29 July 2021

10 Game PC Offline Ringan untuk PC dan Laptop Spek Rendah

Saat ini perkembangan teknologi juga merambah ke dunia games. Permainan yang dulu bisa dilakukan secara offline kini sudah banyak yang tersedia secara online. Meski demikian, game offline yang bisa dilakukan baik pada PC maupun laptop tidaklah kehilangan penggemar.

Game offline tetap disukai karena biasanya tidak memerlukan RAM dan storage besar pada PC maupun laptop. Jika kamu ingin bermain games PC offline ringan, yuk simak daftar yang bisa dipilih berikut ini!

1. Minecraft

OS

Processor

RAM

Storage

Windows 7 dan di atasnya

Intel Core i3-3210

4 GB

1GB

Game PC offline ringan yang bisa dipilih yaitu Minecraft. Permainan ini memiliki ciri khas balok-balok 3D yang bisa disusun sesuai dengan kebutuhan si gamers sendiri. Permainan ini bisa mengasah kreativitas kamu dalam membuat bangunan apapun yang disukai sesuai imajinasi pemain.

Untuk pemula, salah satu tips yang bisa dilakukan untuk memainkan Minecraft, karena kamu belum memiliki satu pun balok; adalah dengan menebang pohon yang ada di sekitar. Dengan begini kamu akan mendapat balok kayu. Kemudian tabrak pasir dan tanah agar menjadi persediaan untuk membuat bangunan.

2. Zuma

OS

Processor

RAM

Storage

Windows 7 dan seatasnya

Pentium II 350 MHz

128MB

4 GB

Zuma menjadi salah satu game PC offline ringan yang sempat populer pada tahun 90-an dan mudah dimainkan oleh siapa saja. Banyak orang yang memainkan game ini pada masanya karena hampir di semua PC atau laptop pasti dilengkapi dengan Zuma.

Zuma sendiri merupakan permainan menembak menggunakan bola berwarna berbeda dan tidak berurutan dengan tujuan menghilangkan semua bola yang berjalan pada sebuah labirin.

Aturan permainannya, gamers perlu menyusun bola yang warnanya sama. Kemudian tembakan bola berwarna sama hingga bola habis. Permainan ini mempunyai jumlah level yang cukup banyak dan tingkat kesulitan yang berbeda.

Kamu ingin bermain Zuma? Salah satu trik yang bisa dilakukan, yaitu tembakan bola berwarna sama secara tepat sasaran agar bisa meledak. Kemudian harus konsentrasi karena semakin tinggi levelnya tantangan akan semakin sulit.

3. AdVenture Capitalist

OS

Processor

RAM

Storage

Windows XP

Pentium III or Athlon XP

512 MB

60 MB available space

Game selanjutnya yang tidak kalah menarik, yaitu Adventure Capitalist. Dalam game pc offline ringan satu ini memungkinkan kamu bermain dengan mengumpulkan uang lewat berperan jadi pengusaha di segala bidang dan harus cermat menjalankan bisnis agar memperoleh keuntungan yang banyak.

Tips untuk mengumpulkan banyak uang pada permainan ini adalah pastikan kamu menyewa manager di tiap usaha dan sejak awal permainan. Perlu juga menonton iklan dengan klik tombol berbentuk tv, kemudian klik Watch. Dengan menonton iklan bisa menambah keuntungan usaha kamu.

4. Need for Speed Underground 2

OS

Processor

RAM

Storage

Windows 98/98SE/ME/2000/XP

Pentium III or Athlon XP

256 MB

2 GB

Buat kamu yang suka dengan game PC offline ringan bertema otomotif, Need for Speed Underground 2 bisa jadi jawabannya. Game ini mengusung tema modifikasi mobil dan racing serta menawarkan kelebihan pada grafisnya yang cukup bagus dan memungkinkan setiap pemain melakukan modifikasi pada setiap mobil sesuai selera mereka.

Namun, pada permainan Need for Speed Underground 2 ini banyak gamers yang bingung bagaimana cara menamatkannya. Untuk menyelesaikan permainan ini salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari semua tempat modifikasi yang ada di kota. Hal ini perlu dilakukan karena menjadi salah satu persyaratan untuk masuk ke level selanjutnya.

5. Plant Vs Zombie

OS

Processor

RAM

Storage

Windows 10 - 64-Bit

Intel Pentium 4 1.5GHz / AMD Athlon XP 1500+

4 GM

500 MB Hard drive space

Plant Vs Zombie adalah Game PC offline ringan yang menceritakan tentang sebuah serangan para zombie ke sebuah rumah. Para penggunanya akan berperan sebagai pemilik rumah yang harus melindungi tempat tinggalnya dengan cara menempatkan tanaman untuk menyerang zombie yang berjalan di halaman menuju rumah.

Untuk variasi gameplay Plants vs Zombies 2 menawarkan lebih banyak mode seperti mencocokkan tile yang dibawa oleh zombie atau penggunanya akan diberikan sejumlah sun di awal dan harus membangun plants dengan budget yang terbatas. Selain itu ada sebuah mode baru dalam setiap world dengan memiliki sistem level progresif. Menarik sekali, bukan?

6. Call of Duty: Modern Warfare 2

OS

Processor

RAM

Storage

Windows Vista/XP

AMD 64 3200+ or Intel Pentium 4 3.0GHz

512 MB RAM (XP) / 1 GB RAM (Vista)

80 GB Hard drive space

Call of Duty: Modern Warfare 2 adalah sebuah permainan menembak orang pertama yang dikembangkan oleh Infinity Ward dan diterbitkan oleh Activision untuk Xbox 360 dan PlayStation 3 yang resmi diumumkan pada tanggal 11 Februari 2009 dan mulai dirilis ke seluruh dunia pada tanggal 10 November 2009. Permainan ini seri ke-6 dari Call of Duty dan sekuel langsung ke Call of Duty 4: Modern Warfare, dengan alur cerita yang sama.

Hingga saat ini, Call of Duty: Modern Warfare 2 menerima banyak review positif dari berbagai platform game. Setelah rilis, Call of Duty: Modern Warfare 2 sudah terjual sekitar 4,7 juta kopi di seluruh dunia hanya dalam 24 jam.

Oleh karena itu, permainan ini bisa dikatakan sebagai permainan terlaris sepanjang masa di Inggris, dan Game PC offline ringan terlaris kedua sepanjang masa di Amerika Serikat. Tertarik untuk mencobanya?

7. The Sims

OS

Processor

RAM

Storage

Intel Core 2 Duo atau AMD Athlon 64 Dual-Core 4000+

Intel Core 2 Duo 2.4GHz

4 GB RAM

15 GB free space + 1 GB additional space

The Sims adalah permainan komputer simulasi hidup strategik yang dibuat oleh desainer permainan Will Wright, dipublikasi oleh Maxis, dan didistribusikan oleh Electronic Arts. Game PC offline ringan ini merupakan sebuah simulasi aktivitas sehari-hari dalam hidup. Pada tanggal 4 Februari 2000, permainan ini telah terjual sebanyak 16 juta kopi yang membuatnya sebagai Game PC offline ringan dengan penjualan terbesar dalam sejarah.

Hingga saat ini, terdapat 4 jenis The Sims sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2000, yaitu The Sims 1, The Sims 2, The Sims 3 hingga yang terbaru adalah The Sims 4. Pada masing-masing game, terdapat beberapa jenis pack untuk melengkapi permainan dasarnya, yaitu EP, GP, dan SP.

EP (Expansion Packs) adalah penambahan pada game dasar yang biasanya berupa area, objek, serta pengembangan cerita baru yang belum disediakan pada game dasar. Berikutnya adalah GP (Game Packs). GP adalah penambahan pada game dasar yang berupa fitur, objek, dan pakaian yang berdasarkan pada tema tertentu. Terakhir, SP (Stuff Packs) yang merupakan sebuah penambahan pada game dasar yang berupa penambahan objek dan pakaian berdasarkan tema tertentu.

8. Far Cry

OS

Processor

RAM

Storage

Windows 98SE/ME/2000/XP

3.2 GHz Pentium 4, 2.66 GHz Pentium D, AMD Athlon 64 3500+

256 MB

4 GB Hard drive space

Far Cry merupakan game open world dengan genre bebas dan liar. Far Cry merupakan sebuah game PC offline ringan yang memiliki beberapa seri yang bisa kamu mainkan. Meski ringan, permainan ini dilengkapi dengan gameplay yang seru, loh! Far Cry memiliki latar belakang wilayah tropis dilengkapi dengan beberapa unsur seperti Indonesia, seperti harimau sumatera dan komodo.

Game PC offline ringan ini memungkinkan para pemainnya untuk bisa menjelajahi atau mengeksplorasi pegunungan sampai dasar lautan. Jadi, kalau kamu hanya memiliki kapasitas PC yang tidak terlalu banyak, Far Cry merupakan pilihan game yang tepat karena memiliki spek yang rendah.

9. Resident Evil

OS

Processor

RAM

Storage

Windows 7 dan seatasnya

Pentium II 350 MHz

128MB

4 GB

Resident Evil, atau di Jepang bernama Biohazard, adalah seri permainan video dan waralaba media yang terdiri dari buku komik, novel, film, dan lain-lain. Game PC offline ringan ini dikembangkan oleh Capcom dan dibuat oleh Shinji Mikami, dan mencapai 40 juta permainan setelah peluncurannya pada bulan Mei 2009.

10. Grand Theft Auto: San Andreas

OS

Processor

RAM

Storage

Microsoft Windows 2000/XP

1 Ghz Pentium III

 

256 MB

3.6 GB

Jika berbicara game pc offline ringan jangan lupakan Grand Theft Auto: San Andreas. Permainan ini memiliki grafis yang tak kalah menarik dan di setiap babaknya memiliki misi tertentu yang harus dicapai dan dilengkapi berbagai tantangan.

Agar misi bisa berhasil ada banyak item dan status yang perlu ditingkatkan yaitu menambah stamina fisik dan pernapasan, latih kemampuan menembak, melatih driving skill, dan mengumpulkan kendaraan.

Permainan ini termasuk salah satu game yang cukup diminati dan masih dimainkan oleh banyak gamers PC dari dulu. Game ini cukup menarik karena kamu bisa membangun alur cerita dengan gaya sendiri atau bereksperimen (gameplay open-world) agar tidak membosankan.

Dari 5 game PC offline ringan di atas mana yang menjadi favorit kamu? Masih banyak juga pilihan games yang bisa dipilih salah satunya games berbayar di itemku.com. Platform ini menjadi tempat untuk para gamers melakukan top-up, beli voucher games dan aneka kebutuhan game lainnya. Kamu bisa melakukan transaksi di itemku.com #PakeLinkAja.

Cara Bayar #PakeLinkAja di Itemku.com

  1. Buka situs Itemku.com

  2. Tentukan item atau voucher yang diinginkan

  3. Lakukan check-out untuk melakukan pembelian

  4. Pilih menu Metode Pembayaran

  5. Klik LinkAja

  6. Input Nomor smartphone dan PIN

  7. Lakukan konfirmasi nominal pembelian yang tertera di layar

  8. Tekan Benar. Transaksi akan dinyatakan berhasil

Baca Juga: Selain Dota, Ini 5 Daftar Game Steam Gratis yang Bisa Kamu Mainkan

Selain melakukan transaksi top-up dan beli voucher games, LinkAja juga menyediakan promo berupa cashback atau diskon tiap bulan di sini, ya. Tak perlu repot lagi melakukan transaksi karena ada LinkAja yang bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store dan bagi pengguna iPhone.

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :