Info

Rincian Biaya Franchise Mixue untuk Memulai Bisnis Franchise

Icon Calendar LinkAja12 Des 2022

Image Artikel Rincian Biaya Franchise Mixue untuk Memulai Bisnis Franchise LinkAja
Shutterstock.

Mixue menjadi salah satu brand F&B yang cukup populer belakangan ini. Kamu bahkan bisa menemukan cabangnya di banyak sudut kota. Tidak heran jika banyak orang yang menjadi tertarik dengan franchise Mixue ini dan ingin segera memulai bisnisnya.

Keunggulan Mixue tentu saja terletak dari menunya. Banyak orang tertarik dengan minuman manis hingga es krim dengan rasa manis yang khas. Bukan hanya itu, Mixue juga menawarkan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp8 ribuan.

Alasan ini juga yang buat gerai Mixue selalu dipenuhi dengan pembeli. Bisnis Mixue terlihat sangat menjanjikan bagi para pemilik modal yang ingin memulai usaha. Jika kamu juga tertarik, yuk cari tahu informasi tentang bisnis Mixue di bawah ini!

Baca juga: 10 Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris yang Layak Kamu Lirik

Mengenal Sejarah Mixue

Mixue merupakan sebuah brand yang hadir dari sebuah toko kecil di pinggir jalan distrik Zhengzhou, China, pada 1997. Zhang Hongchao, pemilik kedai ini, awalnya membuat sebuah bisnis bubble tea. Perjalanannya pun tidak berjalan mulus.

Hongchao memindahkan usahanya ini ke distrik Hefei di Provinsi Anhui yang memiliki lebih banyak penduduk. Harapannya tentu saja supaya bisnisnya bisa lebih cepat dikenal orang dan mendapatkan keuntungan. Sayangnya, langkah tersebut malah gagal sehingga membuat Hongchao kembali ke kota asalnya dan membangun Mixue dari awal.

Namun, hal tersebut malah membuat Hongchao lebih semangat dalam menjalankan usahanya. Dia pun meresmikan nama Mixeu Bingcheng pada 1999 dan mencari formula es krim terbaik. Baru pada 2006, Mixue dikenal sebagai merek es krim yang sangat dikenal di China.

Hongchao juga mempertahankan harga murahnya ini untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Dari satu es krim cone saja, keuntungan yang didapat hanya sekitar 3 yuan atau Rp6 ribu. Namun, cara ini yang membuat Mixue bisa mencatatkan pemasukan hingga lebih dari 6,5 miliar Yuan per tahunnya.

Pada 2021, Mixue sudah lebih cuan lagi dengan pendapatan hingga 20 miliar Yuan per tahunnya. Gerai Mixue pun sudah ada di banyak negara Asia, mulai dari Vietnam, Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Gerainya di Indonesia pun sudah lebih dari 300 dan jumlahnya terus bertambah dari hari ke hari.

Biaya Franchise Mixue

Informasi yang pastinya akan dicari orang adalah harga dan cara daftar franchise Mixue. Biarpun populer dengan harga menunya yang terjangkau, harga franchise Mixue relatif cukup tinggi, loh. Biaya yang dibutuhkan oleh seorang investor bisa sekitar Rp700—Rp800 juta.

Berikut rincian biaya yang perlu dipersiapkan:

  • Deposit Rp40 juta
  • Management fee Rp18—Rp24 juta per tahun
  • Biaya survei Rp2 juta
  • Biaya renovasi gerai Rp200—Rp350 juta (tergantung kondisi gerai)
  • Biaya sewa ruko Rp70—Rp200 juta (tergantung dari lokasi dan luas ruko)
  • Biaya bahan baku pertama Rp100 juta
  • Biaya peralatan dan mesin Rp170 juta
  • Biaya pelatihan Rp3 juta

Kamu jangan khawatir dengan brand Mixue yang sudah cukup punya nama sekarang. Manajemen Mixue sendiri menjanjikan balik modal sekitar 12—18 bulan setelah hari pertama buka. Namun, hal tersebut juga dipengaruhi dengan berbagai kondisi di lapangan, seperti lokasi dan demografi masyarakat yang ada di sekitar gerai.

Baca juga: 10 Ide Jualan Makanan Kekinian dengan Modal Kecil

Syarat Franchise Mixue

Siapa pun bisa menjadi mitra dan menjalankan bisnis sebagai pemilik gerai Mixue. Selain biaya, tentu saja manajemen Mixue akan meminta kamu untuk menyediakan lokasi berjualan. Tenang, syarat lokasinya tidak terlalu merepotkan, kok.

Sejumlah mitra biasanya memanfaatkan ruko untuk membuka gerai Mixue. Kamu yang punya ruko sendiri tentunya bisa lebih berhemat dari sisi modal. Jika belum, kamu bisa menyewa ruko yang terbilang punya letak strategis.

Namun, ruko yang dipilih tidak boleh asal, ya. Berikut syarat-syarat yang diberikan oleh Mixue untuk lokasi gerainya:

  • Luas bangunan minimal 25 meter persegi
  • memiliki lebar muka minimal 3,8 meter
  • Tinggi plafon minimal 2,7 meter
  • Memiliki sumber air bersih
  • Memiliki sanitasi yang baik
  • Memiliki daya listrik minimal 33.000 Watt

Cara Memulai Bisnis Franchise Mixue

Langkah selanjutnya adalah mendaftar diri sebagai mitra Mixue. Sebagai salah satu brand besar, Mixue juga sudah cukup berpengalaman untuk membantu para investor untuk memiliki cabang dan mulai berbisnis. Berikut langkah yang perlu kamu lakukan untuk mendaftar franchise Mixue:

1. Hubungi konsultan kemitraan melalui nomor +6281909370-666 (telepon atau WhatsApp)

2. Ajukan permohonan untuk menjadi mitra

3. Kamu akan dijelaskan informasi terkait dengan Mixue terlebih dulu.

4. Pihak Mixue akan melakukan survei lokasi

5. Jika sudah cocok, investor perlu menandatangani perjanjian kemitraan dengan Mixue

6. Pihak Mixue akan membantu proses dekorasi gerai

7. Pihak Mixue akan memberikan pelatihan teori dan praktik tentang operasional

8. Setelah semua siap, gerai baru Mixue sudah siap beroperasi

Itu dia tadi segala hal tentang franchise Mixue untuk kamu yang tertarik ambil bagian sebagai mitranya. Jika memang sudah siap dari segala aspek, tidak ada salahnya mulai mencoba peruntungan untuk membuka gerai Mixue yang baru.

Baca juga: Mau Buka Rekening BNI Online? Cek Info Lengkapnya di Sini!

 

Buat kamu yang memang masih banyak pertimbangan untuk menjalankan usaha waralaba, bisa alihkan dulu modalnya ke produk investasi. Manfaatkan aplikasi LinkAja yang punya fitur Tabungan Emas dan Reksadana untuk mengembangkan aset kamu. Dapatkan aplikasi LinkAja di sini:

 

 

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya