Keuangan

10 Ide Jualan Makanan Kekinian dengan Modal Kecil

Icon Calendar LinkAja17 Jun 2022

Image Artikel 10 Ide Jualan Makanan Kekinian dengan Modal Kecil LinkAja
Shutterstock.com

Membangun usaha kuliner ternyata bisa dimulai dengan modal yang minim. Terlebih lagi jika kamu memilih ide jualan makanan kekinian yang memang diburu oleh banyak orang. Bukan tidak mungkin usaha kamu bisa menghasilkan banyak keuntungan dalam tempo singkat.

 

Memulai usaha kuliner pun sekarang sudah sangat mudah. Kamu bisa menjalankannya dari rumah dengan memanfaatkan media sosial atau layanan pesanan online via platform digital. Cara ini akan membuat kamu tidak perlu modal besar untuk sewa tempat.

 

Jenis makanan yang bisa dijual pun sangat beragam. Kamu bisa memilih camilan untuk dikonsumsi saat santai atau makanan besar yang mengenyangkan. Jika belum dapat idenya, coba cek sejumlah peluang usaha makanan kekinian di bawah ini!

 

Baca juga: Cara Memulai Usaha Grosir Sembako yang Sukses

 

Rekomendasi Ide Jualan Makanan Kekinian

 

Ide jualan makanan kekinian tentunya harus menawarkan tampilan yang unik dan instagramable. Di samping itu, kamu juga tetap perlu mengedepankan rasa supaya orang-orang akan datang lagi untuk membeli. Yuk, simak sederet makanan kekinian yang bisa jadi ide bisnis kulinermu sekarang!

 

1. Ayam goreng crispy

 

Menu ayam paling banyak peminatnya dan bisa disantap kapan saja. Kamu bisa menjadikan ayam goreng sebagai camilan di kala santai atau lauk untuk disantap bersama nasi. Dengan kata lain, pasar yang diincar dari jualan ayam goreng crispy pun sangat luas.

 

Untuk membuatnya jadi lebih menarik, kamu perlu membuat variasi sambal untuk menemaninya. Mulai dari saus sambal, sambal tomat, sambal matah, hingga sambal bajak yang sangat pedas. Jadikan variasi sambal tersebut alasan supaya pelanggan mau membeli kembali.

 

2. Dadar gulung

 

Dadar gulung sudah berubah menjadi makanan kekinian yang dinikmati oleh banyak orang. Jangan heran jika menu dadar gulung sudah bisa kamu jumpai di berbagai rumah makan. Bahan-bahan yang dipakai untuk dadar gulung pun terbilang sangat murah dan mudah didapatkan.

 

Membuat dadar gulung pun cukup mudah seperti membuat telur dadar. Selanjutnya hanya perlu membuat gulungan dadar dengan menggunakan tusuk sate.

 

Kamu bisa menyediakan berbagai varian rasa dadar gulung untuk ditawarkan ke pelanggan. Sebut saja rasa gurih asin, pedas, rumput laut, hingga keju tabur.

 

3. Corndog

 

Corndog adalah camilan yang terbuat dari sosis dan dilumuri oleh adonan tepung roti dan tepung panir. Setelah digoreng, corndog diberi saus dan mayones untuk menambah rasanya. Jajanan ini makin populer lantaran sering muncul dalam sejumlah seri drakor (drama Korea).

 

Dilihat dari bahan-bahannya, jualan corndog menjadi salah satu pilihan peluang usaha yang butuh modal kecil. Tantangannya mungkin muncul saat mulai mengolah adonannya. Setelah mahir, kamu akan bisa bikin variasi untuk corndog yang lebih unik.

 

4. Rice box

 

Sekarang ini, restoran yang menawarkan menu rice box pun sudah sangat menjamur. Bisa diartikan bahwa menu yang satu ini cukup digemari oleh masyarakat. Makanan yang satu ini menawarkan kepraktisan serta pilihan isian yang beragam.

 

Nah, kamu bisa berkreasi di dalam rice box ini. Mulai dengan menu yang digemari orang, seperti nasi telur, nasi ayam goreng tepung, dan nasi teriyaki. Kalau memang punya modal lebih, kamu bisa hadirkan menu daging sapi atau steik wagyu dalam menu rice box yang kamu jual.

 

5. Brulee bomb

 

Camilan yang satu ini juga cukup populer di generasi muda saat ini. Brulee bomb adalah camilan berbentuk bola-bola yang terdapat saus keju di dalamnya. Makanan yang satu ini bisa dijumpai di kafe atau resto sebagai menu sharing untuk teman ngopi.

 

Brulee bomb juga bisa dijual dalam bentuk frozen food, loh. Malahan, kamu bisa menambah varian isi di dalamnya. Sebut saja potongan sosis, ayam, sayuran, hingga irisan cabai untuk membuatnya lebih pedas.

 

Baca juga: Cara Menjadi Agen Tiket Pesawat untuk Para Pemula

 

6. Nasi goreng

 

Siapa bilang nasi goreng bukan makanan kekinian? Nasi goreng masih jadi makanan yang dicari banyak orang untuk membuat perut kenyang tanpa repot. Kamu hanya perlu membuat sedikit sentuhan berbeda untuk membuat makanan biasa ini menjadi lebih kekinian.

 

Cara paling mudahnya adalah menambah jumlah porsi. Sejumlah tempat makan mendadak viral karena menjual porsi nasi goreng yang lebih banyak dua hingga tiga kali dari biasanya. Di samping itu, kamu pun bisa menambahkan menu nasi goreng dengan daging, sate, atau parutan keju. Mungkin juga kamu punya ide yang lebih bagus untuk nasi goreng yang akan dibuat nantinya.

 

7. Bomboloni

 

Dengan banyaknya toko donat di mal, bomboloni juga makin dikenal oleh banyak orang. Bomboloni adalah donat tanpa lubang di bagian tengahnya. Lalu, donat tersebut diisi oleh saus atau selai dengan berbagai rasa.

 

Isian rasanya pun bisa bermacam-macam. Kamu bisa memasukkan saus cokelat, stroberi, bluberi, vanila, green tea, hingga cream cheese. Pemasaran bomboloni biasa dikemas setengah atau satu lusin supaya pelanggan bisa memesan lebih dari satu rasa.

 

8. Churros

 

Camilan goreng yang punya rasa manis ini juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang mencari ide usaha kuliner. Modal membuatnya pun tidak mahal. Pasalnya, kamu hanya butuh tepung terigu, telur, minyak goreng, mentega.

 

Untuk rasanya, kamu bisa menggunakan gula halus yang dicampur dengan bubuk kayu manis. Kalau mau lebih kekinian, kamu bisa menggunakan cokelat Nutella, choco chunch, hingga Oreo cream. Selanjutnya adalah memikirkan pengemasan dan pemasaran supaya banyak orang yang membeli jualanmu.

 

9. Salad buah

 

Sudah banyak orang yang mengusung pola hidup sehat sehingga menu buah-buahan jadi makin banyak dicari. Tidak heran jika beberapa jualan salad buah pun mendadak viral di media sosial. Hal ini pun membuat peluang buatmu untuk memulai membuat resep salad buah sendiri.

 

Buat variasi buah yang ada di dalamnya supaya jualanmu lebih berwarna. Jangan lupa tambahkan parutan keju cheddar yang berlimpah di atasnya. Nah, kamu bisa menjualnya  dalam ukuran 250 ml, 500 ml, hingga 1 liter.

 

10. Dessert box

 

Makanan kekinian lain yang cukup viral di media sosial adalah dessert box. Kamu pun bisa membuat banyak kreasi untuk makanan manis ini. Kamu bisa membuat dessert box oreo, red velvet, cheesecake, green tea, tiramisu, dan regal.

 

Bisnis dessert box biasanya akan ramai pembeli saat perayaan hari besar. Misalnya saat Idul Fitri dan Natal ketika orang-orang berbondong-bondong mau mengirimkan parsel ke saudara atau kerabat. Namun, makanan ini tetap akan dicari sebagian orang di hari-hari biasa. Kamu hanya  perlu mengencangkan pemasarannya saja.

 

Itu dia sederet ide jualan makanan kekinian yang bisa kamu mulai sekarang. Sebelum mulai bisnis, kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dulu dengan mencoba berbagai makanan kekinian yang ada di pasaran.

 

Jangan lupa manfaatkan aplikasi LinkAja untuk bayar semua jajananmu. LinkAja punya fitur pembayaran melalui scan QR yang praktis. Jajan makanan kekinian apa pun akan lebih PeDe karena #Apa2Bisa pakai LinkAja. 

 

Baca juga: Cara Bayar Grab Pake Aplikasi LinkAja, Cek di Sini!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya