeduliLindungi, pastikan kamu juga mengunduh LinkAja di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Dengan adanya LinkAja di smartphone kamu, kamu bisa mendapatkan pengalaman belanja yang lebih hemat melalui promo-promo di merchant yang bekerja sama dengan LinkAja. Selain itu, LinkAja juga bisa digunakan untuk memudahkan kebutuhan transaksi finansial kamu. Bayar tagihan, menyimpan uang di dompet elektronik, mengirim uang, berdonasi, dan masih banyak lagi bisa dilakukan di Link Aja.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya