Info

10 Pilihan Kursus Online Digital Marketing untuk Tambah Skill

Icon Calendar LinkAja25 Agt 2022

Image Artikel 10 Pilihan Kursus Online Digital Marketing untuk Tambah Skill LinkAja
Sumber foto: Shutterstock

Profesi digital marketer sekarang sudah makin banyak dilirik oleh banyak orang. Kamu yang ingin terjun ke dunia pemasaran digital ini pun bisa memulainya dengan mengasah pengetahuan dan keahlian dari sekarang. Mulai dengan mengikuti berbagai kursus digital marketing yang sudah sangat mudah ditemui.

Kursus ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan platform digital sehingga kamu bisa melakukannya dari mana saja. Informasi terkait kursus pun bisa didapatkan dengan mudah melalui media sosial atau situs dari penyedia layanan tersebut. Asalkan mau menekuninya, menjadi digital marketer yang andal bisa dicapai dengan mudah.

 

Baca juga: 15 Cara Menghasilkan Uang dari Hp yang Aman dan Mudah

Rekomendasi Kursus Digital Marketing

Materi digital marketing tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu pun bisa mendapatkannya dari banyak sumber. Berikut pilihan kursus digital marketing yang bagus:

1. Google Digital Garage

Google Digital Garage merupakan salah satu pilihan kelas digital marketing yang bisa diambil oleh para pemula. Kamu bisa dapatkan pedoman dan pondasi digital marketing yang perlu diketahui oleh para marketer. Kursus ini menyediakan 26 modul dalam kelas Fundamental of Digital Marketing yang bisa diakses secara online.

Kursus Google Digital Garage ini sudah terakreditasi oleh The Open University dan Interactive Advertising Bureau Europe. Setelah mengikuti semua materinya, kamu bisa mendapatkan sertifikat yang bisa bermanfaat dalam dunia profesional.

2. Google Analytics Academy

Google juga menyediakan kelas khusus untuk menggunakan Google Analytics. Sebagai digital marketer, kamu perlu mahir menggunakan Google Analytics untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat nantinya. Terlebih lagi tool ini sangat penting untuk bisnis.

Kursus ini memiliki beberapa tingkat yang bisa kamu pilih, mulai dari pemula hingga mereka yang sudah menggunakannya lebih lama. Google pun menyediakan video dan transkrip teks untuk membuatmu mengetahui elemen-elemen penting di dalam materinya.

3. SEMRush Academy

Tool lain yang juga biasa dipakai oleh para digital marketer adalah SEMRush. Platform ini dipakai untuk mengetahui para pengguna dari sebuah website supaya bisa memberikan konten yang relevan. Tidak heran jika kelas dari SEMRush Academy juga penting untuk diikuti oleh para marketer.

Kamu bisa dapatkan materi tentang Search Engine Optimization (SEO), content marketing, social media, hingga affiliate marketing di dalamnya. Kelas ini bisa diselesaikan dengan tempo sekitar 5 jam dengan pilihan hingga 34 modul di dalamnya.

 

Baca juga: 10 Ide Jualan Makanan Kekinian dengan Modal Kecil

4. HubSpot Academy

Serupa dengan SEMRush Academy, kamu juga bisa dapatkan kelas digital marketing dalam HubSpot Academy. Kamu pun bisa dapatkan materi terkait SEO, social media, dan branding. Selain itu, ada pula materi khusus dalam inbound marketing yang melakukan pemasaran untuk menarik pelanggan dengan berbagai konten.

Kursus ini menyediakan 11 modul dalam format video dan teks. Kamu bisa mengikutinya dengan menyisihkan waktu selama kurang lebih 4,5 jam. HubSpot pun memberikan sertifikat untuk kamu yang sudah berhasil menyelesaikan semua materi pembelajaran tentang dunia marketing digital.

5. Social Media Quickstarter

Kamu yang ingin fokus dengan media sosial bisa mengikuti kursus digital marketing yang dijalankan oleh Quickstarter. Kursus ini jadi pilihan yang bagus untuk memulai usaha yang memanfaatkan platform media sosial. Quickstarter memberikan strategi pemasaran untuk Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Pinterest, LinkedIn, dan juga Blog.

Kursus ini pun sangat terbuka untuk para pemula atau kamu yang baru benar-benar ingin terjun ke dalam dunia digital marketing. Materi yang dibawakan juga sangat mudah dipahami. Kamu pun akan dapatkan contoh dan kasus yang bisa membantu pembelajaran.

6. Meta Blueprint

Meta (dulu Facebook) juga tidak ketinggalan dalam memberikan kursus digital marketing. Kamu bisa dapatkan kursus untuk memanfaatkan media sosial ini secara khusus. Sebagai informasi, Meta memiliki platform yang cukup banyak dipakai oleh masyarakat, yaitu Instagram dan WhatsApp.

Meta Blueprint memberikan 90 kursus yang bisa membuat kamu lebih mahir dalam digital marketing. Kamu bisa mendapatkan kursus ads, media buying, hingga menganalisis campaign yang sudah kamu buat. Kamu bisa langsung mengikutinya dengan masuk ke media sosial Meta.

 

Baca juga: Gampang Banget! Begini 10 Cara Mendapatkan Uang di Internet

7. Wordstream PPC University

Wordstream merupakan platform advertising yang cukup populer di kalangan digital marketer. Karena dirancang oleh Wordstream, kursus online yang ditawarkan pun lebih ke arah advertising dan cara-cara memanfaatkan pay-per-click (PPC).

Kamu bisa memilih tiga level yang ditawarkan oleh penyedia kursusnya. Level paling awal tentunya bisa dimanfaatkan oleh para pemula yang ingin berkarier di bidang digital marketing. Kamu yang sudah memiliki ilmu pun bisa mengambil kelas dengan level yang lebih tinggi.

8. Reliablesoft Academy

Agensi digital Reliablesoft sudah menyediakan jasa pelatihan digital marketing sudah lebih dari 20 tahun. Kamu bisa mendapatkan pelatihan dari dasar hingga level mahir dari kursus ini. Dapatkan pelatihan tentang SEO, Meta Ads, Instagram Ads, Google Analytics, social media marketing, dan ilmu lain terkait dengan digital marketing.

Kamu akan dapatkan banyak materi dengan puluhan modul di dalamnya. Tidak ketinggalan ujian untuk mendapatkan sertifikat digital marketing dari Reliablesoft.

9. Udacity Digital Marketing Course

Kamu yang ingin lebih serius lagi bisa mengikuti kursus berbayar dari Udacity. Dapatkan dasar-dasar untuk memulai digital marketing dan mendapatkan strategi terbaik dalam pengaplikasiannya. Kursus ini pun memiliki kelas SEO, social media, email marketing, dan memaksimalkan penggunaan analytics tools.

Untuk menyelesaikan programnya, kamu perlu menyisihkan waktu setidaknya tiga bulan dengan durasi pembelajaran sekitar 10 jam per minggunya. Tidak lupa ada ujian untuk membuat kamu lebih cakap dalam praktiknya nanti. Kursus ini pun terbuka untuk umum dan siapa pun bisa mengikutinya.

10. Udemy Digital Marketing Course

Ada pula platform Udemy yang menyediakan kursus berbayar dan bersertifikat. Kamu pun bisa mendapatkan ilmu tentang fundamental marketing dan riset pasar untuk menjadi digital marketer yang andal. Tidak ketinggalan pelatihan copywriting untuk menarik pelanggan dalam sebuah bisnis.

Kursus yang diberikan pun sangat komplet sehingga kamu tidak akan rugi saat mengikutinya. Setelah mengikuti semuanya, kamu akan langsung mendapatkan sertifikat.

Itu dia deretan kursus digital marketing yang bisa kamu ikuti sekarang juga. Apa pun kursus yang kamu ikuti, kuncinya harus dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memaksimalkan ilmunya. Jangan lupa untuk mempraktikkannya supaya ilmu yang kamu dapatkan tidak hilang begitu saja.

 

Baca juga: Mengenal PPOB dan Tips untuk Memulai Bisnis Online Ini

 

Untuk ikut kursus digital marketing berbayar, kamu bisa menyelesaikan transaksi pembayarannya dengan memanfaatkan aplikasi LinkAja, loh. Isi terus saldo LinkAja untuk memudahkan berbagai transaksi. Selain bayar kursus, kamu pun bisa beli pulsa dan paket data karena #Apa2Bisa pakai LinkAja.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya