Info

Cara Mendapatkan Vaksin Booster untuk Umum

Icon Calendar LinkAja4 Mar 2022

Image Artikel Cara Mendapatkan Vaksin Booster untuk Umum LinkAja

Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama kurang lebih dua tahun di Indonesia. Meski program vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua sudah mencakup cukup banyak masyarakat Indonesia, tapi keberadaan varian baru yang muncul membuat masyarakat membutuhkan vaksin booster.

Pertanyaannya, apa sih yang dimaksud vaksin booster dan bagaimana cara mendapatkannya? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Vaksin Booster?

Vaksin booster sendiri merupakan penguat vaksin atau dosis vaksin tambahan yang diberikan dengan tujuan untuk memberi perlindungan ekstra terhadap suatu penyakit karena efektivitas vaksin yang dapat menurun seiring dengan berjalannya waktu. Tidak hanya untuk Covid-19, vaksin booster juga lazim digunakan untuk menangkal penyakit lain seperti difteri, tetanus, dan pertusis (DTaP) yang boosternya diberikan setiap 10 tahun.

Dilansir dari situs Sehat Negeri Kemenkes, vaksin booster ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan vaksin Covid-19 yang telah didapatkan sebelumnya. Jika virus tetap menyerang, maka antibodi dapat mengenali dan membunuh virus tersebut sebelum membuat penyakit semakin parah.

Oleh karena itu, dengan adanya varian baru yang lebih menular, serta demi mencegah terjadinya penyakit berat yang diakibatkan oleh virus Sars-Cov-2, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan merilis Surat Edaran bernomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster).

Baca juga: Cara Gampang Cek dan Download Sertifikat Vaksin 1 dan 2 

Adanya penurunan antibodi 6 bulan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap membuat vaksin dosis lanjutan atau booster jadi dibutuhkan untuk proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan. Program vaksin booster untuk umum ini sudah digelar sejak 12 Januari 2022 secara serentak bagi Lansia di seluruh kabupaten/kota di Indonesia dan non Lansia dilaksanakan di kabupaten/kota yang sudah mencapai cakupan dosis 1 total minimal 70% dan cakupan dosis 1 lansia minimal 60%. Program vaksinasi booster ini diselenggarakan di fasilitas kesehatan pemerintah yaitu Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah, atau RSUD dan gratis untuk semua.

Jenis vaksin booster yang tersedia

Kamu tidak bisa memilih jenis vaksin booster karena jenis vaksin akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksin primer (dosis 1 dan 2) serta ketersediaan vaksin di tempat layanan. Adapun jenis vaksin booster berikut syaratnya adalah:

1.       Jenis vaksin Astra Zeneca atau Pfizer bisa digunakan untuk penerima vaksin Sinovac
Penerima dosis primer berupa vaksin Sinovac, akan menerima setengah dosis vaksin booster Astra Zeneca atau Pfizer.

2.       Jenis vaksin Astra Zeneca, Moderna, atau Pfizer bisa digunakan untuk penerima vaksin Astra Zeneca
Penerima dosis primer berupa vaksin Astra Zeneca, akan menerima satu dosis Astrazeneca atau setengah dosis Moderna atau Pfizer.

 

Syarat mendapatkan vaksin booster

  1. Tunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK atau melalui aplikasi PeduliLindungi
  2. Berusia 18 tahun ke atas
  3. Telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal enam bulan sebelumnya
  4. Tiket vaksi booster di aplikasi PeduliLindungi

Cara daftar vaksin booster

Jika kamu memenuhi syarat untuk menerima vaksin booster, kamu tinggal mengecek apakah kamu sudah bisa mendapatkannya. Ini cara mendapatkan vaksin booster.

Cara daftar vaksin booster lewat website PeduliLindungi

1.       Kunjungi website pedulilindungi.id

2.       Masukkan nama lengkap dan NIK

3.       Cek status dan tiket vaksinasi

4.       Jika sudah tersedia, berarti kamu sudah bisa mendapatkan vaksin booster

Cara daftar vaksin booster melalui aplikasi PeduliLindungi

1.       Buka aplikasi PeduliLindungi

2.       Masuk ke akun kamu yang sudah terdaftar. Jika belum, daftar dulu

3.       Klik menu profil

4.       Pilih Status Vaksinasi & Hasil tes Covid-19

5.       Jika sudah tersedia, kamu akan melihat status dan jadwal vaksin booster

6.       Untuk mengecek tiket vaksin, langsung klik menu Riwayat dan Tiket Vaksin

Cara daftar vaksin booster langsung di faskes

1.       Kamu juga bisa langsung mengunjungi fasilitas kesehatan (faskes) yang menyediakan vaksinasi booster

2.       Tunjukkan surat atau kartu vaksinasi 1 dan 2 kamu serta KTP ke petugas vaksinasi untuk didaftarkan

3.       Jika sudah 6 bulan, maka kamu bisa meminta jadwal divaksinasi

PeduliLindungi memang sangat memudahkan untuk mengecek status kamu di kala pandemi ini. Selain itu, tahukah kamu hal lain yang memudahkan? Ya, LinkAja.

Salah satu kategori merchant LinkAja adalah Kesehatan dan Kecantikan, di mana Kimia Farma dan Watsons bisa jadi tempat kamu untuk membeli suplemen penambah daya tahan tubuh agar bisa tetap sehat selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Gunakan LinkAja untuk pembayaran di dua merchant tersebut untuk mendapatkan promo menarik.LinkAja juga praktis dan bisa digunakan untuk memudahkan kebutuhan transaksi finansial kamu. Bayar tagihan, menyimpan uang di dompet elektronik, mengirim uang, berdonasi, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan di LinkAja. Download dan install LinkAja dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya