23 October 2020

Panduan Lengkap Pembayaran Premi Asuransi

Premi asuransi merupakan kewajiban dari peserta asuransi sebagai tertanggung untuk membayar sejumlah dana dalam jangka waktu tertentu. Pembayaran premi bisa dilakukan secara berkala tiap bulan, per semester, atau sekaligus per tahun ke pihak asuransi. Kebijakan teresebut tergantung dari waktu jatuh tempo yang ada di perjanjian asuransi.

Sebenarnya Apa Tujuan Pembayaran Premi Asuransi?

Ada beberapa tujuan yang perlu diketahui calon peserta asuransi mengapa premi harus dibayarkan. Selain sebagai bentuk jaminan perlindungan terhadap kemungkinan risiko kerugian yang dialami, peserta asuransi jadi tidak perlu membayar sendiri kerugian yang dialami karena musibah atau sakit yang jumlahnya tidak pasti.  

Secara umum, ada beberapa jenis premi yang biasa dikenal, yaitu asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, dan asuransi properti. Masing-masing premi asuransi itu berbeda dan bergantung dari aturan dari perusahaan asuransi.

Hal-hal yang memengaruhi besar kecilnya pembayaran premi disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi awal tertanggung atau objek tertanggung, perkiraan klaim yang akan diajukan, jenis pertanggungan asuransi yang dipilih, jumlah uang pertanggungan yang akan diterima, area tempat tinggal atau tempat kerja tertanggung, dan juga bisa dipengaruhi oleh kompetisi perusahaan asuransi.

Baca juga: Cari Tahu Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan di Sini!

Bagaimana Cara Memilih Premi Asuransi?

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk dan memiliki kelebihan masing-masing. Terkadang kondisi ini membuat banyak orang jadi bingung menentukan mana asuransi yang tepat.

Tak perlu bingung, kamu bisa ikuti cara memilih premi asuransi yang tepat dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti memilih produk yang menawarkan manfaat lebih banyak, memilih produk berdasarkan kebutuhan, dan menyesuaikan dengan kondisi keuangan kamu atau keluarga.

Macam-macam Pembayaran Premi Asuransi    

Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk melakukan pembayaran premi. Beberapa di antaranya, yakni:

Pembayaran Premi dengan ATM

  1. Masukkan kartu ATM bank kamu
  2. Masukkan nomor PIN
  3. Pilih Menu Transaksi Lainnya
  4. Pilih Transfer
  5. Pilih 'Transfer ke Rekening Bank yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi tempat kamu terdaftar
  6. Input nomor rekening tujuan
  7. Masukkan total tagihan premi yang akan ditransfer
  8. Tunggu hingga muncul informasi pada layar
  9. Cek apakah informasi yang muncul dalam layar sudah sesuai, lalu pilih Benar
  10. Simpan bukti transfer

Pembayaran Premi secara Online dengan Aplikasi LinkAja

  1. Unduh aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Lalu lakukan registrasi dan isi saldo minimal untuk membayar premi asuransi
  2. Jika sudah terdaftar, pilih menu lainnya di halaman utama
  3. Pilih layanan Keuangan
  4. Pilih menu Asuransi
  5. Pilih menu nama perusahaan asuransi
  6. Masukkan nomor Virtual Account pada kolom ID Pelanggan, lalu tekan pilihan “Lanjutkan”
  7. Ikuti petunjuk dari aplikasi LinkAja untuk mengikuti prose pembayaran
  8. Nantinya kamu akan menerima bukti pembayaran bila transaksi berhasil

Selain memfasilitasi pembayaran tagihan asuransi, LinkAja juga memungkinkan kamu melakukan transaksi untuk tagihan telepon dan TV berlangganan, pembayaran premi BPJS Ketenagakerjaan, pembelian pulsa, bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang bermitra dengan LinkAja, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, donasi, dan kirim uang.

Baca juga: Cari Promo Buat Bayar TV Kabel? Cek Informasi Lengkapnya di Sini!

Bagikan artikel ini :