Info

Informasi Lengkap Seputar Kartu Prakerja 2023: Manfaat, Syarat dan Insentifnya

Icon Calendar LinkAja21 Feb 2023

Image Artikel Informasi Lengkap Seputar Kartu Prakerja 2023: Manfaat, Syarat dan Insentifnya LinkAja
Sumber foto: doc. LinkAja

Program Kartu Prakerja yang digagas oleh Pemerintah akan dibuka kembali pada tahun 2023 ini. Kartu Prakerja tahun 2023 ini akan dibuka beberapa gelombang dalam periode satu tahun ke depan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Kartu Prakerja, cara mendaftar, dan rincian insentif yang diberikan simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan sebuah langkah strategis yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan agar memiliki daya saing yang tinggi. Program ini dirancang dan dikemas sedemikian rupa agar bisa memberikan nilai untuk para penggunanya sekaligus bisa memberikan nilai bagi sektor swasta.

Program ini berjalan pada platform digital, yaitu bermitra dengan marketplace terpilih agar para pengguna bisa mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi terhadap pelatihan yang diikuti. Kolaborasi antara pemerintah dan swasta ini merupakan perwujudan dari semangat gotong royong demi sumber daya manusia Indonesia yang lebih maju dan unggul.

Sejak tahun 2020, sasaran program ini pun meluas. Jika sebelumnya program ini menargetkan kalangan anak muda dan produktif, pada bulan April 2020 Prakerja juga bisa diikuti oleh para pekerja yang terkena PHK akibat pandemi Covid-19.

Pada tahun 2023 ini, pemerintah kembali membuka pendaftaran Prakerja dan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp4,2 juta per individu yang lolos seleksi Prakerja dari anggaran yang telah dialokasikan untuk 595 ribu peserta. 

Baca juga: LinkAja Mitra Pembayaran Resmi Kartu Prakerja

Manfaat Kartu Prakerja

Program unggulan pemerintah pada masa pandemi ini tentunya memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Apa saja manfaat dari Kartu Prakerja ini? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan keterampilan dan keahlian

Salah satu tujuan utama dari dibuatnya program ini adalah memberdayakan sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi lebih unggul dan bersaing di industri kerja. Oleh karena itu, Pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta menghadirkan berbagai macam pelatihan keterampilan dan keahlian yang bisa diikuti oleh para peserta.

Pelatihan yang diberikan pun sangat bervariasi, mulai dari yang sifatnya praktis seperti resep-resep makanan yang bisa layak dijual sampai yang sifatnya keilmuan seperti memahami digital marketing atau media sosial untuk mengembangkan bisnis.

2. Biaya pelatihan ditanggung

Lewat Kartu Prakerja, Pemerintah akan menanggung biaya pelatihan yang disediakan oleh pihak swasta dengan memberikan dana pelatihan sebesar Rp3,5 juta untuk setiap peserta. Hal ini akan membantu peserta untuk bisa lebih bebas memilih pelatihan yang ingin diikuti tanpa terkendala biaya.

Apalagi pihak penyedia pelatihan yang menjadi mitra Prakerja juga akan memberikan potongan harga bagi penerima program ini. Biasanya harga per pelatihan yang dipatok untuk peserta Prakerja hanya berkisar ratusan ribu saja sehingga mereka bisa mengikuti lebih dari satu pelatihan kerja.

3. Melengkapi pendidikan formal

Program ini bisa diikuti oleh semua kalangan yang memenuhi persyaratan, termasuk juga para fresh graduate di antaranya. Pada situasi saat ini, masih ada celah keilmuan yang dibutuhkan oleh industri kerja, tapi masih belum dihadirkan pada sistem pendidikan kita. Program ini diharapkan mampu untuk mengisi kekosongan tersebut dengan melibatkan para profesional sebagai para trainer-nya.

Langkah ini bisa membuat para pencari kerja lebih siap dan dilengkapi dengan keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh industri kerja saat ini. Keahlian-keahlian ini bisa berbagai macam bentuknya, mulai dari hard skill seperti digital marketing ataupun soft skill seperti cara mengirimkan email yang benar atau cara menyusun CV yang tepat guna.

4. Mendapat insentif 

Selain memberikan dana pelatihan yang hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan, Pemerintah juga memberikan dana insentif sebesar Rp600 ribu setelah peserta mengikuti pelatihan.

Selain itu, para peserta juga bisa mengikuti survei Prakerja sebanyak dua kali dalam satu periodenya. Setelah menyelesaikan survei, para peserta mendapatkan dana tambahan sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Baca juga: 6 Kelebihan LinkAja sebagai Mitra Kartu Prakerja

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Untuk bisa terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja, tentunya para peserta harus memenuhi persyaratan yang disebutkan pada laman prakerja.go.id berikut ini:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja yang terkena PHK, pekerja yang membutuhkan peningkatkan kompetensi kerja, termasuk para pelaku usaha mikro.

4. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, Kepala dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN atau BUMD.

5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Cara Buat Akun Prakerja

Untuk bisa mengikuti program Kartu Prakerja ini, setiap calon peserta wajib memiliki akun Prakerja yang bisa diakses www.prakerja.go.id. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Kunjungi situs resmi https://dashboard.prakerja.go.id/daftar

2. Masukkan alamat email dan password yang diinginkan, lalu klik “Daftar.”

3. Secara otomatis Anda akan menerima email pendaftaran.

4. Buka email dan lakukan langkah-langkah verifikasi yang diinstruksikan pada email-nya.

5. Selesai melakukan verifikasi, pendaftaran telah berhasil dilakukan dan Anda pun telah sukses membuat akun Kartu Prakerja.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Setelah membuat akun Kartu Prakerja dengan menggunakan email, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Persiapkan dokumen

Untuk pendaftaran persiapkanlah beberapa dokumen yang diperlukan untuk diunggah nantinya. Dokumen yang diperlukan adalah KTP dan foto diri, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Isi kolom KTP dengan nomor NIK dan kolom Kk (Kartu Keluarga) dengan nomor KK
  • Verifikasi NIK lalu klik “Berikutnya”
  • Unggah foto KTP dan foto diri bersama dengan KTP
  • Jika semua kolom sudah diisi, klik “Kirim”
  • Berikutnya akan muncul beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan.
  • Jawab semua pertanyaan tersebut dengan sejujurnya karena akan berhubungan dengan tema pelatihan yang akan didapatkan.

2. Lakukan tes motivasi dasar

Setelah pendaftaran awal, selanjutnya adalah melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar yang dilakukan secara online. Jika sudah melewati tesnya, selanjutnya akan diminta memiliki seleksi batch untuk menyesuaikan kebutuhan dan domisili masing-masing peserta.

Pastikan semua data dan tes sudah dikirimkan dengan benar agar pendaftaran bisa dilanjutkan. Setelah semuanya selesai proses evaluasi akan segera dilakukan oleh tim Kartu Prakerja dan hasil tes akan diumumkan di website Kartu Prakerja.

Rincian Insentif Kartu Prakerja 2023

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk 595 peserta program Prakerja 2023. Berikut ini adalah rincian untuk total manfaat Kartu Prakerja 2023:

1. Saldo pelatihan kursus

Setiap orang yang telah diterima sebagai peserta Prakerja akan mendapatkan saldo pelatihan sebesar Rp3,5 juta. Saldo ini diberikan secara khusus untuk membeli pelatihan kerja yang tersedia di berbagai macam mitra pelatihan. Peserta bisa mengikuti lebih dari kursus yang tersedia asalkan saldo yang diberikan ini telah mencukupi.

Saldo sebesar Rp3,5 juta ini hanya bisa digunakan untuk dibelikan pelatihan kerja dan tidak bisa dicairkan secara tunai. Setiap peserta wajib menggunakan saldo pelatihan ini sebagai syarat agar bisa mencairkan insentif Kartu Prakerja lainnya.

2. Insentif Kartu Prakerja

Selain saldo pelatihan, para peserta juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp600 ribu. Dana insentif ini akan disalurkan ke peserta dengan metode transfer ke rekening atau e-wallet peserta. Keseluruhan dana insentif ini baru diberikan setelah peserta menggunakan dana pelatihan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang telah tersedia.

3. Insentif survei Kartu Prakerja

Para peserta Kartu Prakerja juga diberikan kesempatan untuk mendapatkan dana insentif tambahan sebesar Rp100.000. Insentif ini bisa didapatkan saat para peserta mengikuti dan menyelesaikan survei evaluasi Kartu Prakerja sesuai dengan gelombang yang diikutinya.

Survei evaluasi ini biasanya diadakan pada dua tahapan. Para peserta yang telah menyelesaikan satu survei, ia akan mendapatkan insentif sebesar Rp50.000. Survei ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja dan sebagai bahan evaluasi terhadap program Kartu Prakerja pada masa mendatang.

LinkAja merupakan salah satu mitra resmi pembayaran bantuan dana insentif untuk program Kartu Prakerja yang dikeluarkan pemerintah. Kemudahan transaksi di LinkAja, memungkinkan kamu melakukan banyak transaksi keuangan kapan saja dan di mana saja seperti pembelian pulsa dan data, pembayaran tagihan dan asuransi hingga transfer dan kirim uang cepat dan mudah ke semua bank. Selain itu, kamu juga bisa melakukan tarik tunai dana insentif Prakerja ini di jaringan ATM Himbara (BNI, Mandiri, BRI, Bank BTN) dengan sangat mudah.

Untuk bisa menggunakan LinkAja sebagai tempat penyaluran dana insentif, para pengguna perlu meng-upgrade akun LinkAja-nya menjadi Full Service. Berikut adalah langkah-langkah melakukan Upgrade Akun LinkAja Full Service sebelum melakukan sambung rekening akun Kartu Prakerja:

1. Pilih menu “Akun” pada aplikasi LinkAja, klik pada “Tipe Akun” dan pilih “Upgrade Sekarang.”

2. Foto e-KTP dan pastikan e-KTP terlihat jelas dan memenuhi area yang tersedia, kemudian upload foto. 

3. Klik “Foto Wajah” dan ikuti verifikasi wajah sesuai instruksi, kemudian klik “Gunakan Foto”.

4. Klik “Data Diri”, kemudian lengkapi data diri dan klik “Simpan”.

5. Klik “Data Alamat”, kemudian lengkapi data alamat sesuai alamat yang tertera di e-KTP dan klik “Simpan”.

4. Pastikan seluruh kolom sudah bercentang hijau, kemudian ajukan dokumen dan tunggu sampai proses verifikasi data selesai.

5. Tunggu notifikasi mengenai status terbaru untuk pengajuan Full Service.

6. Proses pengecekan bisa dilihat statusnya pada menu “Akun” aplikasi LinkAja.

Setelah proses ini selesai akun LinkAja akan berubah menjadi Full Service dan dapat langsung disambungkan sebagai e-wallet penerima insentif Kartu Prakerja.

Proses upgrade full service ini bisa selesai dengan beberapa syarat, seperti validasi data diri dengan kartu identitas yang benar, swafoto dan foto KTP yang jelas (informasi di dalamnya terbaca dengan baik), dan data tervalidasi benar oleh pihak LinkAja. 

Yuk jadikan LinkAja sebagai e-wallet andalan biar #Apa2Bisa saat ikut program Kartu Prakerja. 

Baca juga: Manfaat Ikut Kartu Prakerja bagi Para Lulusan SMA/SMK

Itulah informasi lengkah tentang Kartu Prakerja yang akan dibuka pada tahun 2023 ini. Yuk buruan daftarkan diri kamu sebagai peserta Kartu Prakerja dan dapatkan manfaat yang bisa meningkatkan kemampuan kamu ke depannya.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya