Keuangan

11 Jenis Tabungan BRI, Syarat, dan Keuntungannya

Icon Calendar LinkAja11 Agt 2022

Image Artikel 11 Jenis Tabungan BRI, Syarat, dan Keuntungannya LinkAja

Jika ada bank yang jangkauannya merata di Indonesia, itu adalah Bank BRI. Tidak hanya di kota besar, tapi baik kantor cabang maupun mesin ATM BRI begitu mudah dijumpai bahkan di kota-kota kecil di seluruh Indonesia.

Faktor tersebut membuat BRI menjadi bank yang digunakan oleh sangat banyak nasabahnya. Oleh karena itu, BRI menawarkan sejumlah jenis tabungan yang dapat digunakan oleh nasabah untuk menabung.

Sedikitnya terdapat 11 jenis tabungan yang ditawarkan oleh Bank BRI, jenis tabungan-tabungan itu adalah sebagai berikut:

Baca juga: Cara Mudah Buka Rekening BRI Online

1. BRI Simpedes

BRI Simpedes merupakan jenis tabungan yang cukup banyak digunakan oleh nasabah BRI. Dengan jumlah setoran awal yang hanya Rp50 ribu, membuat jenis tabungan ini sangat mudah diakses oleh segala kalangan.

BRI Simpedes merupakan tabungan mata uang rupiah yang rekeningnya dapat dibuka di seluruh unit kerja BRI. Syarat membuka tabungannya juga tidak sulit. Calon nasabah cukup mengisi formulir, melengkapi identitas diri baik perorangan maupun non-perorangan, lalu melakukan setoran awal.

Untuk perseorangan persiapkan KTP serta NPWP atau surat keterangan tidak memiliki NPWP bagi yang tidak punya. Untuk badan atau non perseorangan, syaratnya adalah akte pendirian dan perubahan terakhir, NPWP, izin usaha, Anggaran dasar/SK organisasi, dokumen identitas pengurus yang berwenang mewakili badan usaha tersebut.

2. BRI Simpedes TKI

Sesuai namanya, jenis tabungan ini diperuntukkan bagi para Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri sebagai penyaluran gaji TKI sekaligus untuk mempermudah transaksi.

Syarat untuk membuka rekening adalah mengisi formulir, melampirkan kopi identitas seperti KTP, SIM, atau Paspor yang disertai surat rekomendasi dari PPTKIS, dan setoran awal sebesar Rp10 ribu.

3. BritAma

Jenis tabungan ini menawarkan beberapa keunggulan seperti fasilitas e-banking, kartu ATM atau debit yang bisa digunakan di beberapa jaringan, asuransi kecelakaan diri, dan lainnya.

Untuk membuka tabungan BritAma, pertama-tama isi formulir beserta identitas diri seperti KTP dan NPWP untuk WNI, serta Paspor dan KIMS, KITAP, atau KITAS untuk WNA. Selain itu, uang sebesar Rp250.000 juga dibutuhkan untuk setoran awal.

 

Baca juga: Kenali 8 Jenis Kartu Debit BCA, Cara Membuat Akun Tabungan, serta Limitnya

4. BritAma Bisnis

BritAma Bisnis merupakan jenis tabungan yang, seperti tertera pada namanya, cocok untuk urusan transaksi para pelaku bisnis. Keuntungan tabungan ini adalah pembebasan alias gratis biaya administrasi jika saldo rata-rata per bulannya minimal Rp5 juta.

Layanan internet banking juga memiliki limit real-time gross settlement (RTGS) hingga Rp1 miliar dan overbooking hingga Rp5 miliar.

Persyaratan membuka rekening tabungan BritAma Brisnis adalah mempersiapkan identitas beripa KTP dan NPWP bagi WNI, atau Paspor serta surat keterangan bagi WNA. Untuk formulir, yang diisi adalah formulir AR-01 serta jangan lupa siapkan setoran awal sebesar Rp1 juta.

5. BritAma Muda/BritAma X

BritAma Muda atau BritAma X merupakan jenis tabungan yang menyasar pengguna anak muda. Dengan tabungan ini, nasabah bisa mendapatkan kartu berlogo Mastercard dengan desain yang kekinian, aksesibilitas kartu di jaringan ATM di dalam maupun luar negeri, serta asuransi kecelakaan hingga Rp150 juta.

Kamu bisa mendaftar BritAma X jika berusia 17-35 tahun dengan setoran awal Rp100.000. Untuk membuka rekening ini, isi formulir pembukaan rekening dilengkapi dengan identitas diri berupa KTP serta NPWP bagi WNI, atau paspor, KIMS/KITAP/KITAS disertai surat keterangan pendukung bagi WNA.

6. BritAma Rencana

Tabungan BritAma Rencana merupakan tabungan investasi di mana nasabah mengisi setoran tetap setiap bulannya. Terdapat dua jenis tabungan rencana, yakni Rencana Plan A di mana terdapat premi sebesar 6% yang harus dibayarkan dari setoran setiap bulan dan Rencana Plan B di mana premi asuransinya gratis.

Keuntungan membuka BritAma Rencana adalah suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan umum dan gratis biaya administrasi.

Bagi calon pelanggan, tidak perlu melakukan medical check-up untuk membuka rekening ini dan nasabah bisa menentukan berapa lama akan menabung, mulai dari 1 hingga 20 tahun dengan besaran setoran mulai dari Rp100 ribu hingga Rp5 juta.

Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan manfaat asuransi yang mencapai Rp1 miliar.

Syaratnya antara lain, nasabah berusia 17-64 tahun dan telah memiliki satu dari rekening tabungan BRI. Isi formulir dan siapkan identitas diri seperti KTP bagi WNI dan paspor bagi WNA.

 

Baca juga: Perbedaan Deposito dan Tabungan

7. BritAma Valas

BritAma Valas merupakan tabungan yang memudahkan transaksi dengan menggunakan mata uang valuta asing yang berbeda. Dengan nilai tukar yang kompetitif, nasabah BritAma Valas bisa menggunakannya untuk mata uang USD, AUD, SGD, CNY, EUR, HKD, SAR, JPY, AED, hingga GBP.

BritAma Valas dapat digunakan baik oleh WNI maupun WNA dengan melengkapi persyaratan seperti KTP dan NPWP bagi WNI serta Paspor dan KIMS bagi WNA. Setoran awalnya berbeda-beda tergantung pada jenis mata uang yang dipilih.

8. BRI Simple

BRI Simple ditujukan untuk anak-anak. Dengan persyaratan yang mudah, sederhana, dan tentunya, simple, tabungan ini dapat digunakan untuk mengedukasi anak-anak tentang kebiasaan menabung. Selain itu, tidak hanya di bank, tapi nasabah anak-anak juga bisa menabung di sekolah.

Persyaratan BRI Simple adalah kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah yang mencantumkan NISN dan NIS; fotokopi akta kelahiran dan fotokopi KTP orang tua/wali; mengisi formulir pembukaan rekening tabungan dan formulir tambahan yang diisi orang tua/wali. Biaya setoran awalnya juga sangat murah, hanya Rp5.000. BRI Simple juga bebas biaya administrasi.

9. Tabungan Haji BRI

Ibadah Haji merupakan cita-cita umat Muslim di manapun dan mempersiapkan dana untuk beribadah haji bisa sangat lama. Untuk itu, penting untuk mempersiapkan dana tersebut. Tabungan ini bisa kamu manfaatkan sebagai tabungan BRI Syariah.

Dengan biaya administrasi yang gratis, nasabah juga akan mendapatkan asuransi, serta fasilitas tabungan yang terintegrasi dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Dirjen Pemberangkatan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama RI. Meski berupa tabungan rencana, nasabah tetap bisa menarik uang dari saldo yang telah ditabungkan.

Untuk membuka rekening haji, cukup isi formulir dan siapkan KTP dan NPWP bagi WNI dan Paspor serta KIMS, KITAP, atau KITAS bagi WNA. Setoran pertama untuk membuka tabungan Haji BRI adalah Rp50 ribu.

 

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Begini Cara Mudah Membuat NPWP Online

10. BritAma Junio

BRI Junio merupakan jenis tabungan BRI yang ditujukan khusus untuk anak-anak dengan fasilitas dan fitur yang menarik. Kartu BRI Junio memiliki berbagai pilihan design serta chip untuk mendukung keamanan kartu. Nasabah BRI Junio juga mendapatkan asuransi kecelakaan dengan JUP hingga Rp 150 juta. Dengan bunga tabungan kompetitif, BRI Junio memiliki fitur tabungan BRI Junio Rencana.

BRI Junio bisa dibuka oleh anak-anak berusia 0-12 tahun dan 12-17 tahun dengan syarat-syarat yang berbeda. Bagi 0-12 tahun, orang tua diwajibkan memiliki tabungan BritAma/Simpedes. Lalu calon nasabah diwajibkan mengisi form aplikasi, menyertakan kartu keluarga/akte kelahiran. Fotokopi NPWP orang tua, AFT dari rekening orang tua serta menyertakan setoran awal Rp100 ribu.

Untuk usia 12-17 tahun, wajib mengisi form aplikasi pembukaan rekening, menyertakan identitas diri berupa kartu pelajar dilengkapi KTP orang tua dan surat pernyataan dari orang tua. Setoran awal untuk usia 12-17 tahun adalah Rp150 ribu.

11. TabunganKu

TabunganKu merupakan produk tabungan untuk nasabah perorangan yang diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jenis tabungan ini bebas biaya administrasi dengan minimum saldo Rp20.000 dan biaya penutupan rekening Rp20.000. Meski demikian, transaksi hanya dapat dilakukan di kantor BRI di seluruh Indonesia dan tidak diberikan kartu ATM.

Dari kesebelas tabungan tadi, yang mana yang paling menarik perhatian kamu? Atau jangan-jangan kamu malah sudah punya tabungan BRI?

Menabung memang hal yang penting dilakukan dan harus dijadikan kebiasaan. Kamu juga bisa menyimpan uang kamu di LinkAja dengan cara melakukan topup saldo. LinkAja merupakan uang elektronik di mana saldo di dalamnya dapat digunakan untuk bertransaksi finansial mulai dari beli pulsa/data, bayar merchant, bayar tagihan, berbagi donasi, kirim uang, bayar asuransi dan lainnya.

 

Baca juga: 20 Tips Menabung Terbaik yang Bakal Bikin Hidup Kamu Lebih Mudah

Untuk memanfaatkan segala kemudahan tersebut, segera download LinkAja sekarang juga di link ini. LinkAja tersedia di Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya