Gaya Hidup

7 Aplikasi Edit Video Terbaik di PC yang Ringan

Icon Calendar LinkAja31 Mar 2022

Image Artikel 7 Aplikasi Edit Video Terbaik di PC yang Ringan LinkAja

 

Mengedit video bagi sebagian orang bisa menjadi sesuatu yang terlihat wah karena selain skill, seringkali kebutuhan akan komputer canggih membuat semakin tidak percaya diri. Padahal kini telah banyak pilihan aplikasi edit video PC ringan dan tidak terlalu membebani komputer, sehingga selain dapat dioperasikan pemula, aplikasi-aplikasi ini juga tidak menuntut komputer yang begitu canggih.

Baca juga: 8 Aplikasi Edit Foto Bergerak Yang Banyak digunakan

Aplikasi Edit Video Terbaik di PC

Di antara aplikasi yang beredar, berikut adalah 7 Aplikasi edit video terbaik PC yang ringan:

1. Corel VideoStudio

Corel VideoStudio terbaru membuat pengalaman mengedit video semakin menarik, menyenangkan, serta mudah. Terutama dengan menghadirkan effects premium yang bisa kamu tempelkan di dalam video beserta judul 3D yang dapat dirancang sesuai selera, serta stiker AR, GIF, dan transisi pergerakan kamera. Untuk level yang lebih tinggi, Corel VideoStudio dapat digunakan untuk mengedit warna, masking video, dan lain-lain agar setara dengan kualitas layar lebar.

Corel VideoStudio

OS

Windows 11, 10, 8 (hanya 64 bit)

Processor

Core i3 atau AMD A4 series untuk video standard. Core i7 atau AMD Athlon A10 untuk video HD dan UHD

Memory

4 GB. 8 GB untuk video HD dan UHD

Storage

Minimal 10 GB untuk instalasi

Video Card

Resolusi tampilan minimum 1366 x 768 dengan minimum 512 MB VRAM atau lebih untuk akselerasi perangkat keras

2. Camtasia

Camtasia adalah aplikasi edit video yang bersifat all-in-one karena kemampuannya untuk menangkap layar dan mengedit video. Template yang disediakan aplikasi ini membuat kamu yang masih pemula sudah dapat memulai proses editing. Meski simple, Camtasia memiliki fitur yang beragam mulai dari preset, template, aset gratis, bank musik yang bebas pakai, fitur mengedit yang mudah, dan banyak lagi.

Baca Juga: 7 Game Offline Android Paling Seru

Camtasia

OS

Windows 10 (64-bit) 1709 versi *Creators Update*, macOS 10.14

Processor

6th Generation Core i3 atau 1st Generation AMD Ryzen 3

Memory

8 GB

Storage

4 GB

Video Card

Resolusi monitor 1366 x 768

3. Cyberlink PowerDirector

Dengan Cyberlink PowerDirector, kamu dapat memotong, memperhalus, menambahkan efek, hingga menayangkan video yang telah kamu edit. Dengan aplikasi lengkap dan menyeluruh ini, Cyberlink merupakan aplikasi edit video terbaik di kelasnya. Dengan efek-efek termutakhir, fitur alur kerja intuitif dari aplikasi ini membuat hasil video kamu semakin spektakuler.

Cyberlink PowerDirector

OS

Windows 11, 10, 8/8.1, 7 (hanya 64-bit)

Processor

Core i-Series di atas 4th generation. Untuk fitur AI, minimum Core i7-4770 (hanya yang berlabel Core dan Xeon)

Memory

4 MB

Storage

7 GB

Video Card

 

4. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio sudah tidak diragukan lagi merupakan salah satu aplikasi video yang paling keren. Selain ringan, Pinnacle Studio memungkinkan kamu untuk memproduksi hasil edit video berkualitas tinggi. Tambahan tools mulai dari yang paling simple hingga yang paling rumit, beserta filter, dan ruang kerja yang intuitif didesain khusus untuk Pinnacle Studio.

Pinnacle Studio

OS

Windows 11, 10 (hanya 64-bit)

Processor

Core i3 atau AMD A4 3.0 GHz atau lebih

Core i5 atau i7 1.06 GHz atau lebih untuk AVCHD dan support Intel Quick Sync Video

Core i7 4th generation atau AMD Athlon A10 atau lebih untuk multi-camera

Memory

4 GB. 8+ GB untuk multi-camera

Storage

10 GB untuk instalasi

Video Card

Resolusi minimum: 1024 x 768 dengan minimum 256MB VGA VRAM, 512MB atau lebih disarankan untuk mempercepat proses decoding piranti keras.

Gawai grafis DirectX yang direkomendasikan:

-          NVIDIA GeForce 700 series/Quadro 600 (Fermi-based) atau lebih baru (CUDA-enabled dibutuhkan untuk CUDA support)

-          ATI Radeon HD 5XXX series atau lebih

-          Intel HD Graphics dari Ivy Bridge atau lebih

-          3D Titler membutuhkan DirectX 11

5. Wondershare Filmora

Wondershare Filmora merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk meningkatkan kualitas bercerita melalui video. Berbagai efek visual, media gratis bebas pakai, plug-in, serta template yang beragam sangat cocok bagi kamu yang ingin bereksplorasi menggunakan tools yang tersedia. Berbagai fitur baru dikenalkan seperti fitur menyesuaikan kecepatan video, masking, sinkronisasi berdasarkan beat musik, serta sinkronisasi audio dengan gambar.

Wondershare Filmora

OS

Windows 11, 10, 8.1, 7 (hanya 64-bit)

Processor

Intel i3 atau lebih multicore processor, 2GHz atau lebih.

(Intel 6th Gen atau lebih disarankan untuk video HD dan 4K

Memory

4 GB. 8 GB dibutuhkan untuk video HD dan 4K

Storage

10 GB untuk instalasi. Penggunaan SSD dibutuhkan untuk video HD dan 4K

Video Card

Intel HD Graphics 5000 atau lebih; NVIDIA GeForce GTX 70 atau lebih; AMD Radeon R5 atau lebih. 2 GB vRAM (4 GB untuk video HD dan 4K)

6. Vegas Pro 18

Dengan Vegas Pro 18, kamu bisa menghasilkan video yang cepat dengan kualitas suntingan yang baik. Vegas Pro 18 dilengkapi dengan fitur seperti stock video dan audio yang tak terbatas; sinkronisasi storyboard dan linimasa; deteksi adegan; multicam editing; ratusan filter, efek, transisi, serta judul; dan masih banyak lagi.

Vegas Pro 18

OS

Windows 10 (64-bit)

Processor

2 GHz

Memory

8 GB

Storage

1,5 GB

Video Card

Support NVIDIA, AMD/ATI, atau Intel

7. AVS Video Editor

AVS Video Editor adalah aplikasi edit video PC ringan dengan fitur yang tak terhingga. Dengan aplikasi ringan ini, kamu dapat memotong, menyatukan, memisahkan, merotasi, menggabungkan video dan mengeditnya dengan pilihan ratusan efek dan transisi. Selain mengedit video yang ada, kamu juga dapat menangkap video dari layar komputer untuk kamu edit dan kembangkan kembali. Meski lengkap, fitur-fitur dalam AVS Video Editor cukup mudah dan praktis digunakan oleh awam.

AVS Video Editor

OS

Windows 11/10/8.x/7

Processor

Dual Core (Intel Core 2 Duo atau AMD yang setara)

Memory

2 GB atau lebih

Storage

 

Video Card

Intel HD Graphics, NVIDIA GeForce, AMD Radeon Graphics

 Melalui aplikasi edit video, siapapun bisa mulai mengedit video. Namun untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan kamu untuk mengedit video, kamu bisa mengambil kelas mengedit video secara online. Untuk mengetahui kelas online yang tersedia, gunakan aplikasi LinkAja. Selain dapat mendaftar kelas online, melalui LinkAja kamu juga bisa mendapatkan berbagai promo-promo dari merchant yang bekerja sama dengan LinkAja. Dapatkan juga cashback dan potongan harga jika melakukan pembayaran menggunakan LinkAja.

Dengan LinkAja, segala urusan transaksi finansial akan semakin mudah dan praktis, baik secara online maupun offline. Yuk, segera download dan install aplikasi LinkAja melalui App Store bagi pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android.

 

 

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya