03 December 2020

Tak Banyak yang Sadar Manfaat Asuransi Perjalanan. Apa Saja Sih?

Kalau kamu sedang berencana melakukan perjalanan ke negara Amerika atau Eropa salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menuju ke negara destinasi yaitu memiliki asuransi perjalanan. Bahkan beberapa negara di Asia pun juga memberlakukan kebijakan untuk memiliki asuransi perjalanan.

Sebenarnya apa itu asuransi perjalanan? Asuransi ini merupakan jenis perlindungan yang digunakan selama kamu bepergian keluar negeri baik karena hobi traveling atau urusan pekerjaan yang mengharuskan melakukan perjalanan ke beberapa negara.

Asuransi perjalanan sangat berfungsi ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama perjalanan berlangsung. Bila memang ingin memiliki asuransi ini kamu harus mengurusnya sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri agar perjalanan bisa nyaman.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan bila menggunakan asuransi perjalanan. Apa saja? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

5 Manfaat Asuransi Perjalanan

1. Memberikan Pertanggungan Biaya Perawatan Medis

Manfaat asuransi perjalanan yang pertama adalah mampu memberikan uang pertanggungan dari perawatan dan pengobatan medis yang kamu peroleh selama berada di negara tersebut bila terjadi kecelakaan atau cedera.

2. Mendapatkan Santunan Atas Kematian

Bila kamu sebagai pencari nafkah meninggal dunia saat melakukan perjalanan, maka salah satu manfaat dari asuransi perjalanan, yaitu memperoleh sejumlah uang pertanggungan yang akan diberikan pada keluarga kamu dari pihak asuransi.

3. Adanya Ganti Rugi Kehilangan Bagasi atau Kerusakan Barang

Terkadang dalam melakukan perjalanan ada saja peristiwa penumpang mengalami bagasi atau barang yang dibawa hilang atau rusak. Bila kamu memiliki asuransi perjalanan, bisa memperoleh ganti rugi terhadap peristiwa tersebut.

4. Mendapatkan Kompensasi Atas Pembatalan atau Keterlambatan Perjalanan

Saat melakukan perjalanan, terkadang ada saja kondisi di mana pesawat atau kendaraan yang kamu gunakan terlambat hingga 12 jam lamanya atau mengalami pembatalan keberangkatan karena beberapa kondisi seperti masalah cuaca buruk, kondisi kendaraan yang tidak layak jalan, atau masalah lainnya.

Nah, bila kamu memiliki asuransi perjalanan, manfaat yang akan diperoleh salah satunya adalah menerima kompensasi dari pihak asuransi bila hal tersebut terjadi. Bentuk kompensasi yang diterima oleh peserta peserta bisa berbeda-beda, salah satunya adalah memperoleh makanan dan minuman atau penginapan gratis di hotel yang bermitra dengan maskapai penerbangan tersebut.

5. Memperoleh Pertanggungan dari Kerugian Akibat Bencana Alam dan Terorisme

Ada sebagian layanan asuransi perjalanan yang menyediakan manfaat berupa pertanggungan terhadap bencana alam dan aksi terorisme yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Kalau kamu memiliki asuransi perjalanan, kerugian berupa finansial atau fisik bisa ditanggung oleh pihak asuransi.

Biasanya jasa asuransi perjalanan profesional akan menyediakan pelayanan perlindungan termasuk evakuasi medis selama 24 jam setiap harinya selama kamu melakukan perjalanan dan aktivitas di lokasi tujuan.

Baca juga: Cari Asuransi Kesehatan yang Bagus dan Terjangkau? Cek Daftarnya di Sini!

Tips Memilih Asuransi Perjalanan

Sekadar tambahan sebelum benar-benar memilih asuransi perjalanan, kamu harus mempelajari asuransi perjalanan yang digunakan. Terdapat 5 hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pelajari negara mana saja asuransi itu berlaku
  2. Pelajari berapa besarnya perlindungan yang diperoleh dari asuransi perjalanan
  3. Perhatikan waktu perlindungan asuransi
  4. Kondisi apa saja yang akan dilindungi oleh asuransi perjalanan tersebut
  5. Syarat riwayat sakit. Biasanya perusahaan asuransi tidak menanggung kondisi kesehatan yang sudah kamu alami sebelumnya. Namun coba cari tahu lebih dalam lagi terkait hal ini bisa jadi ada beberapa kondisi riwayat sakit yang bisa ditanggung oleh asuransi perjalanan

Selain menggunakan asuransi perjalanan, bila diperlukan kamu juga perlu menggunakan asuransi jiwa atau asuransi kesehatan yang saat ini sudah banyak tersedia. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan masing-masing. Yang jelas, pililah sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk urusan membayar premi asuransi juga sekarang semakin dimudahkan dengan layanan e-money seperti aplikasi LinkAja. Aplikasi ini merupakan layanan uang elektronik yang bisa diandalkan untuk melakukan banyak pembayaran, selain bayar premi asuransi bisa juga dipakai untuk bayar tagihan telepon dan TV berlangganan, pembayaran premi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik,  pembelian pulsa, bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang bermitra dengan LinkAja, donasi, dan kirim uang.

LinkAja juga sering mengadakan diskon atau promo menarik yang bisa kamu di sini. Aplikasi LinkAja bisa kamu gunakan dengan men-download-nya terlebih dulu di App Store bagi pengguna iPhone dan Play Store untuk pengguna Android.

Baca juga: Panduan Lengkap Pembayaran Premi Asuransi

Bagikan artikel ini :