Info

Bayar Tagihan PLN dan Beli Token Pakai LinkAja Dijamin Bebas Ribet

Icon Calendar LinkAja9 Mar 2022

Image Artikel Bayar Tagihan PLN dan Beli Token Pakai LinkAja Dijamin Bebas Ribet LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Tarif listrik mengalami kenaikan tiap tahunnya. Bahkan kini kebiasaan bekerja dari rumah makin membuat tagihan membengkak. Jika sudah telat isi ulang token atau membayar tagihan listrik, produktivitas tentu bakal terhambat.

Namun, untungnya kini sudah ada banyak jalur pembayaran listrik secara online, salah satunya lewat LinkAja. Kamu bisa beli token, bayar tagihan PLN, hingga tagihan non-listrik PLN.

Lewat aplikasi ini kamu juga bisa mendapatkan berbagai promo menarik dan tentunya kemudahan akses kapan pun dibutuhkan.

Ada dua cara membayar tagihan listrik dan membeli token listrik PLN, yaitu langsung lewat aplikasi LinkAja atau PLN Mobile.

Cara Beli Token atau Bayar Listrik PLN via LinkAja

Berikut cara membeli token atau bayar listrik PLN via aplikasi LinkAja.

> Buka aplikasi LinkAja di ponsel. Jika belum ada, unduh aplikasinya di AppStore atau Google Play.

> Pada halaman utama aplikasi, pilih menu Listrik.

> Pilih menu Prepaid untuk membeli token listrik. Postpaid untuk membayar tagihan biasa. Terakhir, PLN non-tagihan listrik untuk pemasangan sambungan baru, penambahan/pengurangan daya, dan lain-lain.

> Jika memilih prepaid, pilih nominal token yang ingin dibeli.

> Masukkan ID pelanggan, kemudian tekan Lanjutkan.

> Cek ulang detail transaksi. Jika sudah sesuai klik Konfirmasi.

> Terakhir lakukan pembayaran.

Setelah transaksi berhasil, kamu akan menerima struk transaksi yang berisi nomor token. Selanjutnya, masukkan nomor tersebut pada meteran untuk mengaktifkan token yang telah dibeli.

Cara Beli Token dengan LinkAja via PLN Mobile

Selain lewat aplikasi LinkAja, kamu juga bisa melakukan transaksi pembayaran listrik lewat PLN Mobile.

Berikut cara membeli token atau bayar listrik PLN dengan LinkAja via PLN Mobile.

> Pilih menu Token dan Pembayaran.

> Masukkan Nomor ID pelanggan jika belum terdaftar di akun PLN Mobile. Kamu bisa mendaftarkan beberapa nomor tagihan sekaligus di aplikasi ini.

> Setelah pilih ID Pel/No Meter, pilih menu Beli Token.

> Selanjutnya pilih nominal token yang akan dibeli.

> Lanjutkan pembayaran.

> Untuk membayar tagihan listrik dengan LinkAja klik Ganti Metode Pembayaran. Setelah memilih LinkAja, klik Bayar.

> Cek Riwayat Transaksi untuk melihat status pembayaran tagihan tadi.

Tips Hemat Listrik di Rumah

Meski LinkAja menawarkan kemudahan tiada dua untuk membeli token atau membayar tagihan PLN, kamu tetap harus menghemat listrik di rumah agar tidak tekor di akhir bulan.

Berikut tips dan cara menghemat listrik di rumah.

1. Matikan AC, Pakai Kipas Angin

AC sudah jadi benda wajib bagi sebagian orang, Namun, saat bekerja, sebaiknya matikan AC karena daya listrik kamu sudah terpakai untuk laptop atau PC yang lebih besar. Ganti dengan kipas angin yang juga bisa membuat ruangan lebih dingin.

Selain itu, kipas angin merupakan pilihan tepat untuk berhemat karena hanya menghabiskan 10% dari energi yang diperlukan untuk AC. Nyalakan kembali AC saat malam hari karena kenyamanan adalah prioritas untuk tidur nyenyak.

2. Pilih AC yang Tepat

Jika memang kamu tidak betah hidup tanpa AC, pilihlah AC yang tepat. Misalnya AC dengan teknologi inverter. Selain itu, pastikan sesuaikan pilihan AC dengan luas ruangan. Pastikan juga memilih kapasitas AC ½ PK, 1 PK berdasarkan faktor luas ruangan tadi.

3. Cabut Ketika Tidak Digunakan

Semua perangkat elektronik tetap mengonsumsi listrik meski dalam kondisi stand by. Konsumsi listrik pada perangkat yang tidak dipakai dan masih mencolok ke soket listrik ini disebut standby power atau phantom load.

Perangkat elektronik besar seperti komputer, TV, microwave, bahkan charger laptop atau ponsel yang tidak dicabut bisa menyedot energi hingga 5-10 persen konsumsi listrik rumah kamu. Cabut jika tidak ingin tekor.

4. Matikan Lampu yang Tidak Perlu

Daripada kerja di ruangan tertutup yang pengap dan membutuhkan penerangan, kenapa tidak memindahkan ruang kerja di samping jendela yang lebih terang dan punya sirkulasi udara yang bagus?

Kamu bisa meminimalkan penggunaan lampu saat siang hari dan tentunya tagihan listrik akan berkurang secara signifikan.

5. Ganti Lampu

Ketahuilah bahwa ada dua pilihan lampu hemat listrik, yaitu lampu CFL dan LED. Lampu compact fluorescent (CFL) hanya menggunakan ¼ energi lampu biasa. Sementara lampu LED, sedikit lebih mahal dari CFL, namun lebih tahan lama dan tidak meninggalkan jejak merkuri.

Nah, itu tadi cara membeli token atau membayar tagihan PLN dari LinkAja atau PLN Mobile. Mudah banget, kan?

Buat kamu para pelanggan PLN, yuk jangan lewatkan promo menarik Token PLN Flash Sale pada tanggal 17 s.d. 20 Agustus 2022 ini. Cek info lebih lengkapnya di sini.

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya