19 October 2021

8 Aplikasi Edit Foto Bergerak yang Banyak Digunakan

Kemajuan teknologi yang dikawinkan dengan kreativitas tanpa batas bisa membuat sesuatu yang di luar dugaan yang mungkin tidak terbayang beberapa tahun ke belakang. Dengan teknologi yang semakin canggih dan dekat dalam genggaman, membuat sesuatu seperti foto bergerak menjadi semakin mudah dan praktis.

Berbagai aplikasi yang ditawarkan memungkinkan kamu untuk menggerakkan sebuah foto diam dalam waktu yang singkat. Foto yang bergerak akan membuat foto semakin menarik dan berbeda.

Baca juga: Aplikasi Beli Sayur Online, Apa Saja?

Pilihan Aplikasi Foto Bergerak yang Lagi Hits

Dua sistem operasi yang paling banyak digunakan sekarang adalah iOS milik Apple dan Android milik Google. Keduanya memiliki kemampuan untuk menyimpan beberapa aplikasi edit foto bergerak dengan mudah. Mungkin kamu juga sering bertanya-tanya apa nama aplikasi foto bergerak? APlikasi-aplikasi tersebut antara lain sebagai berikut:

MyHeritage

Aplikasi MyHeritage tengah mengalami popularitas dalam beberapa waktu ke belakang. Aplikasi ini banyak digunakan untuk menggerakkan foto-foto yang aslinya diam. Tidak sedikit yang bernostalgia untuk menganimasikan foto anggota keluarga yang sudah tiada atau leluhur yang generasinya jauh di atas sembari membayangkan seperti apa jika mereka tersenyum seolah-olah mereka masih ada.

Teknologi yang digunakan untuk menganimasi foto ini menggunakan lisensi dari D-ID, perusahaan dengan spesialisasi di bidang pemeragaan kembali video menggunakan teknologi pembelajaran mendalam atau deep learning. MyHeritage bisa kamu unduh di App Store dan Play Store.

StoryZ Photo Motion & Cinemagraph

StoryZ adalah aplikasi yang praktis dan mudah digunakan serta memiliki berbagai fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk berkreasi. Melalui StoryZ kamu bisa menggabungkan special effect dengan foto kamu untuk menghasilkan sesuatu yang estetik. Misalnya membuat efek double exposure - menimpa dua foto/video ke dalam satu frame biasanya dengan tingkat cahaya berbeda - menjadi bergerak dengan mengombinasikan foto diam dengan video. Dengan StoryZ juga kamu bisa membuat foto bergerak sehingga membuat foto menjadi hidup dengan tools di aplikasi yang mudah digunakan dan ramah pengguna. Penggunaan StoryZ tidak sulit sehingga bisa digunakan untuk kamu yang masih pemula. Story Z tersedia untuk iOS di App Store dan Android di Google Play Store.

Lumyer - Magic Photo Animator

Lumyer adalah cara baru untuk berkomunikasi dengan foto. Foto yang diam bisa dibuat bergerak serta ditambah efek unik yang membuat kamu bisa lebih kreatif saat berkarya menggunakan aplikasi ini. Kamu bisa menambahkan hingga tiga efek ke dalam foto/gambar yang ingin kamu edit sekaligus mengubah posisi, ukuran (kotak atau 16:9) untuk memaksimalkan hasil editan kamu. Lumyer bisa kamu download dan install di iOS dan Android.

Live Motion Picture - Live Photo Animation

Live Motion Picture adalah aplikasi yang memberikan kamu kemudahan untuk mengubah foto biasa menjadi gambar bergerak yang nampak luar biasa dengan cara menggunakan tools meng-edit yang beragam. Live Motion Picture - Live Photo Animation tersedia untuk iOS di App Store dan Android di Google Play Store.

Zoetropic - Photo in Motion

Zoetropic mampu mengubah berbagai memori yang tersimpan dalam gambar diam berupa foto menjadi seakan nyata. Animasi yang diciptakan dari editan aplikasi Zoetropic sangat keren karena teknologi serta efek yang digunakan berkualitas. Perdalam foto kamu dengan tools efek 3d dan efek kamera dan buat foto menjadi semakin realistik. Zoetropic tersedia untuk iOS di App Store dan Android di Google Play Store.

Loopsie - Motion Video Effects Living Photos

Loopsie menawarkan pengalaman visual yang luar biasa untuk semua. Hal ini karena aplikasinya ramah bagi pemula dan mudah untuk dioperasikan. Loopsie menjanjikan animasi foto yang keren menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan dimensi baru ke dalam foto. Dengan Loopsie, kamu juga memiliki kebebasan untuk mengedit latar belakang gambar hingga mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Loopsie bisa kamu download untuk iOS di App Store dan Android di Google Play Store.

Plotaverse - Create Your Reality

Dengan Plotaverse, kamu bisa dengan mudah memberikan “nyawa” ke dalam gambar tidak bergerak sehingga membuat gambar lebih hidup. Pengembangan aplikasi Plotaverse terus dilakukan agar gambar bergerak yang dibuat oleh aplikasinya semakin dinamis. Meski tampilannya lebih advanced dibanding aplikasi lain, namun tools digital yang dikembangkan oleh Plotaverse membuat aplikasi ini ramah bagi pemula yang ingin mendalami dunia motion graphics alias gambar bergerak. Download dan install Plotaverse dari App Store untuk pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android.

Gif Me! Camera

Gif merupakan singkatan dari Graphics Interchange Format, sebuah format file grafik yang digunakan untuk gambar bergerak. Melalui aplikasi GIf Me! Kamu bisa membuat dan berbagi video pendek dalam bentuk GIF animasi. Caranya juga mudah, kamu cukup mengambil gambar dengan kamera smartphone kamu atau ubah foto yang sudah ada menjadi GIF. Aplikasi ini juga memiliki beberapa filter yang bisa kamu eksplorasi untuk membuat karya kamu semakin keren. Download dan install Gif Me! Camera dari App Store untuk pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android.

Beberapa aplikasi di atas memiliki fitur pembelian dalam aplikasi, dan kamu bisa melakukan pembayaran tersebut dengan aplikasi LinkAja. LinkAja memudahkan segala transaksi kamu tidak hanya transaksi di smartphone tapi juga membayar tagihan bulanan atau sehari-hari seperti listrik, air, asuransi, internet, dan lainnya.

LinkAja pun tersedia di Google Play Store bagi kamu pengguna Android dan App Store agi kamu yang menggunakan iOS. Yuk, download sekarang!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :