Gaya Hidup

10 Daftar Anime Sad Ending yang Siap Bikin Kamu Menangis

Icon Calendar LinkAja6 Jul 2022

Image Artikel 10 Daftar Anime Sad Ending yang Siap Bikin Kamu Menangis LinkAja
Sumber foto: Kimi No Na Wa

Siapa bilang anime hanya memberikan tontonan ceria, lucu, dan menghibur? Jika diperhatikan lebih dalam, ternyata ada banyak judul yang memberikan ending kurang bahagia, loh. Anime sad ending ini malah bisa mengundang air mata dari para penontonnya.

Genre yang dibawa anime sedih pun tidak selamanya tentang drama. Kamu bisa menemukan beberapa ending menyedihkan dalam anime action atau fantasy. Nah, supaya tidak penasaran, simak deretan anime sad di bawah ini.

Baca juga: 15 Daftar Anime Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Rekomendasi Anime Sad Ending Terbaik

Jangan lupa siapkan tisu saat mengikuti alur ceritanya, ya. Berikut deretan anime dengan sad ending yang bisa bikin kamu berlinang air mata.

1. Your Lie in April

Mencari anime yang membawa kesedihan mendalam tentunya harus memilih Shigatsu Wa Kimi no Uso atau Your Lie in April. Anime yang dirilis pada 2014 ini memiliki rating yang sangat bagus dan wajib ditonton oleh para pecinta anime sedih.

Kisah dalam anime ini bercerita tentang Arima Kousei yang mahir memainkan piano sejak kecil. Namun, dia tidak mau lagi bermain musik setelah kematian ibunya. Sampai suatu hari, dia bertemu dengan Miyazono Kaori yang berhasil membujuknya untuk bermain piano kembali.

Kousei dan Kaori pun akhirnya bisa berdiri di panggung yang sama. Namun, ada rahasia yang disimpan Kaori terhadap Kousei. Kaori memiliki penyakit ganas yang membuat umurnya tidak akan panjang.

2. I Want to Eat Your Pancreas

Kimi no Suizou wo Tabetai atau I Want to Eat Your Pankreas merupakan pilihan anime sad lainnya yang harus kamu tonton. Cerita dalam animenya dimulai saat Haruki Shiga mengetahui teman sekolahnya, Sakura Yamauchi, menderita penyakit mematikan. Karena Shiga tahu rahasia tersebut, Yamauchi memintanya untuk menjadi temannya sampai meninggal.

Mereka pun jadi sering pergi bersama sepulang sekolah. Tanpa sadar, banyak kenangan manis yang tercipta dari pertemanan tersebut. Sayangnya, Shiga harus menerima kenyataan bahwa suatu hari Yamauchi akan meninggalkannya.

3. Hotarubi no Mori e

Percintaan dua dunia memang sulit menemukan ending yang menggembirakan. Itu juga yang terjadi pada anime Hotarubi no Mori e. Anime ini menceritakan kisah remaja perempuan dan roh yang mendiami hutan.

Hotaru Takegawa merupakan seorang remaja kesepian yang sering menghabiskan waktunya sendirian di hutan. Pada suatu ketika, Takegawa tersesat dalam hutan dan bertemu dengan Gin, sang roh yang ada di hutan. Gin pun membantunya untuk keluar dan memintanya untuk tidak kembali ke hutan.

Namun, permintaan tersebut tidak dihiraukan dan Takegawa tetap kembali ke hutan untuk menemui Gin. Mereka pun menjadi makin akrab dan saling jatuh cinta. Sayangnya, ending yang diharapkan bahagia tidak akan kamu dapatkan dalam anime ini.

4. The Flower We Saw That Day

Judul lengkap dari anime ini adalah We Still Don’t Know the Name of the Flower We Saw That Day. Anime sad ini mengangkat cerita tentang persahabatan enam anak semenjak kecil di sebuah desa. Sayangnya, mereka terpisah lantaran salah satu sahabatnya meninggal dunia. Alasan mereka tidak mau bertemu satu sama lain karena masing-masing mereka merasa bersalah akan kematian sahabatnya tersebut.

Namun, arwah gentayangan dari sosok yang meninggal tidak bisa melihat sahabatnya terpisah begitu saja. Sang arwah pun mendatangi teman-temannya satu per satu untuk membujuk mereka berkumpul kembali.

Mereka mungkin bisa kembali bertemu. Namun, kenangan yang tertinggal di masa kecil mereka tetap membuat perasaan kamu campur aduk saat menontonnya.

5. Ookami Kodomo no Ame to Yuki

Anime sad yang satu ini juga akan bikin hati kamu teriris. Pasalnya, kamu akan diajak dalam perjuangan seorang ibu dalam mengurus dua orang anaknya. Namun, keluarga yang satu ini bukan keluarga biasa karena mereka adalah manusia setengah serigala.

Kejadian ini dimulai pada saat dua orang remaja terlibat cinta di Tokyo. Mereka pun memutuskan untuk menikah. Baru diketahui bahwa pria yang menjadi pasangannya tersebut adalah manusia jadi-jadian. Mereka pun memiliki dua orang anak setengah manusia setengah serigala.

Pada suatu hari, sang manusia serigala ini mengalami kecelakaan dan meninggal dunia. Tinggal ibunya sendiri yang harus membesarkan kedua anaknya tersebut. Mereka pun mendapatkan penolakan karena wujud yang berbeda dan harus tinggal jauh dari masyarakat.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar yang Banyak Ditonton

6. Grave of the Fireflies

Anime sedih karya Studio Ghibli ini juga selalu sukses mengundang air mata. Lata kisahnya terjadi pada Perang Dunia II yang berlangsung di Jepang. Perang ini membuat masyarakat hidup susah dan kehilangan sanak saudara.

Bercerita tentang kakak beradik bernama Seita dan Setsuko. Dua orang tua mereka sudah meninggal akibat perang. Kakak beradik ini pun memutuskan untuk tinggal di barak-barak bekas prajurit perang. Mereka pun harus melihat segala kengerian yang dibawa dalam perang.

7. Plastic Memories

Kembali seputar kisah cinta dua makhluk yang berbeda. Kali ini kamu akan dibawa dalam percintaan antara manusia dan robot Android. Tentunya kisah cinta dua makhluk yang berbeda ini pun tidak akan berakhir bahagia.

Tsukasa merupakan seorang karyawan yang bekerja di perusahaan yang membuat robot Android bernama Isla. Robot ini pun dirancang memiliki hati dan perasaan layaknya seorang manusia. Hal ini yang membuat Tsukasa jatuh hati kepada Isla.

Sayangnya, Robot Isla hanya bisa hidup selama 9 tahun 4 bulan. Setelah itu, dia akan mati dan ingatannya akan hilang semua. Begitu juga dengan ingatan Isla terhadap Tsukasa yang masih mencintainya.

8. 5 Centimeters Per Second

Anime sedih ini merupakan karya Makoto Shinkai yang cukup fenomenal pada zamannya. Ceritanya mengangkat kisah dua sahabat baik bernama Tono Takaki dan Shinohara Akari. Mereka berdua sudah bersama sejak SD.

Pada suatu hari, Akari harus pindah dan menetap di kota lain. Mereka pun masih menyempatkan diri untuk saling berkirim surat. Sesekali pun mereka berjanji untuk bertemu di sebuah tempat.

Makin hari, intensitas mereka berkirim surat pun makin jarang. Pasalnya, masing-masing mereka sudah memiliki kehidupan sendiri. Hingga pada akhirnya, mereka berdua memang tidak akan bisa bertemu kembali.

9. Kimi No Na Wa

Karya Makoto Shinkai lain yang tidak kalah bagusnya adalah Kimi No Na Wa. Anime ini mempertemukan Mitsuha dan Taki di tempat dan waktu berbeda. Tanpa sadar, mereka pun selalu bertukar tubuh setiap harinya.

Karena penasaran, mereka pun saling bertukar pesan dengan cara yang unik. Namun, mereka berdua tidak bisa saling mengingat nama satu sama lain. Pada suatu hari, mereka tidak lagi saling bertukar tubuh.

Akhirnya, Taki tahu bahwa desa yang Mitsuha tinggali sudah hancur akibat meteor. Namun, Taki mencoba memberi tahu Mitsuha tentang kejadian tersebut untuk menyelamatkan nyawanya. Perjuangan Taki dan Mitsuha untuk saling tahu satu sama lain yang akan mengundang air mata kamu.

10. Assassination Classroom

Secara garis besar, anime ini bergenre action. Kamu pun akan diajak untuk mengikuti perjalanan sekelompok murid SMA dengan misi sulit. Mereka harus membunuh monster yang sudah menghancurkan bulan dengan senjata yang ada.

Nah, monster tersebut kemudian diangkat menjadi guru mereka. Murid-murid pun diperkenankan menyerang sang guru dalam keadaan apa pun. Segala cara pun sudah dilakukan oleh para murid, tapi tidak ada yang berhasil.

Alih-alih menyerang balik, sang guru malah mengajari mereka teknik bertarung yang baik. Para murid pun akhirnya mengurungkan niat untuk mengalahkan guru tersebut. Sayangnya, misi untuk pemusnahan harus tetap dilanjutkan dan para murid pun harus tetap membunuh gurunya.

Baca juga: 10 Serial Netflix dengan Rating Tertinggi

Itu dia deretan anime sad ending yang bisa kamu tonton sekarang. Tonton semua anime sedih di atas dengan memanfaatkan layanan streaming yang legal, ya. Nah, bayar layanan streaming-nya langsung dari aplikasi LinkAja, ya!

Nah, biar nontonnya makin seru kamu perlu ditemani sama makanan-makanan favorit nih. Yuk beli makanan teman nonton kamu di merchant-merchant favorit dan dapatkan promo cashback 10% bayar pakai LinkAja. Cek info lebih lengkapnya di sini.

 

Yuk, buruan download LinkAja dari Play Store bagi pengguna Android, dan App Store bagi pengguna iPhone. Ditunggu ya!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya