22 February 2021

Cara Daftar Prakerja 2021

Kartu Prakerja merupakan salah satu program pemerintah yang telah dilakukan sejak tahun 2020. Program Kartu Prakerja menyasar masyarakat yang belum atau tidak bekerja untuk dapat memperoleh keahlian sesuai yang diminatinya sebagai bekal untuk memperoleh pekerjaan atau menemukan mata pencaharian. Tidak hanya itu, program Kartu Prakerja memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan insentif yang dapat digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup utamanya kebutuhan pokok selama proses mencari kerja atau menemukan mata pencaharian. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara daftar prakerja yang hampir keseluruhannya dilaksanakan secara online. Silakan disimak!

Cara Daftar Akun Prakerja

Langkah pertama dalam mengikuti program Kartu Prakerja adalah kamu harus memiliki akun aktif yang harus dibuat terlebih dahulu untuk digunakan dalam mengakses berbagai persyaratan yang perlu dipenuhi seorang pendaftar Kartu Prakerja. Berikut langkah-langkah membuat akun:

1) Download Aplikasi Kartu Prakerja di HP

2) Masukkan data diri seperti alamat email serta password

3) Klik "Daftar" jika sudah mengisi alamat email serta password

4) Klik "Verifikasi Email" untuk memproses pendaftaran akun

5) Terima notifikasi pendaftaran akun berhasil

6) Lakukan login untuk mendaftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja

Setelah memiliki akun, kamu dapat melakukan login dan melanjutkan proses mendaftar Kartu Prakerja. Berikut langkah-langkah mendaftar Kartu Prakerja:

1) Lakukan verifikasi KTP dengan memasukkan NIK, Nomor KK dan Tanggal Lahir

2) Masukkan data diri seperti nama lengkap dan pendidikan terakhir

3) Masukkan Nomor HP aktif untuk diverifikasi

4) Masukkan Kode OTP yang dikirim lewat Nomor HP

5) Isi Pernyataan Pendaftar

6) Klik "Oke" untuk menyelesaikan proses pendaftaran

Cara Ikut Seleksi

Selanjutnya, setelah melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, kamu akan diundang untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar sebagai bagian dari proses seleksi. Adapun langkah-langkah proses seleksi adalah:

1) Pilih gelombang seleksi yang ingin diikuti

2) Lakukan konfirmasi untuk seleksi yang dipilih

3) Isi formulir persetujuan untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

4) Terima notifikasi kelulusan proses seleksi

Cara Pembelian Pelatihan

Setelah berhasil lolos seleksi Kartu Prakerja, kamu   harus segera menyambungkan rekening dan memilih pelatihan yang disediakan oleh mitra Kartu Prakerja. Pilih pelatihan yang sekiranya akan menunjang karier serta sesuai minat kamu. Kamu akan diminta untuk menyelesaikan pelatihan tersebut hingga memperoleh sertifikat keikutsertaan untuk dapat memperoleh dana insentif. LinkAja merupakan salah satu mitra resmi pembayaran insentif Kartu Prakerja yang dapat kamu pilih.

Sejumlah mitra pelatihan Kartu Prakerja yang tersedia antara lain Kemnaker, Tokopedia, Bukalapak, Mau Belajar Apa, Sekolahmu dan Pijar Mahir. Sertifikat yang didapat dari pelatihan ini nantinya diharapkan dapat menjadi penunjang kamu dalam memperoleh pekerjaan serta menemukan mata pencaharian. Macam-macam pelatihan dari berbagai bidang dapat kamu ikuti seperti memasak, merakit mesin, komputer, penguasaan perangkat lunak, dan lain sebagainya.

Cara Sambung Rekening

Setelah pelatihan pertama selesai dan dinyatakan lolos pelatihan, kamu bisa melakukan proses Sambung Rekening agar kamu dapat memperoleh dana insentif Kartu Prakerja.   Insentif tersebut akan diberikan melalui rekening e-money, salah satunyaLinkAja. Kelebihan menggunakan e-money LinkAja antara lain adalah, kamu tidak hanya dapat menerima dan menransfer dana, melainkan bisa untuk transaksi di merchant,  melakukan sejumlah transaksi keuangan,seperti pembayaran tagihan, pembelian pulsa/data, pembayaran transportasi, isi BBM, belanja online dan lain sebagainya. Setiap bulannya, e-wallet atau dompet digital akan berlomba-lomba menghadirkan promo dan penawaran menarik untuk para penggunanya berupa cashback atau diskon yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk berhemat.

Bagikan artikel ini :