Info

Cara Cek Rekening Penipu dengan Informasi Data Terbaru

Icon Calendar LinkAja17 Okt 2022

Image Artikel Cara Cek Rekening Penipu dengan Informasi Data Terbaru LinkAja
Shutterstock.

Transaksi yang dilakukan seseorang sering kali memicu adanya ancaman yang mengintainya. Modus penipuan makin rentan terjadi seiring dengan meningkatnya transaksi online. Namun, setiap orang sebenarnya bisa mengantisipasi potensi penipuan tersebut dengan lebih mudah.

Cara cek rekening penipu sudah bisa dilakukan siapa saja saat merasa curiga sebelum bertransaksi. Namun, kunci utama dalam menghadapi maraknya penipuan adalah bersikap tenang. Agar lebih waspada dalam melakukan transaksi, ketahui beberapa cara berikut untuk melakukan pengecekan.

Baca juga: 11 Jenis Tabungan BRI, Syarat, dan Keuntungannya

Cara Cek Rekening Penipu yang Praktis

Jika sudah telanjur merasa panik, seseorang bisa saja langsung mengirim sejumlah dana secara tidak disadari. Namun, akan sulit membatalkan transaksi yang sudah dilakukan oleh pemegang rekening. Pelaporan rekening kini bisa dilakukan dan diakses oleh siapa saja di antaranya sebagai berikut.

1. Cara cek rekening penipu di CekRekening.id

Pelaporan rekening yang mengatasnamakan instansi tertentu memang menjadi hal yang marak terjadi. Laporan tindakan penipuan tersebut bisa dilakukan melalui situs cekrekening.id. Tidak hanya melakukan pelaporan, situs ini juga mengumpulkan data laporan sehingga bisa dicek siapa saja.

Situs CekRekening.id dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan bisa dipakai cek rekening bank atau nomor dompet digital. Situs ini akan menampilkan status keamanan rekening yang pernah dilaporkan terkait penipuan dengan cara berikut ini:

  • Buka situs cekrekening.id
  • Pilih menu Periksa Rekening, lalu klik 'Cek Sekarang'
  • Pilih nama bank dan masukkan nomor rekening yang ingin dicek
  • Pilih jenis akun bank atau e-wallet
  • Jika memilih menu e-wallet, tuliskan nomor virtual accountnya
  • Verifikasi dengan centang “Saya bukan robot”
  • Klik “Cek Sekarang”

2. Cara cek rekening penipu di Kredibel.co.id

Mirip seperti situs sebelumnya, Kredibel.co.id bisa menyimpan laporan nomor rekening yang digunakan untuk menipu. Tidak hanya itu, ada pula review yang diberikan orang lain atas nomor rekening atau telepon yang digunakan untuk melakukan penipuan.

Setiap rekening bank penipu yang telah dilaporkan melalui kredibel akan masuk daftar blacklist. Tak hanya itu, ada pula layanan pendeteksi penipuan yang dibuat untuk perusahaan. Untuk memeriksa rekening penipu, berikut ini cara rek rekening penipu yang bisa dilakukan:

  • Buka situs kredibel.co.id
  • Pilih opsi “Rekening” atau “Telepon” di kolom pencarian
  • Masukkan nomor sesuai dengan contoh yang tertera
  • Klik tombol “Cari”

 

Baca juga: Cara Gampang Setor dan Tarik Tunai di ATM BCA Tanpa Kartu

3. Cara cek rekening penipu di Instagram @indonesiablacklist

Mengecek informasi melalui situs memang mudah, tapi makin banyak orang yang terbiasa untuk cari informasi di media sosial. Bagi kamu yang tidak mau ribet dan lebih terbiasa pakai media sosial, cara cek rekening penipu juga bisa dilakukan melalui Instagram.

Berbeda halnya dengan memeriksa melalui situs, database yang bisa diliat pada akun Instagram ini sudah dikumpukan sejak 2013. Untuk mengetahuinya, cara cek rekening penipu melalui Instagram juga bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  • Cari akun @indonesiablacklist
  • Klik tombol follow/ikuti terlebih dahulu
  • Daftar nomor penipu bisa dilihat pada menu profil
  • Jika membutuhkan info lebih lanjut, kamu bisa mengirim pesan melalui direct message (DM)

Cara Melaporkan Rekening Penipu

Hingga saat ini, pelaporan nomor rekening atau nomor telepon penipu masih terus dilaporkan melalui keluhan pengguna. Melalui cara cek rekening penipu di atas, kamu juga bisa melaporkan nomor-nomor mencurigakan untuk membantu memberikan informasi pada orang banyak.

Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga masih terus melakukan sosialisasi terkait cara melaporkan SMS dan nomor telepon penipuan. Selain itu, kamu juga bisa melaporkan nomor dan rekening palsu penipu dengan cara berikut ini:

  • Simpan bukti penipuan berupa foto atau tangkapan layar (screen capture) SMS penipuan
  • Pastikan tertera nomor rekening dan nama bank yang ingin dilaporkan sebagai penipu
  • Kirim bukti tersebut ke email konsumen@ojk.go.id atau telepon ke nomor 157

Itulah beberapa antisipasi yang bisa dilakukan oleh para pengguna layanan transaksi online saat mendapatkan nomor rekening yang mencurigakan. Sederhananya, langkah utama untuk mencegah penipuan bisa dilakukan dengan tidak mudah percaya dengan nomor telepon tidak dikenal.

Jika telanjur menerima telepon atau pesan dari nomor tidak dikenal, jangan pernah memberikan data pribadi. Meski mengaku pihak bank atau instansi resmi, jangan berikan info perbankan atau data pribadi seperti alamat atau nama ibu kandung ke orang yang tidak kamu percayai.

Untuk dapat melakukan transaksi yang aman, kamu juga bisa memilih alternatif untuk kirim uang lewat LinkAja, loh! Melalui nomor telepon yang kamu miliki, kamu bisa langsung mengecek nama penerima yang sudah terverifikasi. Jika menemukan pihak penipu yang mengatasnamakan orang lain melalui akun LinkAja, jangan ragu untuk melaporkannya juga melalui cara di atas, ya!

Baca juga: Waspada Penipuan Pencurian Akun LinkAja, Lindungi Data Rahasiamu


Artikel Terkait

Kategori Lainnya